10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta

Linlindua 28 Apr 2021 132
Dibaca Normal 10 Menit

Tanpa latar belakang pendidikan ekonomi sekalipun, siapa saja bisa terjun ke dunia bisnis. Tertarik? Berikut 10 ide bisnis online terbaik dengan modal 1 juta yang bisa Anda coba.



Berbicara soal bisnis online sebenarnya tidak akan ada habisnya. Pasalnya, bisnis yang ditunjang oleh layanan internet ini telah menghasilkan banyak sosok entrepreneur sukses dengan income fantastis. Anda pun bisa sukses dalam usaha online, asalkan mampu melihat trend dan peluang pasar yang potensial.

ide bisnis online terbaik modal 1 juta(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Terbukti Menghasilkan)

Memulai bisnis online bukanlah hal mudah. Anda memerlukan banyak persiapan mulai dari ide, modal, pemasaran, menghitung keuntungan, hingga mencegah kerugian. Meski demikian, rumitnya mengurus bisnis jangan sampai jadi alasan Anda enggan mencoba.

Terutama jika faktor utamanya disebabkan oleh minimnya modal. Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi, Anda bisa membangun bisnis online bermodalkan 1 juta saja.

 

Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta

Peluang bisnis online apa yang bisa dimulai dengan modal kecil? Nah, untuk memudahkan Anda mencari referensi ide bisnis online modal 1 juta, yuk simak ulasan berikut:

 

1. Jasa Dropship Barang

Bisa dibilang, ide jasa dropship barang merupakan hasil kreasi anak muda baru-baru ini. Mekanisme kerjanya sangat sederhana; Anda sebagai dropshipper berperan memasarkan suatu produk kepada pelanggan dengan harga tertentu.

Apabila sudah mendapatkan order dan pembayaran terkonfirmasi, maka Anda cukup meneruskan pesanan tersebut pada penjual atau supplier. Nantinya, produk akan dikirimkan ke alamat pembeli oleh penjual/supplier dengan mencantumkan nama Anda sebagai pengirim/seller.

jasa dropship barang(Baca Juga: Ide Bisnis Dropship Paling Menguntungkan)

Keuntungan bisnis ini diperoleh dari selisih harga yang diberikan penjual/supplier kepada dropshipper. Perlu Anda tahu, jasa dropship bisa dilakukan tanpa modal sekalipun.



Sebagai dropshipper, Anda wajib mempersiapkan informasi kontak penjual/supplier agar sewaktu-waktu bisa dihubungi ketika orderan masuk, supaya tidak ada istilah pending order sampai mengecewakan pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus memahami product knowledge atau spesifikasi barang yang dijual untuk disampaikan pada calon pembeli.

 

2. Jual Menu Sarapan

Mulai dari anak sekolah hingga pekerja pasti memerlukan asupan makan di pagi hari. Masalahnya, tidak semua orang, termasuk ibu rumah tangga, sempat menyiapkan sarapan. Jika harus berangkat kerja pagi-pagi sekali, maka tentu saja belum banyak warung yang buka untuk mengakomodasi kebutuhan sarapan.

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis online aneka menu sarapan, seperti bubur, lontong sayur, atau nasi uduk. Pasarkan bisnis kuliner Anda melalui media sosial dan siapkan pesanan mereka. Jika perlu, sediakan fasilitas delivery pada pelanggan dengan jarak tertentu.

Modal untuk memulai bisnis ini paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur sudah lengkap. Silahkan survei bahan baku berkualitas dengan harga paling terjangkau untuk menekan biaya modal. Apabila memiliki hobi memasak, ide bisnis online ini sangat recommended bagi Anda.

 

3. Jasa Pengetikan

Ide bisnis online modal 1 juta lainnya adalah jasa pengetikan. Ide ini cocok bagi Anda yang memiliki fasilitas laptop dan internet lancar di rumah. Apalagi jika Anda tinggal di daerah sekitar kampus atau sekolah.



Biasanya, ada banyak mahasiswa atau murid yang memerlukan jasa tersebut untuk keperluan tugas. Jika fasilitas sudah tersedia, modal yang dikeluarkan tidak sampai 1 juta, lho.

Tidak hanya melayani secara offline, bukalah jasa pengetikan Anda secara online. Anda bisa menawarkan di forum atau media sosial seperti Instagram atau Twitter untuk menarik klien. Dengan demikian, semakin banyak orderan, semakin banyak income yang didapat.

Baca juga: Trik Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis

 

4. Jasa Penulis Artikel Lepas

Apakah Anda memiliki hobi menulis? Sering posting artikel di blog? Maka Anda bisa manfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi penulis lepas atau freelance writer.

Perlu Anda tahu, kebutuhan artikel blog atau website ini diperlukan untuk mempromosikan bisnis biar semakin menjangkau masyarakat luas. Sementara, tidak semua orang memiliki keterampilan menulis yang bagus. Inilah alasan mengapa penulis lepas memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Untuk memulai bisnis ini, siapkan fasilitas berupa gadget, laptop, dan koneksi internet yang memadai. Jika sudah memilikinya, bisa dikatakan Anda tak perlu keluar modal sepeserpun, bukan? Namun, sebagai seorang penulis, penting untuk menguasai keahlian menulis dan memahami dasar-dasar SEO.

 

5. Menjadi Asisten Virtual

Untuk memulai bisnis online satu ini, Anda harus mempunyai waktu luang cukup banyak. Sesuai namanya, jobdesc asisten virtual sama seperti pekerjaan asisten, namun bisa dilakukan di rumah. Dengan demikian, asisten virtual akan mengecek dan membalas email, melakukan riset, mengatur jadwal pertemuan, dan sebagainya.



Soal penghasilan menjadi asisten virtual, biasanya berdasarkan periode kontrak atau jam kerja. Persiapkan fasilitas yang diperlukan saat melakukan pekerjaan ini mulai dari keahlian bahasa asing, laptop, smartphone, dan koneksi internet yang stabil.

 

6. Bisnis Blogging

Apakah Anda seorang blogger? Jika iya, seberapa jauh Anda memanfaatkan fasilitas dalam blog?
Ternyata, kegiatan blogging tidak sekedar hobi untuk menulis pengalaman pribadi, melainkan membentuk branding personal, memasang iklan, dan masih banyak lagi.

bisnis blogging

Blogging termasuk bisnis online modal 1 juta untuk keperluan membuat blog dengan hosting dan domain lokal. Jika Anda masih pemula dan minim modal, sebaiknya gunakan platform blog gratis. Tenang saja, Anda tetap bisa menghasilkan uang dengan platform tersebut.

 

7. Menjadi Reseller

Bisnis online modal 1 juta lainnya yang bisa Anda coba ialah menjadi reseller. Sebenarnya, modal bisnis ini tergantung harga produk yang Anda beli. Semakin tinggi harganya, maka modalnya pun pasti akan mahal.

Reseller berbeda dengan dropshipper. Mekanisme kerja reseller adalah menjual kembali produk yang dibelinya dari supplier kepada konsumen. Biasanya, produk reseller sudah ready stock dan bisa langsung dibeli atau dikirimkan.



Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi reseller sukses. Pertama, Anda harus menganalisa trend pasar terlebih dulu untuk mengetahui produk apa yang laris di pasaran. Kemudian tentukan jenis dan brand produk yang ingin Anda jual.

Setelah itu mulailah stok produk sesuai kemampuan dan perhitungan. Ingat, pilih supplier tangan pertama biar margin keuntungan yang diperoleh lebih besar. Akan lebih baik lagi jika Anda bekerjasama dengan supplier yang bersedia menukar produk tidak laku terjual dengan produk lain yang permintaannya tinggi.

 

8. Bisnis Kaos Pre Order

Jika Anda gemar membuat desain dan ingin memulai bisnis online modal 1 juta, maka cobalah terjun ke industri fashion. Bisa dibilang, industri ini akan selalu berkembang dan tidak pernah mati. Anda bisa mengawalinya dengan membuka distro kecil-kecilan dan menjual kaos secara pre order.

Dengan modal hanya 1 juta, Anda bisa mengembangkan bisnis kaos pre order dari sekarang. Sistem pre order memungkinkan Anda untuk memproduksi kaos saat pesanan masuk.

Untuk memperkecil biaya produksi, berikan batas minimal pemesanan supaya produksi bisa naik. Atur strategi marketing online sebaik mungkin agar target terpenuhi. Bagaimana, cukup menjanjikan bukan?

 

9. Pembuatan Parsel/Hampers

Bisnis online modal 1 juta lainnya adalah berupa jasa pembuatan parsel/hampers. Modal tersebut biasanya digunakan untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya.

Anda bisa meraup banyak untung dari bisnis ini, khususnya menjelang hari raya. Untuk sukses menjadi pembuat parsel, Anda hanya perlu mengandalkan kreativitas.

Bahkan, jika jeli melihat peluang dan pandai menyusun strategi pasar, Anda dapat mengembangkan bisnis ini dalam skala lebih besar, seperti parsel untuk pernikahan, hantaran, dan acara lainnya.

Dengan demikian, akan selalu ada pelanggan yang membutuhkan jasa pembuatan parsel/hampers untuk berbagai keperluan. Jangan lupa, lakukan promosi di media sosial supaya jangkauan bisnis semakin luas.

 

10. Jual Pulsa Dan Paket Internet

Berjualan pulsa dan paket internet bisa menjadi ide bisnis online modal 1 juta yang cukup menarik. Jangan salah, usaha ini sangat menguntungkan dalam jangka panjang karena pulsa sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat masa kini.

Tidak harus repot-repot membuka konter, karena Anda bisa berjualan pulsa dan paket internet secara online melalui e-commerce.

Modal 1 juta dapat Anda manfaatkan untuk deposit pulsa dan paket internet. Anggap saja Anda mendapatkan keuntungan Rp2,000 setiap isi Rp10,000. Maka, total keuntungan yang diperoleh dari modal tersebut adalah Rp200,000.

 

Kunci Sukses Bisnis Online Modal Kecil

Meskipun Anda sudah mencoba semua ide di atas, jika asal-asalan dan teledor tentu saja bisnis akan seret nantinya. Sebelum memilih ide bisnis online modal 1 juta, silahkan simak beberapa tips sukses berbisnis di bawah ini:

kunci sukses bisnis online(Baca Juga: 10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda)

 

1. Fokus

Seperti orang bilang, jangan setengah-setengah jika ingin sukses berbisnis. Fokuslah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mengelola bisnis Anda. Pahami juga seluk beluk bisnis yang dijalani. Jika masih ada yang belum maksimal, tingkatkan lagi kinerja usaha Anda agar semakin berkembang menjadi lebih baik.

 

2. Hitung Modal Bisnis

Dari awal memutuskan untuk membuka bisnis, sebaiknya hitung dengan teliti kebutuhan apa yang perlu Anda siapkan dan biaya-biayanya. Hindari pembelian barang yang belum diperlukan di awal supaya total modal tidak terlalu besar. Pastikan pula untuk memisahkan uang pribadi dengan uang usaha karena akan membuat Anda bingung dalam mengelola keuangan ke depannya.

 

3. Pintar Mengelola Keuangan

Meskipun hanya bermodal kecil, pengelolaan keuangan jangan sampai terlewatkan. Mengelola uang hasil berbisnis bukanlah perkara mudah. Sebisa mungkin catat semua pemasukan dan pengeluaran untuk mempermudah analisis bisnis Anda. Luangkan juga sedikit waktu untuk mengatur dan mengecek arus keluar-masuk kas.

 

4. Jangan Larut Dalam Kegagalan

Tips paling penting dalam bisnis online modal 1 juta adalah selalu gigih dan jangan terlalu larut dalam kegagalan. Kegagalan saat memulai usaha merupakah hal wajar bagi pemula.

Baca Juga: Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online

Sebagai pengusaha, tanamkanlah mental pantang menyerah serta jangan berlama-lama larut dalam kegagalan. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran untuk evaluasi diri, kemudian coba lagi menggunakan strategi lain.

Setiap kasus kegagalan dalam bisnis modal kecil selalu dipengaruhi oleh persiapan dan pengelolaan yang kurang matang. Misalnya, minim promosi, bersikap pasif, tidak inovatif, dan masih banyak lagi.

Biar menambah motivasi diri, tidak ada salahnya mencari inspirasi kisah sukses pebisnis usaha kecil lain. Siapa tahu kiat-kiat dari mereka bisa membantu bisnis Anda bangkit kembali.

kesimpulan bisnis online(Baca Juga: Ingin Mulai Jualan Online? Intip 10 Barang Paling Dicari Ini!)

Contoh-contoh ide di atas membuktikan bahwa ada banyak cara memulai bisnis online modal 1 juta meskipun Anda seorang pemula.

Tak ada kata terlambat untuk membangun bisnis dari nol. Yang terpenting, tekuni baik-baik terlebih dahulu bisnis apa yang cocok dengan waktu, kemampuan, serta kepribadian Anda. Pahami juga kunci sukses bisnis online agar Anda mampu menghindari kerugian sekaligus mencapai target keuntungan.

 

Pilihan lain yang tak kalah menarik dari contoh-contoh di atas adalah bisnis online di dunia investasi. Dalam hal ini, Anda bisa menjadi trader ataupun investor yang bertujuan meraih keuntungan di pasar forex, emas, saham, ataupun reksadana.

Forum

Nur Hidayat (21 May 2012)

master, sudah 2imggu ini aku semakin bingung dan rugi, tolong ajari saya tentang candlestick saya selalu salah arah master, trs untuk candlestick ini biar aku gak salah arah harus lihat TF brapa ya????tolong ya master

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


tidak ada koneksi, tetap kena MC?
Akun saya sedang floating loss senilai 50% Dr modal..
Saya trading melalui smartphone..
Sementara saya screenshot trading saya..untuk saya simpan..
Nah untuk m nghindari Margin Call..
Saya uninstall M 4 di smartphone..
Nanti saya login Kira Kira trading saya dah profit..

Apakah it efektif..
Atau walaupun saya uninstall M 4, kalau memang sudah MC, walaupun tidak sedang Online..tidak ada koneksi, tetap kena MC.

Best 9 Jul 2018

Reply:

M Singgih (11 Jul 2018 06:26)

@ Best:

Btw, apakah Anda sudah pasangin stop loss (SL)?
Kalau tanpa SL berarti Anda tidak membatasi resiko..

- .. Atau walaupun saya uninstall M 4, kalau memang sudah MC, walaupun tidak sedang Online..tidak ada koneksi, tetap kena MC

Ya, tetap kena MC. Semua histori order Anda tersimpan di server broker sekalipun Anda tidak online, baik order yang sudah tereksekusi maupun pending order. Semua order yang sudah di-accept server akan tetap berjalan kecuali servernya down.
Kalau memang kondisi order Anda sudah harus kena MC, maka tidak bisa dihindari. Jadi cara uninstall tsb tidak ada gunanya.

Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Nandini   31 Jan 2021   284  
10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online
10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online
Febrian Surya   28 Dec 2020   386  
Cara Tingkatkan Self-Branding Menggunakan YouTube
Cara Tingkatkan Self-Branding Menggunakan YouTube
Febrian Surya   26 Nov 2020   431  
Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing
Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing
Linlindua   26 Nov 2020   524  
Cara Memanfaatkan Tiktok Untuk Bisnis
Cara Memanfaatkan Tiktok Untuk Bisnis
Febrian Surya   31 Oct 2020   516  
Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan
Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan
Febrian Surya   30 Oct 2020   448