Cara Jitu Mempromosikan Usaha Secara Online

Wahyudi 15 Oct 2020 276
Dibaca Normal 15 Menit

Jika Anda melakukan promosi dengan cara yang tepat, sudah pasti bisnis online yang Anda jalankan akan sangat menjanjikan. Simak caranya pada artikel di bawah ini.



Di musim pandemi, saat dimana orang harus banyak berdiam diri di rumah, makin banyak saja orang yang mulai melirik bisnis online. Mereka tidak ingin lagi mengandalkan pendapatan yang hanya berasal dari gajinya saja, yang membuat persaingan di bisnis online ini menjadi semakin ketat. Anda harus cerdik membuat strategi agar bisnis online yang dikelola bisa bersaing dengan kompetitor.

cara jitu mempromosikan usaha secara online

Salah satu keunggulan bisnis online adalah pasar penjualan produk yang sangat luas. Terlebih lagi, jika Anda melakukan promosi dengan cara yang tepat, sudah pasti bisnis yang Anda jalankan akan sangat menjanjikan. Apa saja kuncinya?

 

 

Trik Jitu Promosikan Usaha Via Online

Melihat potensi dan peluang bisnis online yang nyaris tak terbatas, lantas bagaimana cara jitu mempromosikan usaha secara online. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mempromosikan bisnis online yang dikelola.

 

Tingkatkan Promosi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan promosi untuk produk yang Anda pasarkan. Misalnya saja dengan memberikan potongan harga. Sebab, harga masih menjadi faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan transaksi pembelian. Itu sebabnya banyak orang yang selalu menunggu adanya potongan harga.

Ada banyak event di luar negeri yang menghadirkan promosi diskon atas pembelian produk. Salah satunya yang terkenal adalah Black Friday. Di Indonesia sendiri, promosi ini biasanya dilakukan secara massal sebagai bagian dari perayaan Hari Belanja Online Nasional atau yang lebih terkenal dengan sebutan Harbolnas. Selain potongan harga, giveaway juga menjadi media promosi yang bisa Anda lakukan.

instagram bisnis(Baca Juga: Memanfaatkan Instagram Untuk Promosi Bisnis)

 

Carilah Diskon Untuk Pembelian Awal (Early-Bird Shopper Discounts)

Para pembeli awal seringkali diberikan penawaran yang menarik. Banyak toko online sering mengiklankan harga doorbuster, dan ada juga penjualan midnight madness dan early-bird special. Cari tahu toko online mana saja yang memberikan hadiah mal berdasarkan berapa banyak yang Anda belanjakan di sana. Hadiah-hadiah ini dapat menambah penghematan yang signifikan jika Anda banyak berbelanja di toko online yang sama.



 

Kenali Kompetitor

Selain memahami bisnis online yang Anda jalankan. Anda juga harus mengenali kompetitor dari bisnis online Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan promosi yang jauh lebih menarik dengan apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan inovasi agar produk yang Anda jual lebih terkesan menarik dimata konsumen.

Untuk sukses dalam berbisnis, Anda perlu menemukan cara untuk tetap selangkah lebih maju dari pesaing Anda. Untuk melakukannya mungkin sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan sebenarnya tidak ada jawaban sederhana tentang cara mengalahkan pesaing Anda. Semua butuh waktu, ilmu dan pengalaman. Persaingan ada di setiap pasar. Berikut ini cara sederhana namun ampuh untuk mengalahkan pesaing Anda.

 

Temukan Dan Pecahkan Masalah Pelanggan Anda

Salah satu cara yang mungkin untuk mengalahkan pesaing Anda adalah dengan memenuhi kebutuhan pelanggan dimana pelanggan harus merasa lebih baik bersama Anda daripada pesaing Anda. Ajukan pertanyaan terbuka untuk menemukan dengan tepat apa yang diinginkan pelanggan Anda saat menggunakan produk atau layanan Anda.

Pertanyaan-pertanyaan tertentu yang bisa mengidentifikasi masalah mungkin sangat efektif untuk ditanyakan kepada pelanggan Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini meliputi:

  • Apa hambatan terbesar perusahaan Anda untuk tumbuh?
  • Apa kendala pribadi terbesar Anda?
  • Apa yang paling penting bagi supervisor Anda?
  • Tugas mana yang menghabiskan sebagian besar waktu Anda?
  • Apa keluhan Anda?
  • Apa yang mungkin menyebabkan kerugian bisnis atau hialngnya pelanggan baru-baru ini?

Setelah Anda mengidentifikasi poin masalah pelanggan, Anda dapat mencoba menyelesaikannya dengan mendiskusikan masalah mereka dengan menggunakan terminologi yang digunakan pelanggan.

Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang masalah tersebut, langkah selanjutnya adalah memastikan siapa di perusahaan mereka yang dapat menyelesaikan masalah tersebut dan siapa yang berwenang untuk melakukan itu. Salah satunya adalah berikan solusi cara pembayaran yang mudah dijangkau.

mobile payment(Baca Juga: Alasan utama UKM Perlu Menggunakan Mobile Payment)

 



Branding Produk Di Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu sarana promosi yang paling efektif karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial dalam kesehariannya. Postingan Anda tentang produk dan promosi di media sosial bisa diakses oleh ribuan orang, baik lokal maupun internasional. Jangkauan yang luas tersebut bisa dicapai dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karena penggunaan media sosial memang gratis.

Media sosial bukan hanya alat untuk mendapatkan eksposur dan referensi tetapi kini bisa menjelma menjadi bagian dari investasi waktu yang diperlukan untuk setiap bisnis. Artinya dengan media social Anda bisa memangkas waktu sehingga membuat bisnis yang baru langsung bisa cepat popular layaknya bisnis yang sudah lama berdiri.

Anda dapat menggunakan jasa iklan dan penawaran di halaman Facebook, Instagram, serta memiliki saluran langsung yang bisa terhubung langsung dengan pelanggan Anda di Twitter. Jaringan di LinkedIn — baik di tingkat pribadi maupun perusahaan — bisa menjadi cara lain untuk membantu startup Anda cepat bertumbuh.

iklan di instagram(Baca Juga: Cara Mudah Pasang Iklan Di Instagram)

Selain itu, melakukan promosi melalui media sosial tak hanya tentang berjualan semata, tetapi juga untuk melakukan branding bisnis Anda, serta juga untuk mempermudah komunikasi dua arah dengan konsumen. Strategi ini membuat loyalitas konsumen akan lebih terjaga.

 

Jaga Agar Pencitraan Branding Anda Konsisten

Apa elemen terpenting dari branding media sosial? Konsistensi, konsistensi, konsistensi. Jika situs web Anda memiliki satu gaya merek (warna, font, dan gambar produk tertentu), tetapi salah satu medsos misalnya Facebook Anda memiliki tampilan dan nuansa yang sangat berbeda dari Twitter, Instagram, Pinterest, serta Snapchat Anda. Hal seperti ini tidak disarankan.

Pencitraan merek yang tidak konsisten membingungkan. Pengunjung toko online Anda mengharapkan untuk merasakan merek Anda dengan cara yang sama, di mana pun mereka mengalaminya. Memiliki merek yang tersebar di mana-mana di media social dengan citra yang berbeda bisa merusak merek Anda secara keseluruhan, dan pada akhirnya, itu merusak penjualan Anda.



Saat Anda membuat profil media sosial, branding merek Anda perlu ditanamkan di setiap profil. Anda bisa menggunakannya sebagai foto sampul Facebook atau Twitter. Bisnis Anda sudah punya logo? Bagus (dan jika tidak, sekarang saatnya untuk merancangnya!). Gunakan sebagai gambar profil agar dapat langsung dikenali oleh pengunjung toko online Anda.

 

Gaet Influencer Untuk Promosi Produk

Sistem menggaet Influencer ini biasanya dikenal dengan nama endorsement yang biasa diposting di media sosial mereka. Untuk mempromosikan produk dengan cara ini, Anda harus menghubungi para Influencer untuk melakukan kerjasama dengan bisnis online Anda.

Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung seberapa terkenal dan berapa banyak pengikut yang mereka miliki di akun media sosial mereka.Influencer tersebut bisa termasuk artis, tokoh nasional, artis lokal atau teman Anda yang sudah terkenal di dunia sosial media.

Anda bisa terapkan 4 langkah untuk menggaet influencer untuk mempromosikan merek secara gratis berikut ini:

  • Langkah Pertama: Cari influencer yang tepat
  • Langkah Kedua: Cari skema kerjasama dimana Anda dan Influencer Anda sama-sama mendapatkan manfaat dari program kemitraan tersebut
  • Langkah Tiga: Bangun kesadaran merek melalui Influencer Anda
  • Langkah Empat: Ukur dan analisa efektivitas kerjasama tersebut, jika hasilnya tidak efektif segera cari influencer yang lainnya.

 

Memanfaatkan Momentum

Manfaatkan momen-momen seperti perayaan Idul Fitri, Natal, dan lain sebagainya. Anda bisa memberikan penawaran yang menarik atau memberikan harga yang lebih murah khusus untuk momen tersebut. Sebab, pada momen-momen tersebut, orang-orang akan membeli banyak produk yang bisa menunjang untuk perayaan momen tersebut.

Semua orang bisa berbelanja dalam jumlah banyak pada momen tersebut, jadi jika Anda menawarkan harga yang lebih murah, tidaklah terlalu merugikan. Bahkan hal ini sebenarnya akan menarik lebih banyak konsumen untuk membeli dari Anda daripada ke tempat lain dengan produk yang sama.



 

Cara Promosi Yang Terjangkau Dan Anti Mahal

Seperti apa cara jitu mempromosikan usaha secara online? Bisnis tidak akan jauh dari yang namanya promosi, itulah sebabnya banyak pebisnis rela mengeluarkan banyak uang untuk mempromosikan produknya.

Namun, bagi Anda yang baru mulai merintis usaha, Anda tidak perlu berkecil hati harga yang dikeluarkan untuk melakukan promosi sangat mahal. Faktanya, tidak semua cara promosi memerlukan biaya yang mahal, bahkan ada yang tidak memerlukan biaya sama sekali. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda.

bisnis online promosi(Baca Juga: Ketahui Faktor Yang Membuat Bisnis Anda Laris)

 

Memperluas Jaringan Dengan Membuka Reseller Dan Dropshipper

Reseller dan dropshipper juga merupakan kunci terpenting untuk mempromosikan produk Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk terbuka kepada seseorang yang menawarkan menjadi reseller atau dropshipper.

Mereka adalah "kaki tangan" yang akan mempercepat penjualan produk Anda. Untuk membuka dropshipper atau reseller tentunya Anda harus menerapkan harga khusus. 

Ini seharusnya tidak menjadi masalah besar, karena pada kenyataannya para penjual ini akan membuka peluang baru yang lebih menguntungkan bagi Anda. Dropshipper atau reseller ini akan menjual produk Anda di area yang belum pernah Anda jangkau sebelumnya.

 

Lakukan Inovasi Produk

Anda juga bisa melakukan inovasi produk untuk memberikan nilai tambah. Sehingga produk yang Anda promosikan akan lebih menarik di mata konsumen. Selain itu, inovasi juga bisa meningkatkan daya saing untuk produk yang Anda promosikan.

Sebab, seiring dengan berkembangnya pasar yang semakin maju, persaingan bisnis juga akan semakin sengit. Apabila Anda tidak melakukan inovasi produk, maka bisnis yang Anda jalankan akan kalah dengan bisnis lain yang bisa beradaptasi dengan keinginan konsumen.

Inovasi produk yang tepat tidak hanya dapat menyelamatkan organisasi dari kepunahan tetapi juga membantu mereka bertahan dan tumbuh dengan menembus pasar lebih cepat, terhubung lebih baik dengan klien, meraih peluang besar dan memiliki keunggulan dalam persaingan bisnis.

menghasilkan uang dari rumah(Baca Juga: Terbukti Cuan, Ini Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah)

 

Bergabung Dengan Komunitas Untuk Berbagi Informasi Sekaligus Promosi

Bergabunglah dengan pelanggan Anda melalui komunitas. Komunitas biasanya mencakup orang-orang dengan pemahaman, hobi, minat, dan perhatian yang sama.

Saat memasuki komunitas yang cocok dengan produk Anda, Anda bisa mendapatkan banyak prospek secara bersamaan. Ikut dalam komunitas memungkinkan Anda untuk memahami apa yang disukai dan dibutuhkan pelanggan potensial, sehingga Anda dapat menyesuaikan produk dengan informasi yang sudah didapatkan. 

Salah satu grup komunitas yang banyak pengikutnya adalah grup FB dan juga Grup WA. Ada banyak sekali grup yang bisa Anda pilih sesuai dengan lokasi, hobi, dan tujuan bisnis Anda.

Bergabung dengan grup tersebut semuanya gratis. Jadi, kalau Anda ingin promosi produk bisnis online secara murah dan praktis, bergabung dalam grup-grup tersebut adalah pilihan yang menarik.

 

Mulailah Membuat Blog

Blog tidak hanya membantu bisnis online Anda mendapatkan pengikut, tetapi juga cara untuk tetap bisa terhubung dengan konsumen Anda secara langsung. Tetapi ingatlah bahwa salah satu kunci utama dari ngeblog adalah terus memperbarui konten blog Anda sesering mungkin. Blog yang tidak aktif dan sering ditinggalkan pemiliknya tidak akan ada artinya.

 

Utamakan Pelayanan Konsumen

Sebagai penjual, Anda harus mengutamakan pelayanan konsumen. Jika ada calon konsumen yang menanyakan tentang produk, coba jawab dengan cepat.

Ini karena calon konsumen yang tidak sabar pasti akan beralih ke toko online lain. Jadi pastikan Anda selalu update media sosial agar tidak kehilangan banyak konsumen.

Selain itu, cobalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan konsumen Anda. Anda dapat memulai metode ini dengan menanyakan apakah produk yang dibeli telah tiba atau belum. Jika produk sudah datang, mintalah untuk memberikan testimoni.

 

Perhatikan Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan penting bagi bisnis Anda karena mempertahankan pelanggan jauh lebih menguntungkan karena Anda bisa mengekstraksi (mendapatkan masukan, referensi) lebih banyak nilai dari mereka.

Inilah pentingnya sebuah testimony dari pelanggan dalam dunia bisnis online. Layanan pelanggan yang baik harus komprehensif mulai dari pra-pembelian, tahap pembelian, hingga pengalaman pasca-pembelian.

Untuk melihat sejauh mana layanan Anda harus berbenah, Anda bisa mencoba beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Bagaimana saya dapat membantu pelanggan yang tertarik untuk membeli produk atau layanan saya dengan lebih baik?
  • Bisakah Anda dengan cepat memberikan jawaban yang akurat atas pertanyaan pelanggan Anda?
  • Apakah marketing atau customer service Anda sudah terdidik tentang bagaimana melakukan penawaran produk Anda?

 

Atur Keuangan Dengan Baik

Selain melakukan promosi besar-besaran. Anda juga harus mengatur keuangan bisnis Anda dengan baik. Memang benar, kalau tolak ukur kesuksesan bisnis terlihat dari hasil penjualan.

Namun, jika tidak dibarengi dengan mengatur keuangan, maka bisnis yang Anda jalankan tidak akan bisa bertahan dengan lama. Sebab keuangan menjadi kunci utama dalam sebuah bisnis.

kartu kredit untuk bisnis(Baca Juga: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis? Perhatikan Ini!)

Mengelola keuangan dapat menjadi tantangan menarik bagi pemilik bisnis kecil dimana pun dan apapun bisnisnya. Seringkali, alasan bisnis kecil bisa sukses adalah karena keterampilan yang Anda miliki dalam mengelola keuangan bisnis.

Hal ini terasa seperti pekerjaan rumah penting yang harus diselesaikan dan Anda bisa tergelincir ke dalam kebiasaan keuangan yang buruk yang suatu saat dapat merugikan bisnis Anda.

Langkah terpenting bagi setiap pemilik bisnis adalah mendidik diri sendiri. Pemilik bisnis harus memahami keterampilan dasar yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kecil, seperti melakukan tugas akuntansi sederhana, mengajukan pinjaman atau menyusun laporan keuangan.

Dengan memahami ini pemilik bisnis dapat menciptakan masa depan keuangan yang stabil. Selain ketrampilan, tetap teratur dalam mengatur keuangan adalah komponen penting dari pengelolaan keuangan yang baik.

 

Inovasi: Kunci Penting dalam Bisnis Online

Dunia online berbasis teknologi sangat cepat peruabahannya, termasuk dalam hal bisnis. Karena , maka inovasi adalah kunci utama agar bisnis Anda tetap eksis. Inovasi adalah jawaban untuk umur panjang bisnis Anda.

Setiap hari muncul ide-ide baru dalam dunia bisnis. Produk baru diciptakan. Metode baru dijalankan. Para pebisnis berhasil melihat masalah dengan cara yang berbeda dan menghasilkan solusi baru yang sebelumnya tidak dapat dilakukan oleh orang lain.

Menawarkan "value baru" yang tidak pernah berhenti untuk perusahaan tempat mereka bekerja adalah triknya. Perusahaan yang benar-benar inovatif terus mengasah wawasan, teknologi dan apapun yang mungkin menjadi satu-satunya komponen terpenting dari bisnis yang sukses yaitu: inovasi.

 

Mengapa Inovasi Itu Penting?

Bisnis yang inovatif dapat tumbuh dengan pesat, dan bahkan bisa menambahkan lebih banyak karyawan saat omzet perusahaan terus meningkat. Hal ini memungkinkan bisnis Anda untuk menerima lebih banyak klien, meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Terlepas dari seberapa besar bisnis itu, inovasi dapat membantu pertumbuhan bisnis lebih pesat dengan membuat bisnis Anda lebih mudah untuk berkembang. Berikut tiga alasan yang menjelaskan tentang mengapa inovasi penting bagi kesuksesan perusahaan bisnis online Anda terutama dari sisi strategi promosi.

 

Inovasi Membuat Bisnis Online Tetap Bertumbuh

Kata ini menggelitik telinga setiap pemilik bisnis. Tahukah Anda apa inti dari pertumbuhan? Inovasi. Bisnis yang inovatif dapat tumbuh dengan pesat, menambahkan lebih banyak karyawan saat omzet mereka meningkat. Hal ini memungkinkan mereka untuk menerima lebih banyak klien, meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Bahkan jika Anda memiliki startup kecil, gali terus dan lakukan inovasi untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini bahkan juga berlaku untuk perusahaan yang lebih besar, fortune 500. Sekalipun korporasi sudah besar, ia dapat mencakup lebih banyak pangsa pasar jika inovatif. Inovasi penting dalam mengembangkan bisnis online Anda.

 

Inovasi Membuat Bisnis Online Tampak Menonjol

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, inovasi dapat membuat perusahaan Anda menonjol dari pesaing dalam mengambil ceruk bisnis. Bisnis Anda kemungkinan besar bukan satu-satunya di industri Anda dan Anda harus menonjol di antara yang lain. Anda dapat melakukannya dengan inovasi.

Anda ingin menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan Anda untuk membuat Anda lebih menonjol sehingga Anda dapat menarik mereka agar masuk kedalam jaringan pelanggan produk Anda.

Dengan berpikir di luar kotak "out of the box", Anda dapat mengambil produk atau ide dan membuatnya lebih baik, membuatnya menonjol di pasar, yang niscaya akan membantu Anda untuk mengembangkan dan meningkatkan omzet bisnis online Anda.

bisnis dropship

(Baca Juga: Ide Bisnis Dropship Paling Menguntungkan)

 

Dengan Inovasi, Terus Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Tanpa pelanggan, Anda tidak akan sukses berbisnis. Kebutuhan pelanggan terus berubah. Produk, layanan, dan ide yang Anda tawarkan mungkin persis seperti yang dibutuhkan pelanggan hari ini, tetapi besok mereka mungkin membutuhkan sesuatu yang lain. Untuk selalu mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda harus inovatif.

Inovator dapat melihat perubahan pasar yang datang dari kejauhan sehingga mereka dapat memberikan solusi untuk masalah pelanggan bahkan sebelum mereka tahu bahwa mereka membutuhkannya. Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam jangka panjang kecuali Anda menyadari pentingnya inovasi dan menindaklanjutinya.

Jika Anda gagal berinovasi, bisnis Anda akan gagal tumbuh. Berusaha keras untuk menemukan ide-ide baru untuk membuat pelanggan Anda tetap terlibat dalam memenuhi kebutuhan mereka.

 

Itulah cara jitu mempromosikan usaha secara online yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dan menambah konsumen tetap. Dengan melakukan kelima cara tersebut, bisnis yang Anda jalankan akan bisa bertahan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Forum

Andri (25 Jul 2017)

saya coba akun demo lalu mencoba order dan  kolom stop rugi ambil untung saya kosongkan, lalu saya memilih m15 setelah saya tunggu 15 menit kok gak ada informasi profit tidak nya. bagaimana caranya

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Tips Investasi Untuk Siapkan Dana Pernikahan
Tips Investasi Untuk Siapkan Dana Pernikahan
Nandini   11 May 2021   75  
Pergantian candle pada mata uang crypto

Kapan dan jam berapa Candle pada cryptocurrency berganti per hari ?

Rizqy Bagus 15 Apr 2021

Reply:

M Singgih (15 Apr 2021 18:44)

@ Rizqy Bagus:

Pergantian candle per hari akan tampak jika Anda mengamati pergerakan harga pada time frame daily. Pergantian candle per hari (pada time frame daily) terjadi setiap hari dari hari Senin hingga Jum’at setiap jam 00:00 waktu server. Untuk menyesuaikan dengan waktu WIB, Anda harus tahu perbedaan waktu antara WIB dan waktu server.

 

Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Linlindua   5 May 2021   166  
Live Trading NFP Bareng Finex
Live Trading NFP Bareng Finex
Melati   4 May 2021   235  
Untung Rugi Bisnis Peer to Peer (P2P) Lending
Untung Rugi Bisnis Peer to Peer (P2P) Lending
Wahyudi   30 Apr 2021   148  
Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
Wahyudi   30 Apr 2021   182  
7 P2P Lending Syariah Terbaik di Indonesia
7 P2P Lending Syariah Terbaik di Indonesia
Linlindua   29 Apr 2021   139  
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
Linlindua   29 Apr 2021   158  
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
Linlindua   28 Apr 2021   132