Perhitungan dan Pengelolaan Bunga Deposito

Anna 17 Feb 2014 323925
Dibaca Normal 4 Menit

Apakah Anda masih berpikir menghitung bunga deposito susah? Berikut ini seluk beluk perhitungan dan pengelolaan bunga deposito.



Menghitung bunga deposito jauh lebih mudah daripada menghitung bunga kredit. Anda cukup mencatat tenor deposito dan besaran bunga deposito dari bank saat Anda memasukkan deposito. Berikut ini akan kami paparkan lebih lanjut mengenai cara menghitung bunga deposito dan pengelolaannya.

Perhitungan Dan Pengelolaan Deposito

 

Perhitungan Bunga Deposito

Bank umumnya menetapkan besaran bunga yang berbeda-beda tergantung tenornya. Ada deposito bertenor (jangka waktu) 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Tenor 1 bulan artinya deposito tersebut tak bisa diambil sebelum jatuh tempo, yaitu 1 bulan. Begitu pula jika deposito 3 bulan, maka jatuh temponya adalah 3 bulan, dan seterusnya.

Besaran bunga untuk setiap jenis deposito dapat Anda ketahui dari halaman data suku bunga deposito kami, di kantor Bank Anda, maupun dengan bertanya kepada petugas Bank. Besaran bunga tersebut merupakan p.a. (per annum), atau bunga per tahun. Oleh karena itu, perhitungannya tidak bisa asal dikalikan dengan jumlah uang yang Anda depositokan.

Selain itu, sekalipun deposito bebas pajak, tetapi bunga deposito untuk deposito dengan besaran di atas Rp7,500,000 akan terkena pajak 20%. Oleh karena itu, pendapatan bunga Anda harus memperhitungkan pajak juga.

Rumus perhitungan bunga deposito setidaknya ada dua cara:

1. Perhitungan bunga deposito per tenor sebelum pajak.

Total bunga = besaran deposito x bunga pertahun x (tenor/12) x 100%

Contohnya, bila Anda menyimpan 7 juta rupiah dalam deposito 3 bulan dengan bunga 6%, maka total bunga yang akan Anda peroleh setelah tiga bulan adalah: 7,000,000 x 6% x (3/12) x 100% = 105,000. Karena jumlah deposito Anda di bawah batas 7,500,000, maka Anda tidak perlu memperhitungkan pajak 20%.

 

2. Perhitungan bunga deposito perbulan setelah pajak.



Total bunga = besaran deposito x bunga pertahun x (30/365) x 80%

Contohnya, bila Anda menyimpan 10 juta rupiah dalam deposito 3 bulan dengan bunga 6%, maka total bunga yang akan Anda peroleh setelah tiga bulan adalah: 10,000,000 x 6% x (30/365) x 80% = 39,452.

Jumlah tersebut sudah dikurangi pajak, jadi untuk mengetahui total bunga setelah tiga bulan, Anda tinggal mengalikan tiga, menjadi = 39,452 x 3 = 118,356.

Perhitungannya cukup mudah bukan? Atau, bila Anda tidak ingin repot-repot menghitung sendiri, Anda bisa memanfaatkan kalkulator bunga deposito kami. Kalkulator tersebut dapat digunakan untuk menghitung besaran bunga untuk deposito dengan jumlah lebih dari Rp 7,500,000, sekaligus dikurangi pajak.

 

Pengelolaan Bunga Deposito

Jika kita menyimpan dana di deposito 3 bulan, maka dana hanya bisa ditarik setelah tiga bulan. Apakah bunganya juga hanya bisa didapat setelah tiga bulan? Belum tentu. Tergantung bank tempat Anda mendepositokan uang Anda, Anda bisa memilih untuk mengambil bunga per bulan atau mengakumulasikannya hingga jatuh tempo.

Berikut beberapa opsi pengelolaan bunga deposito yang mungkin tersedia dan bisa Anda pilih:

 

1. Non-Automatic Rollover (Non-ARO)



Deposito Non-ARO berarti deposito berakhir saat jatuh tempo sesuai perjanjian awal, sedangkan bunganya bisa ditarik perbulan dan ditransfer otomatis ke rekening yang telah ditentukan, ataupun diambil bersamaan dengan penarikan deposito saat jatuh tempo.

 

2. Automatic Rollover (ARO)

Deposito ARO merujuk pada perpanjangan deposito secara otomatis. Misalkan Anda menyimpan 10 juta pada deposito tiga bulan dengan ARO, maka jika setelah tiga bulan pertama tidak ditarik, kemudian akan secara otomatis diperpanjang ke tiga bulan berikutnya. Bunga-nya bisa Anda atur untuk masuk ke rekening tabungan secara otomatis setiap bulan ataupun setiap akhir jatuh tempo.

 

3. Automatic Rollover Plus (ARO+)

Deposito ARO+ adalah pengembangan ARO. Dengan ARO+, dana pokok dalam deposito dan bunga yang diperoleh di periode awal akan langsung diperpanjang ke periode berikutnya setelah jatuh tempo. Umpama Anda menyimpan 10 juta pada deposito tiga bulan dengan ARO+, maka jika setelah tiga bulan pertama tidak ditarik, pokok 10 juta dan bunga dari tiga bulan pertama akan secara otomatis menjadi pokok dari perpanjangan deposito ke tiga bulan berikutnya. 

 

Sebagai nasabah, Anda memiliki kebebasan untuk memilih jangka waktu dan cara penarikan deposito yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan bahwa menarik deposito sebelum masa jatuh tempo bisa mengakibatkan Anda terkena denda, bahkan kehilangan bunga yang telah dijanjikan. Oleh karena itu, penting untuk memilih jangka waktu dan model pengelolaan deposito dengan hati-hati.



Forum

Arif (29 May 2012)

sy trader pemula...mau tanya ttg Support resistance dan pivot....bs dijelaskan pengaplikasiaanya pada grafik?kapan kita buy dan kapan waktu yg tepat untuk sell...dan pada TF berapa dasar untuk perhitungananya

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 117    

Raihana Syifa
23 AUG 2014
info yg bagus..oh ya mau nambahin katanya di bni deposito ga ada penalty
Renny Sahara
14 MAR 2016
Masa . boleh juga tuh
Sances
28 SEP 2014
Tolong bantu hitung mengenai deposito dolar US. Misalkan saya deposito 1.000.000,- US Dollar dalam 1 tahun berapa bunganya ? Bagaimana cara koversi kurs Us ke Rupiah... Terima kasih,
Anna
13 OCT 2014
@Raihana Syifa: Terima kasih atas infonya :) Setiap bank bisa memiliki kebijakan yang berbeda-beda, sehingga lebih baik bila persyaratan, perhitungan bunga, dan sejenisnya dilakukan konfirmasi langsung juga ke bank yang bersangkutan.
Anna
13 OCT 2014
@sances: bunga untuk deposito Dolar berbeda dengan bunga untuk deposito Rupiah, sehingga untuk menghitung bunga deposito Dolar, dana pokok deposito tidak perlu di-konversi ke Rupiah dulu. Bunga untuk deposito Dolar bisa dilihat di bagian kedua data suku bunga deposito di link ini
Sensi
29 OCT 2014
minta tolong cara menghitung bunga deposito bank BRI, karen sy ke BRI tidak di jelaskan caranya. misalnya doposit 3 bulan uang 50.000.000
Anna
23 DEC 2014
@sensi: mohon maaf, informasi yang Anda sediakan kurang jelas, jadi kami kurang mampu membantu. Apabila kesulitan menghitung, bisa dicoba menggunakan kalkulator bunga deposito di link ini
Rika
30 DEC 2014
malam.sy minta tolong bagaimana klo ada kasus si a punya deposito 7.5 jta jangka waktu 1bln. tpi dia jg punya tabungan rp. 100.000. pada saat pembyrn bunga deposito apa dia terkena pjk bng deposito jga?
Anna
31 DEC 2014
@rika: Itu terkait dengan kebijakan pihak Bank, yang masing-masing berbeda-beda. Ada baiknya Anda menanyakan langsung kepada pihak Bank, apakah Bank secara otomatis memotong pajak saat simpanan di dua tipe berbeda (deposito dan tabungan) hanya lebih sedikit dari 7,5juta. Pada prakteknya ada yang untuk memotong pajak hanya memperhitungkan dana dalam deposito saja, ada yang menghitung semuanya tetapi hanya memotong setelah jumlah total mencapai 10juta, dan lain-lain.
Lanang
10 JAN 2015
saya mempunyai deposito di bank BNI yang jangka waktunya 6 bulan tapi selama 3 tahun tidak pernah saya ambil bunga depositonya, yang saya tanyakan apakah bunga deposito akan terakumulasi dengan sendirinya? apa keuntungan dan kerugiannya jika deposito tersimpan di bank melebihi jangka waktu yang ditentukan?
Anna
12 JAN 2015
@lanang: implikasinya tergantung pada apakah saat memasukkan deposito, Anda memilih deposito non-ARO, ARO, atau ARO+. Jika ARO atau ARO+, maka bunga deposito akan terakumulasi dengan sendirinya. Asalkan Anda mengambil deposito sesuai dengan tempo, maka ketika dana Anda sudah berkembang saat diambil. Sesuai dengan tempo itu maksudnya bukan diambil tepat pada tempo (6 bulan), melainkan dengan jangka yang sama, atau kelipatan 6 bulan. Jadi, tidak masalah deposito 6 bulan ditinggalkan selama 3 tahun, asalkan Anda mengambil tepat setelah 36 bulan berlalu, atau 42 bulan, atau 48 bulan, dan seterusnya. Keuntungan jika deposito dibiarkan saja adalah, dana bisa berkembang (jika deposito ARO atau ARO+). Kerugiannya, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan dana itu selama masih berada di Bank.

Anita Sari
12 JAN 2015
mba klo uang disimpan di bank gk diambil slma 3thn kira bunganya brpa mksh
Anna
13 JAN 2015
@Anita sari:
Tenor simpanan deposito ada empat jenis: satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan 12 bulan. Walaupun deposito dibiarkan selama 3 tahun, tetapi pilihan tempo tetap hanya empat itu saja. Dibiarkan selama 3 tahun berarti jika deposito tenor 1 bulan maka di rollover hingga 36 periode berikutnya; atau jika deposito tenor 3 bulan, maka di rollover hingga 12 periode berikutnya; dan seterusnya. Jadi, besar bunga deposito yang dibiarkan selama 3 tahun ya akan sama dengan bunga yang berlaku bagi masing-masing tenor di tiap bank, hanya saja bunga tersebut kemudian diakumulasikan hingga tiga tahun.
Ningsih
15 JAN 2015
Saya mnt konsultasi kalau deposito d bank bni 30jt 1 thun untungny brp mksih
Endah
18 JAN 2015
Sy punya deposito di bank BRI sebesar 20juta jangka waktu 2thn kira2 berapa bunga yang sy peroleh mohon di jawab terima kasih
Anna
19 JAN 2015
@ningsih dan @Endah: Bunga yang diperoleh tergantung persentase bunga yang berlaku saat Anda memasukkan deposito tersebut. Besar bunga deposito berubah-ubah secara berkala, jadi silahkan gunakan kalkulator bunga deposito kami di link ini untuk mengkalkulasikannya :)
Nengsi
23 JAN 2015
(Saya pinjam uang di Bank BRI sebanyak Rp 300.000.000 ( tiga ratus juta rupiah ) dengan pembayaran perbulan sebanyak Rp 4.100.000,-itu hanya bayar bunga saja tidak kembali modal,,, uang saya mau tanyakan kenapa dalam setiap tahun saya harus memperpanjang lagi itu kredit saya dan harus membayar 10.000.000,- kalau tidak dibayar maka itu di jadikan tunggakan
Anna
23 JAN 2015
@Nengsi: Mohon maaf, kami tidak bisa berkomentar mengenai ini karena terkait dengan perjanjian kredit Ibu dengan BRI yang tidak kami ketahui. Sebaiknya Ibu tanyakan langsung secara terang-terangan kepada pegawai BRI yang menangani pinjaman Ibu. Pastikan berapa besar bunga pinjaman Ibu, berapa lama masa pinjaman berlangsung, dan apa maksud dari perpanjangan wajib tersebut.
Yasin
24 JAN 2015
tolong di bantu hitung...deposit 15jt bunga7,5%/bln.bunga nya masuk ke deposit.dalam 10 bln kira2 dpt brp ya?
Anna
26 JAN 2015
@yasin: silahkan memanfaatkan kalkulator bunga deposito kami di link ini untuk mengkalkulasikan bunga deposito perbulan. Selanjutnya, tinggal dikalikan 10 untuk memperoleh angka akumulasi bunga setelah 10 bulan :)
Riski Franata Ginting
8 FEB 2015
saya mau mendeposito kan uang di bank 100 juta dalam jangka 1 tahun
jadi untung atau nilai pendapatan bunga yg saya terima setiap bulan berapa ya ??
makasih


Anna
9 FEB 2015
@Riski franata ginting: itu tergantung pada berapa bunga deposito di bank tempat Anda ingin mendepositokannya. Data perkiraan suku bunga deposito bank-bank dapat dilihat di link ini. Sedangkan untuk mengkalkulasikan pendapatan bunga per bulan, Anda bisa memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.
Itin Itin
13 FEB 2015
Saya mau Bertanya karna pertama Kali saya mendepisitokn k bang bri Saya kn d Saudi ,kalo ngirim uang k no rekening ibu saya,terus ibu saya mendepisitokn Nya Gimana caranya,bila mana ibu saya meninggal supaya uang yang ada d bang tidak ada orang lain yg bisa mengambil uang itu d bang Kecuali saya

Anna
13 FEB 2015
@itin itin:
Apabila Anda berada di Saudi, dan yang memasukkan Ibu Anda, berarti nanti deposito itu atas nama Ibu Anda? Untuk mendepositokan dana, Ibu Anda bisa datang ke kantor cabang bank manapun, lalu menghubungi bagian CS (bukan teller), dan silahkan sampaikan keinginan untuk membuka deposito. CS atau pegawai bank lainnya akan membantu Anda mengisi formulir dan persyaratan lain. Nah, dalam pengisian formulir, nantinya Ibu Anda akan diminta menuliskan nama ahli waris juga. Di kolom ahli waris ini, tuliskan nama dan kontak Anda. Kelak, jika terjadi sesuatu pada Ibu Anda, maka Anda bisa mengambil deposito itu dengan membawa identitas diri dan sejumlah persyaratan tertentu lainnya sesuai peraturan masing-masing bank :)
Michael
25 FEB 2015
saya mau tanya kalau saya deposito 30juta, brapa bungannya ?
Anna
25 FEB 2015
Bunga yang ditetapkan setiap bank berbeda-beda. Data sekilas bunga bank dari berbagai bank bisa Anda lihat di halaman berikut. Sedangkan untuk menghitung bunga bank per bulan dapat memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.
Dimas
24 APR 2015
Saya mau ambil uang yg blom cukup tempoh depositonya Gimna boleh di ambil ngak ni
Anna
28 APR 2015
@Dimas:Boleh saja. Namun, pengambilan deposito sebelum jatuh tempo biasanya dikenai denda oleh pihak bank, dimana besarannya berbeda-beda tergantung bank apa tempat Anda menyimpan deposito.
Rahman
27 APR 2015
Mau tanya klo saya pinjam uang di bank 10 jt kira kira bunganya brp ya dan tiap bulan sy harus byar brp... trimakasih sbelumnya.
Anna
28 APR 2015
@rahman: Bunga pinjaman bisa berbeda-beda di setiap bank untuk jenis kredit yang berbeda. Untuk melihat perkiraannya, silahkan cek data suku bunga kredit di link ini.
Asih Mariana
1 MAY 2015
Mbk jika saya mndepositokn uang 100jt rupiah ambil jw setahun berapa yach kira2 bungga yg saia terima tiap bln misalx saia depositox dbni dngn suku bnga 6.25%
Anna
4 MAY 2015
@asih mariana:Berdasarkan perhitungan, kira-kira bunga per bulan 410.959. Untuk menghitung, Anda bisa memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.
Yzrt
9 MAY 2015
Mau tanya kira kira jangka waktu brp bulan yg paling menguntungkan antara 1,3,6,12 dan seterusnya?? Jika pd sebuah bank utk deposit 1 bulan itu 6%,dan utk 3 bulan 8%. Misalkan sy mengambil utk deposito 1 bulan dan terus diperpanjang sampai 3 bulan berarti kelipatan bunganya 18%.. jika dibandingkan utk deposito 3 bulan hanya 8% pd bank trsebut,berarti lebih menguntungkan utk deposito 1 bulan?? Apakah ilustrasinya sdh benar seperti itu?? Mohon infox..tks..
Anna
11 MAY 2015
@yzrt:Tidak, bukan seperti itu. Sebagaimana telah kami sampaikan di artikel, besaran bunga itu p.a. = per annum = per tahun. Jadi misalkan dikatakan di suatu bank bunga deposito satu bulan adalah 6%, maka itu adalah 6% pertahun, dan untuk mendapatkan nominal bunga per bulannya berapa rupiah, maka dalam perhitungan harus dibagi 12 (satu tahun = 12 bulan). Istilah deposito 1, 3, 6, dan 12 bulan merupakan term/jangka waktu/tenor perjanjian berapa lama deposito akan disimpan di bank. Jadi, misalkan Anda membuka deposito 1 bulan tadi, lalu mendiamkannya tanpa diambil selama 3 bulan, maka bunga yang Anda dapatkan tetap 6%, bukan 18%. Hanya saja, nominal bunga per bulan dalam rupiah nantinya setelah dibagi 12 akan dikalikan tiga (karena didiamkan tiga bulan). Dalam contoh yang Anda berikan, jika Anda ingin mendepositokan dana selama 3 bulan, maka lebih menguntungkan bila Anda membuka deposito tiga bulan sekalian. Ini karena dalam penghitungan nantinya, 8% itu juga akan dibagi 12 dan dikalikan 3. Rumus penghitungannya sama saja, hanya persentase bunga berbeda. 6% dan 8% tentu lebih besar 8%.
Ahfay
22 MAY 2015
permisi mau tanyamendepositokan uang paling baik berapa lamanyaya?makasih
Anna
22 MAY 2015
@ahfay: Bagi setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dana yang tersedia, maksud membuat deposito, serta pertimbangan-pertimbangan lain. Katakanlah seseorang yang punya dana banyak dan tidak akan dibutuhkan dalam waktu dekat, maka dia bisa saja menyisihkan sebagian untuk deposito 6 bulan atau satu tahun atau lebih. Tetapi seandainya seseorang hanya memiliki dana terbatas dan itu pun adalah dana cadangan yang akan dipakai untuk suatu keperluan, maka tentunya lebih baik deposito 1 bulan. Dan seterusnya. Singkatnya, seberapa baik jangka waktu deposito bagi setiap orang bisa berbeda-beda.

April
22 MAY 2015
klo saya buka depositenya sekitar minimal 8.500.000 lalu bisa di ketahui suku bunganya berapa dari mana dan bagaimana cara perhitungannya jika tenornya 3 bln
Anna
22 MAY 2015
@april: Setiap bank menetapkan bunga dalam persentase yang berbeda-beda, jadi untuk berapa bunga-nya bisa ditanyakan ke petugas bank tempat Anda membuka deposito. Sedangkan untuk perhitungan bunga-nya, Anda bisa memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini untuk menghitung pendapatan bunga per bulan, lalu dikalikan tiga.
Nama Anda
23 MAY 2015
Selamat malam,sya mau tanya saya mendepositkan uang 5jt,jangka 24 thn bunga 6%,brapa uang yg sya terima setiap bulan.terimakasih
Anna
8 JUN 2015
@nama anda: bunga yang akan Anda peroleh kurang lebih 25,000 per bulan jika tidak dipotong pajak. Untuk perhitungan dengan deduksi pajak, Anda dapat memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.
Bang Jun
6 JUN 2015
bg jun jd cuma sedikit ya mas penghasilan kita dlm 1bulan dlm deposit, krna musti dipotong pajak 20%.tak kira penawaran bunga 7% dlm 3bulan akan utuh, ternyata masih dipotong pajak, besar pula, ternyata iming2 fy
Anna
8 JUN 2015
@bang jun: yang dipotong pajak bukan pokok deposito, melainkan bunga dari deposito itu. Jadi, jika dana deposito awal cukup besar, dan bunga yang didapat per bulan juga cukup besar, maka potongan 20% itu pun tidak akan jadi beban. Tentu saja, jika Anda menginginkan investasi dengan imbal hasil yang lebih tinggi, Anda bisa menanam dana di saham atau forex.
Bang Jun
6 JUN 2015
bang yg dipotong pajak 20% itu, bunganya apa modal depositnya.
Anna
8 JUN 2015
@bang jun: yang dipotong 20% adalah bunganya. Jadi, misalnya bunga per bulan seharusnya didapat 25,000, maka dari 25,000 itu akan dikurangi 20% sehingga menjadi 20,000 saja.
Hanna
6 JUN 2015
min saya mau tanya, minimal buka deposito itu brapa ya?
Anna
8 JUN 2015
@hanna: setiap bank bisa menetapkan peraturan berbeda-beda. Ada yang mengharuskan minimal 5 juta atau 10 juta, tetapi ada juga yang hanya 1-3 juta.
Mira Anggraeni
18 JUN 2015

Saya mau tanya, kalau bunga deposito itu bisa di ambil setiap bulan atau diambil saat jatuh tempo...?

thx

Anna
19 JUN 2015
Pengambilan deposito itu tergantung pada pengelolaan deposito seperti apa yang Anda pilih ketika membuka deposito itu. Jika Anda memilih deposito jenis ARO+, maka bunga hanya bisa diambil bersamaan dengan pencairan pokok deposito. Namun, apabila deposito yang Anda pilih jenis Non-ARO atau ARO, maka bunga biasanya bisa diatur untuk diambil per bulan ataupun saat jatuh tempo. Anda cukup sampaikan saja kepada petugas bank yang melayani pembukaan deposito Anda, apakah Anda ingin Bunga masuk rekening setiap bulan ataukah saat jatuh tempo saja.
Gatutnur
29 JUN 2015
Saya mauTanya Bu kenapa bunga deposit tenor 3 bulan lebih besar Dari tenor 1 tahun?
Anna
29 JUN 2015
Besar bunga deposito tergantung kebijakan masing-masing bank. Ada bank yang menetapkan bunga untuk deposito tenor 3 bulan lebih tinggi daripada deposito tenor 1 tahun, tetapi ada juga yang sebaliknya. Tidak ada patokan khusus yang mengharuskan bunga deposito tenor 3 bulan lebih tinggi dari tenor 1 tahun.
Feri
29 JUN 2015
Mau tanya 80% itu dari mana ya
Anna
29 JUN 2015
Jika bunga deposito per bulan secara utuh pengalinya adalah 100%, maka bunga deposito dikurangi pajak 20% atas bunga deposito pengalinya menjadi 80%.
Ning
2 JUL 2015
saya agak bingung mengenai aturan pajak final atas bunga tabungan dan deposito ini : di aturan PP 131 Th. 2000 disebutkan bahwa : "bunga dari deposito dan tabungan serta diskonto Sertifikat Bank Indonesia sepanjang jumlah deposito dan tabungan serta Sertifikat Bank Indonesia tersebut tidak melebihi Rp 7.500.000,00 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) dan bukan merupakan jumlah yang dipecah-pecah." dari aturan ini : bunga dari simpanan nasabah dibawah Rp. 7.500.000,00 berarti tidak dikenai pajak final sebesar 20%. Yang mau saya tanyakan : Misal : A punya tabungan sebesar 10.000.000,00
Yang dikenai pajak final 20% sebesar Rp. 10.000.000,00 atau (10.000.000 - 7.500.000)
terimakasih.mohon jawaban segera...terimakasih
Anna
2 JUL 2015
Anda salah paham. Secara simpel, maksud peraturan itu adalah: pajak diterapkan atas bunga deposito dari deposito yang besarnya lebih dari 7,500,000. Yang dikenai pajak adalah bunga deposito-nya, bukan deposito pokoknya. Dengan kata lain: - Misal A memiliki deposito sebesar 10,000,000, maka ia kena pajak atas bunga deposito karena pokok deposito melebihi 7,500,000. Sedangkan besar pajak yang harus ia bayar adalah 20% dari bunga yang didapat per bulan. Misal bunga yang seharusnya ia dapat adalah 50,000 rupiah per bulan, maka 50,000 itu harus dipotong 20%. - Sedangkan misal B memiliki deposito sebesar 5,000,000 rupiah, maka itu tidak kena pajak deposito karena pokok deposito kurang dari 7,500,000. Seandainya bunga yang seharusnya ia dapat adalah 25,000 rupiah per bulan, maka ia akan mendapatkannya secara utuh tanpa dipotong pajak.
Risyah
29 AUG 2015
Mbak mau tanya misal saya mau deposit uang 10 juta 3 bulan dengan bunga 8% kira" berapa ya bunga yang saya terima ? Terima kasih
Anna
8 SEP 2015
Bunga per bulan yang akan Anda terima: 52,603 Rupiah Jika 3 bulan, berarti total bunga yang akan diterima 52,603 x 3 = 157,809 Rupiah. Untuk penghitungan dengan angka berbeda, Anda bisa memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.

Denada
7 SEP 2015
Mau nanya ni ba pacar saya punya deposito dibank bri waktu sudah jatuh temponya tgl 25 identitas dia ada yang kurang kan ga bsa diambil tuh pas balik lagi disuruh dateng lagi tgl 17 pencairannya bisa langsung keluar semua apa setengah" makasih
Anna
8 SEP 2015
Pencairan deposito selalu bisa keluar sekaligus, tidak ada setengah-setengah. Kecuali apabila ada situasi tertentu yang menyebabkan dikenakannya denda atau sejenisnya sehingga jumlah total yang cair bisa berkurang. Tetapi ini terkait dengan kebijakan masing-masing bank, sehingga sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan pihak bank terkait.
Anna
22 SEP 2015
Pencairan deposito tentu akan cair keseluruhan, tidak setengah-setengah.
Puspita.novi@gmail.com
21 SEP 2015
Bntu jawab donk!!! Deposito 50jt jngka wakt 3 bln bunganya brp? Dlm bntk rupiah...mksh
Anna
22 SEP 2015
Setiap bank bisa menetapkan bunga berbeda-beda. Di bank mana Anda bermaksud untuk deposito? Anda bisa menengok data suku bunga deposito dari beberapa bank di link ini sebagai acuan.
Anna
28 SEP 2015
Besar bunga di setiap bank berbeda-beda. Anda bisa menengok data suku bunga deposito di sini sebagai bahan acuan.
Vita
26 SEP 2015
Sya vita ingin tnya sya kpingin deposito di bank BRI seumpamax 1jt brapa penghasilan yg sya dpn per blnx
Anna
28 SEP 2015
1 juta berada dibawah minimal setoran pembukaan deposito di BRI, jadi Anda tidak bisa membuka deposito dengan dana sebesar itu saja.
Henny Lampard
13 OCT 2015
Saya melakukan deposito ke bri dan bunganya dimasukkan ke pokok deposito dan diperpanjang otomatis, yang ingin saya tanyakan jenis deposito saya ARO atau ARO+? Bunga dalam deposito tersebut akan diakumulasi saat pengakhiran penarikan deposito atau malah hangus karena tidak diambil?
Anna
15 OCT 2015
Jenisnya ARO+. Bunga tidak hangus, melainkan terakumulasi karena disatukan dengan pokok deposito.  Jadi, misalnya Anda menyimpan deposito ARO+ dengan tenor 1 bulan sebesar 10 juta dengan bunga 8 persen. Jika deposito itu diambil saat jatuh tempo sebulan kemudian, maka Anda akan mendapatkan bunga 52,603. Tetapi dengan ARO+, maka Anda bisa membiarkan deposito itu mengalami perpanjangan otomatis ke bulan berikutnya. Nah, jika dibiarkan, maka bunga itu otomatis menyatu dengan pokok deposito, sehingga pokok deposito untuk bulan berikutnya adalah 10 juta + 52,603 = 10,052,603. Dan demikian seterusnya hingga saat Anda memutuskan untuk mencairkan, maka Anda akan mendapatkan total akumulasi pokok + bunga deposito seluruhnya.
Nazzik
15 OCT 2015
Mkch infox..pi bgaimana dngn bungax..apakah bsa di ambil tiap jtuh tempo,ato nggu setahun????
Anna
15 OCT 2015
Bunga deposito bisa diambil setiap jatuh tempo, atau kapan saja Anda mencairkan deposito tersebut.
Ina
22 OCT 2015
Nama y deposito p yg minimal y harus naro 10 jt. Dulu n perbulan y bunga y 4%.. 
Anna
22 OCT 2015
Belum tentu demikian. Di beberapa bank, bisa saja membuat deposito dengan dana dibawah 10 juta. Besar bunga pun bervariasi antar bank
Listya
22 OCT 2015
Bu, terima kasih buat infonya sangat membantu ^^.
Saya mau menanyakan masalah tanggal jatuh tempo, kalau misalkan saya deposit dana tgl 01-11-15 dengan sistem ARO+ yang jangka waktu 3 bulan Kalau 3 bulan yg pertama tidak diambil kan otomatis lanjut ke tiga bulan kedua, berarti tanggal jatuh temponya tgl 01-05-16 ya bu ?. Lalu apakah penarikan deposit hanya boleh di lakukan sesuai dengan tgl JT deposit ? (cth 01-05-16) apa tidak boleh misalkan tgl 15 nya atau bulan depannya ?
Anna
22 OCT 2015
Pada dasarnya, pencairan dana deposito bisa  dilakukan kapan saja, tetapi kebanyakan bank menetapkan denda tertentu apabila mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo. Namun kini makin banyak bank yang meniadakan denda ini. Jadi, sebaiknya Anda menanyakan langsung kepada petugas bank dimana Anda membuka deposito, apakah depositonya hanya bisa dicairkan di tanggal jatuh tempo atau boleh diluar tanggal itu.
Bunga
30 OCT 2015
Permisi sy mau tanya kalo sy deposit uang di bank bri sebesar 170 juta selama 6 bulan dengan bunga 7.4% kira2 brp bunga yg sy dpt kan ..
Admin
30 OCT 2015
Anda bisa menghitungnya langsung dengan tool ini: Kalkulator Bunga Deposito
Karena hasilnya adalah bunga deposito per bulan, maka untuk mengetahui bunga 6 bulan Anda bisa mengalikan lagi hasil akhirnya dengan angka 6.
Andi
6 NOV 2015
Lebih menguntungkan mana jangka deposito yang lama dengan jangka waktu yang pendek, dengan tingkat bunga yang sama ?Terimakasih
Anna
9 NOV 2015
Jika tingkat bunganya sama persis, maka akan sama saja imbal hasilnya, karena suku bunga ditulis dalam skala tahunan. Rumus perhitungan bunga sama saja seperti rumus di dalam artikel: Total bunga = besaran deposito x bunga pertahun x (tenor/12) x 100% Nah, "tenor" disitu mewakili berapa lama deposito Anda disimpan. Jika Anda menyimpan di deposito selama 3 bulan, maka pendapatan bunga di akhir periode akan lipat tiga. Jika menyimpan di deposito selama 6 bulan, maka pendapatan bunga di akhir periode akan lipat enam. Dan seterusnya.
Fina
21 DEC 2015
Assalamualikum Mbx seumpama ak medepositokan uang 5 juta tp jangka waktunya dalam setahun ,jadi berapa ya suku bunganya ,tolong dijawab makasih wassalam.
Anna
21 DEC 2015
Waalaikumsalam. Bunga yang diberikan setiap bank berbeda-beda. Jadi, berapa bunga yang mungkin Anda terima akan tergantung di bank mana Anda mendepositokannya. Untuk datanya, Anda bisa lihat di halaman data suku bunga deposito.

Rayhen
27 DEC 2015
Uang 10 juta didepositokan dalam jangka 1 tahun kira kira bunganya brpa ya mksh
Anna
28 DEC 2015
Bunga yang diberikan setiap bank berbeda-beda. Jadi, berapa bunga yang mungkin Anda terima akan tergantung di bank mana Anda mendepositokannya. Untuk datanya, Anda bisa lihat di halaman data suku bunga deposito atau bertanya langsung ke bank tempat Anda akan membuka deposito tersebut.
Aguz
5 JAN 2016
Min mau tanya soal rumus bunga perbulan, ada yg memakai Total bunga = besaran deposito x bunga pertahun x (tenor/12) x 100%.. Ada yg memakai Total bunga = besaran deposito x bunga pertahun x (30/365) x 100%
Saya bingung, yg di pakai untuk masa 1 bln dgn 3 bln apakah sama, dan yg mana.. Kalo untuk diatas 7,5jt tgl di ganti 80% kn.. Soalnya di kalkulator mimin.. Cuma pake yg (30/365) apa yg pke tenor 3 bln ttp (30/365) ato (tenor/12).
Anna
6 JAN 2016
Dasar basis penghitungannya sebenarnya sama saja.
Rumus yang menggunakan (30/365) didasarkan pada rerata jumlah hari dalam satu bulan (30) dan satu tahun (365). Rumus yang menggunakan itu ditujukan untuk menghitung bunga bulanan. Jika Anda ingin menggunakannya untuk menghitung deposito tenor 3 bulan, maka kalikan saja hasilnya dengan 3. Atau, ubah rumusnya jadi (90/365).

Sedangkan rumus yang menggunakan (tenor/12) didasarkan pada fakta bahwa jumlah bulan dalam setahun adalah 12. Ini lebih fleksibel, jadi Anda cukup mengganti angka di bagian (tenor/12) dengan (1/12) untuk menghitung bunga bulanan, atau (3/12) untuk menghitung akumulasi bunga setelah tiga bulan.

Sementara terkait persentase pengali-nya, karena diatas 7.5 juta biasanya otomatis dipotong bunga 20 persen, maka ya, pengalinya bukan lagi 100 persen melainkan 80 persen.
Tri Aji
20 JAN 2016
Kemana kah bunga deposito itu masuk?Apakah kerekening ato diambil pada masa deposito itu berakhir?
Anna
20 JAN 2016
Itu tergantung permintaan Anda saat membuka deposito. Saat Anda membuka deposito di bank, Anda akan ditanya CS beberapa hal, diantaranya adalah soal Anda ingin bunga deposito masuk mana? Apakah akan masuk ke rekening setiap kali jatuh tempo berakhir (jika pakai rollover), atau ditarik bersama pokok deposito saat jatuh tempo berakhir. Jadi, pilihannya terserah Anda. Komunikasikan saja dnegan CS bank dimana Anda membuka deposito.
Margono
27 JAN 2016
Apakah sama besarnya bunga antara 1 bulan dengan 3 bulan?Jika mendeposito sama sama 10juta..mohon jelaskan
Anna
27 JAN 2016
Setiap bank bisa menetapkan besaran bunga berbeda-beda. Jadi sama atau berbeda untuk tenor 1 dan tiga bulan, itu tergantung bank dimana Anda mendepositokan dana. Sebagaimana bisa Anda lihat di data suku bunga deposito di link berikut ini, ada bank yang menetapkan besaran bunga yang sama untuk 1 dan 3 bulan (seperti BCA dan BTN), ada juga yang berbeda untuk setiap tenor (seperti Mandiri dan Mega), dan seterusnya. Untuk mengetahui pastinya, silahkan kontak bank dimana Anda ingin deposito.
Ozora Ferdinand
17 FEB 2016
Berapa persen biaya penalti klo depositonya diatas 100 jt
Anna
17 FEB 2016
Apa maksud Anda dengan biaya penalti? Pembukaan maupun penarikan deposito pada dasarnya tidak ada penalti, asalkan dilakukan sesuai perjanjian awal. Denda baru ada apabila mencairkan deposito sebelum waktu jatuh tempo. Begitupun, beberapa bank telah meniadakan denda semacam itu. Jadi, jika Anda ingin mendepositokan dana secara wajar, maka tidak akan ada penalti. Sedangkan jika Anda ingin tahu tentang denda penarikan deposito sebelum jatuh tempo, maka sebaiknya Anda tanyakan langsung ke bank tempat Anda mendepositokan dana.
Rahmat Saputra
19 SEP 2016
Apakah harus mengisi formulir baru  bila deposito saya sedang berjalan misalkan jatuh tempo selama satu tahun dan di bulan ke 3 saya ingin menambah jumlah deposito saya dari 10 juta jadi 12juta  ??
Anna
20 SEP 2016
Deposito tidak seperti tabungan yang bisa ditambah kapan saja. Jika Anda ingin menambah deposito, maka opsinya adalah antara (1) membuka deposito baru saja dengan 2 juta itu, atau (2) mencairkan deposito yang lama lebih cepat untuk kemudian dibuat deposito baru dengan jumlah 12 juta.
Jalcho
12 DEC 2016
Tolong bantu, mana yang bungaNya lebi  tinggi untuk setor setiap 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan sekali  ( selama 1 tahun ) ?
Anna
13 DEC 2016
Bisa berbeda-beda tergantung bunga yang diterapkan oleh setiap bank. Perlu Anda ketahui, setiap bank bisa menerapkan kebijakan bunga berbeda, bisa bunga deposito 1 bulan paling tinggi, tetapi bisa juga deposito 12 bulan yang paling tinggi. Jadi, tidak ada jawaban yang berlaku umum dalam hal ini.
Vian
11 MAR 2017
Sy mw tanya emg ada bank deposito minimal 1jt sy jd berminat thanksss
Anna
13 MAR 2017
Sejauh pengetahuan kami, saat ini sudah tak ada bank umum nasional yang memungkinkan deposito minimal 1 juta. Standar antara minimal 2.5 juta, 5 juta, atau 10 jutaan, dan kelipatannya. Namun, kami kurang informasi mengenai minimal deposito di bank daerah, sehingga barangkali akan ada baiknya saudara cek di bank daerah Anda juga. Apabila bertanya langsung pada CS bank terkait, tentu akan dijawab dengan senang hati.
Rizki
21 MAR 2017
Maaf saya mau nanya misal nya saya punya uang 10 jta dan ambil jatuh tempo deposito 1 bulan dengan bunga 5 %. Apakah setelah 1 bulan itu saya dapat bunga 500 ribu atau bunga yg 5 % itu adalah bunga per tahun dengan kata lain 500 rebu itu di bagi 12 bulan dlu bru itu bunga yg saya dapat?? Mhon pncerahannya maklum saya gaptek
Anna
22 MAR 2017
Yang tepat adalah penghitungan kedua. Jadi begini, penyebutan setiap bunga bank, pada dasarnya di belakang selalu ada kata "per annum (p.a.)" yang artinya per tahun. Maka bila dikatakan bunga deposito 1 bulan adalah 5%, itu adalah 5% per tahun. Maka, bukan berarti jika Anda menabung 10 juta akan mendapatkan 500rb setelah satu bulan, melainkan 500rb itu dibagi 12 bulan terlebih dahulu. Untuk penghitungan bunga deposito yang lebih mudahnya, Anda dapat memanfaatkan kalkulator bunga deposito.
Sudirman
16 AUG 2017
sy mau tanya.Kalau 15 juta di deposito berarti bunganya 2700? Terima kasih
Admin
17 AUG 2017
Bunga yang diberikan setiap bank berbeda-beda. Jadi, berapa bunga yang mungkin Anda terima akan tergantung di bank tempat Anda melakukan deposito. Anda bisa lihat datanya di halaman data suku bunga deposito atau bertanya langsung ke bank tempat Anda akan membuka deposito.

Edy
29 SEP 2017
Bagaimna jika pada saat pemotongan uang untuk deposito, uang nya tidak ckup untuk di potong otomatis? contoh..saya kan deposito 1 / bulan jd uang sya kurang 200 rb..apakah bisa di potong otomatis?.. mohon bantuannya..apa solusi ny?
Anna
2 OCT 2017
Mohon maaf, kami kurang memahami, pemotongan uang apa yang digunakan untuk deposito? Apakah maksud Anda gagal autodebet dari rekening tabungan biasa ke rekening deposito berjangka? Jika ya, maka ada baiknya Anda konsultasikan langsung dengan bank terkait. Masing-masing bank/lembaga keuangan bisa menerapkan aturan berbeda. Ada yang menganggapnya tidak masalah asalkan Anda segera mengisi rekening dalam bulan yang sama, sehingga nantinya pembayaran seakan-akan dicicil 2x dalam satu bulan. Namun, ada juga bank yang memberi peringatan bahwa jika sampai gagal autodebet sekian kali maka rekening tabungan otomatis ditutup dan Anda bisa kena penalti.
Yusuf
10 OCT 2017
Kan klo kita nabung secara deposito kita dapat keuntungan....Dari manakah keuntungan tersebut....?Dan bagaimanakah bank tersebut bisa tiba tiba memberikan kita keuntungan tersebut....?
Anna
10 OCT 2017
Selain menerima tabungan dan deposito dari nasabah serta memberikan bunga, bank memiliki kegiatan bisnis lainnya, yakni menyalurkan kredit/pinjaman kepada nasabah lain. Apabila seseorang meminjam/mengambil kredit dari bank, maka ia harus mengembalikan pinjaman tersebut sekaligus membayar bunga kepada bank. Nah, dari keuntungan bunga tadi, bank dapat membayar bunga pada nasabah yang menyimpan tabungan dan deposito.
Mahrus
11 OCT 2017
Seumpama saya depositokan uang 100 juta dalam tempo 3 tahun terus ke untungannya brp
Anna
11 OCT 2017
Bunga yang diberikan setiap bank berbeda-beda. Jadi, berapa keuntungan yang mungkin Anda terima akan tergantung di bank mana Anda melakukan deposito. Untuk datanya, Anda bisa lihat di halaman data suku bunga deposito.
Ita
2 NOV 2017
Mbk saya mau bertanya. saya deposit di bank bni jangka waktu 3 bulan dengan bunga 5.7%. bunga yang saya peroleh 5.7% itu saya dapat tiap 3 bulan sekali atau tiap tahun? Soalnya bank nya bilang bunga 5.7% itu pertahun. Soalnya dibuku nya tertulis bunga 5.7% pertahun. maksudnya apa ya mbk? Trims
Anna
2 NOV 2017
Bunga 5.7% itu bunga pertahun, namun dapat dibayarkan setelah tiga bulan. Nanti, dalam rumus perhitungan bunganya, hanya rumusnya yang disesuaikan.Perhatikan rumus perhitungan bunga deposito per bulan di atas:Total bunga = besaran deposito x bunga pertahun x (tenor/12) x 100%

Apabila tenor 3 bulan seperti deposito Anda, maka rumusnya:Total bunga = besaran deposito x 5.7% x (3/12) x 100% (sebelum pajak)
Rizki Sanjaya
7 NOV 2017
Maksudnya Deposit uang 10 juta 3 bulan itu apa ya? Apa perbulannya harus setor / nabung 10 juta per bulan atau bagaimana? Makasih sebelumnya, maaf nih masih pemula.
Anna
7 NOV 2017
Maksud Anda deposito 10 juta 3 bulan yang dicantumkan dalam artikel? Itu maksudnya adalah dana sebesar 10 juta disimpan di bank dalam produk Deposito dengan jangka waktu 3 bulan. BUKAN harus setor 10 juta per bulan.
Devi Nurat
27 FEB 2018
Devi nurat
Yayasan Bea Siswa SUNAN KALIJAGA, memiliki dana di rekening giro sebesar Rp 2.500.000.000,-Mengingat jasa giro (bunga) yang sangat rendah (hanya 1 % pertahun),maka pengurus Yayasan menghendaki untuk memindahkan dana giro tersebut kedalam bentuk rekening Deposito berjangka, dengan tenor 12 bulan.Apabila Yayasan menghendaki bunga sebesar Rp 7.500.000,- perbulannya, hitunglah berapa jumlah dana yang harus dipindahkan dari rekening Giro ke Rekening Deposito berjangka tersebut.Diketahui Interest Rate/ bunga Deposito adalah sebesar 7 % pertahun., PPh 20%
Itu gmna sis nyelesainnya?Trimaksihh
Anna
26 MAR 2018
Untuk menghitung bunga deposito, Anda dapat memanfaatkan kalkulator bunga deposit di link berikut ini.
Rezky Zahra
25 MAR 2018
Mohon infonya: Saya mempunyai deposito 1.000.000.000. Suku bunganya 6 %, Dengan jangka waktunya 1 bulan. Pajaknya 20 %. Awal saya deposito tanggal 1 maret 2018. Jatuh temponya tanggal 1 april 2018. Tapi saya ingin mencairkan uang tanggal 15 juni 2018. Jadi : berapa pendapatan yang masuk ke rekening saya per-15 juni 2018 dan berapa pula bunga penalty yang dikenakan pada saat saya mencairkan deposito tersebut. Mohon tanggapannya
Anna
26 MAR 2018
Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan angka tertentu sebagai jawaban atas pertanyaan Anda, karena:
1. Kami tidak mengetahui rincian perjanjian deposito Anda, apakah Non-ARO, ARO, atau ARO+. Sebagaimana dapat Anda simak di artikel, perhitungan berbeda untuk masing-masing model.
2. Besaran penalti yang dikenakan setiap bank berbeda-beda.
3. Aturan mengenai tanggal pencairan deposito yang berbeda dengan jatuh tempo itu pun berbeda-beda di setiap bank. Ada yang tidak mengenakan penalti, tetapi tidak membayarkan bunga. Ada juga yang mengenakan penalti sekaligus tidak membayarkan bunga.
Untuk mendapatkan jawaban yang lebih jelas, ada baiknya Anda kontak langsung dengan Customer Service bank tempat Anda membuka deposito. Mereka memiliki hak untuk melihat rincian perjanjian deposito Anda, sekaligus dapat membantu memberikan perhitungan jelas mengenai penalti dlsbg yang Anda butuhkan.
Lisnora Simatupang
4 OCT 2019
Saya punya hutang di bri 350jt tetapi saya punya deposito 400 jt,, yg saya tanyakan mana lebih baik saya membayar utang atau mempertahankan deposito. Utang saya cicil  guna pelunasan. Terimakasih ya buat nasehatnya
Anna
4 OCT 2019
Dalam kondisi tak ada alternatif lain, lebih baik utamakan membayar hutang. Bunga pinjaman itu pasti berkali lipat lebih besar daripada bunga deposito. Anda akan rugi besar jika mempertahankan deposito yang bunganya kecil demi kredit yang bunganya jauh lebih besar.
Ulan Gawa
23 OCT 2019
jelas infonya
Tatik Salwah
19 DEC 2019
1. Setiap awal tahun, Ardi menyimpan uang di Bank BRI sebesar Rp.1.000.000,00. Jika bank memberikan bunga 7%/tahun, tentukan uang Ardi setelah menabung selama 23 tahun ?
2. Suatu pinjaman sebesar Rp 10.000.000,- akan dilunasi dengan 3 angsuran dengan suku bunga 12% pertahun. Tentukan besar anuitasnya.
3. Suatu pinjaman sebesar Rp.15.000.00,00 akan dilunasi selama 11 bulan dengan suku bunga pinjaman 2% per bulan. Tentukan besar anuitas dan buat tabel rencana angsurannya.
Anna
20 DEC 2019
Wah, ini tugas sekolah atau kuliah ya? Coba langsung terapkan saja rumusnya, pasti akan langsung ketemu jawabannya. Bapak/ibu guru juga pasti sudah memberikan rumus perhitungan bunga deposito maupun anuitas dalam mapel ekonomi/akuntansi.


Kirim Komentar/Reply Baru
Mulai Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Dana Pensiun?
Mulai Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Dana Pensiun?
Linlindua   26 Apr 2021   149  
Perhitungan Modal Dan Profit

1 jika modal sudah 800 cent pake 20% lot berapa ? 

2. jika modal 5$ profit 20%, tiap hari meningkat berapa? 

Udin 25 Feb 2021

Reply:

M Singgih (26 Feb 2021 14:19)

@ Udin:

Maaf, bisa diperjelas pertanyaannya.
Terima kasih.

Udin (26 Feb 2021 15:37)

Jadi saya membpunyai modal 8$  untuk loot 20% brpa om? 

Dan jika modal 5$ ambil profit 20% sehari dan selama 25 hari brpa profit saya om 

Tips Agar Deposito Bisa Jadi Investasi Masa Depan
Tips Agar Deposito Bisa Jadi Investasi Masa Depan
Wahyudi   23 Dec 2020   669  
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Febrian Surya   25 Aug 2020   1223  
Suku Bunga Deposito Bank
Suku Bunga Deposito Bank
Sistem   5 Aug 2020   2439  
Kalkulator Bunga Deposito
Kalkulator Bunga Deposito
Sistem   5 Aug 2020   4628  
4 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Wajib Kamu Tahu
4 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Wajib Kamu Tahu
Febrian Surya   27 Jun 2020   1024  
Deposito Syariah: Seperti Apa Praktik Dan Ketentuannya?
Deposito Syariah: Seperti Apa Praktik Dan Ketentuannya?
Febrian Surya   28 Apr 2020   755