Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Kredit Bank

Anna 20 Feb 2014
Dibaca Normal 4 Menit
bisnis > kredit >   #bank   #deposito   #kredit
Jaminan kredit di bank ternyata tidak harus berupa mobil, tanah, atau aset berwujud barang lainnya. Anda bisa juga menggunakan deposito sebagai jaminan kredit.

Menggunakan deposito sebagai agunan atau jaminan kredit bank (Cash Collateral) masih jarang dilakukan. Umumnya, orang menggunakan aset berwujud sebagai barang jaminan, dan belum mengetahui bahwa deposito juga bisa dipakai sebagai jaminan kredit di Bank.

Memang tidak semua bank menerima jaminan dalam bentuk deposito, tetapi sejumlah bank besar seperti Bank Mandiri, BNI, dan lain-lain, mengizinkan deposito yang tersimpan di bank mereka untuk digunakan sebagai jaminan kredit bila Anda mengambil kredit di bank mereka. Namun, sebagaimana halnya jaminan berbentuk aset riil, kredit dengan jaminan deposito memiliki kelebihan dan kelemahan.

Deposito Sebagai Jaminan Kredit Bank

 

Kelebihan Kredit Dengan Jaminan Deposito

Kelebihan yang paling utama adalah, Anda bisa menjaga kepemilikan aset Anda. Jika Anda tidak memiliki harta berharga kecuali peninggalan keluarga, Anda pun tidak perlu mempertaruhkan warisan tersebut. Katakanlah satu-satunya aset yang Anda punya adalah rumah yang sudah turun-temurun ditinggali beberapa generasi. Daripada menggunakannya sebagai jaminan, apabila Anda memiliki deposito atau tabungan dalam jumlah cukup besar, maka Anda bisa menggunakannya sebagai jaminan.

Alternatif ini merupakan solusi ketika Anda memiliki kebutuhan mendadak, sedangkan Anda terlanjur menyimpan dana Anda dalam deposito ARO jangka 6 atau 12 bulan. Daripada menarik sebelum jatuh tempo dan terkena denda, Anda memiliki opsi untuk mengambil kredit saja dan menggunakan deposito tersebut sebagai jaminan. Anda bisa meminjam hingga sebesar 70-90 persen dari deposito, tergantung kebijakan bank.

Apalagi, karena aset yang dijadikan jaminan (deposito) berada di bank yang sama dengan tempat Anda mengambil kredit, maka pemrosesan permohonan kredit juga jadi relatif lebih cepat. Situasinya berbeda dengan pemrosesan jaminan aset seperti tanah atau rumah yang perlu appraisal terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu jika kebutuhan Anda sudah mendesak.

Kelebihan terakhir, dengan menggunakan deposito sebagai jaminan kredit, Anda akan terkena bunga yang lebih kecil daripada bunga kredit umum. Bunga yang harus dibayar ke Bank dihitung dari bunga kredit biasa dikurangi bunga deposito. Bagi pihak bank, risiko pinjaman berjaminan deposito jelas jauh lebih rendah daripada jaminan bentuk lain, maka Anda pun hanya perlu membayar bunga rendah. Bahkan kabarnya, ada yang menetapkan bunga kredit hanya 2-3% di atas bunga deposito, yang berarti Anda hanya perlu membayar bunga 2-3% itu saja.

Kalkulator Bunga Deposito(Kunjungi Juga: Kalkulator Bunga Deposito)

 

Kelemahan Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Kredit

Kelemahan pertama, bunga deposito umumnya jauh lebih rendah daripada bunga kredit. Sehingga, ada kalanya menarik deposito dan terkena denda jadi lebih baik secara ekonomis daripada menarik kredit dengan jaminan deposito. Perhitungkan baik-baik dari segi jumlah dana yang Anda butuhkan dan perkiraan berapa lama Anda akan bisa menyelesaikan angsuran kredit. Jika dana yang dibutuhkan relatif kecil dan krisis keuangan Anda hanya akan berlangsung sebentar, maka ada baiknya mengambil kredit dengan jaminan deposito saja daripada terkena denda atau menanggung bunga tinggi KTA.

Kelemahan kedua, deposito yang dijadikan jaminan tak bisa ditarik selama masa kredit. Berbeda dengan ketika Anda menggunakan mobil sebagai jaminan kredit, Anda masih bisa menggunakan mobil tersebut, atau ketika Anda menjaminkan rumah dan tanah, dimana Anda bisa terus tinggal dan memanfaatkan rumah. Selain itu, deposito yang dijadikan jaminan praktis kehilangan manfaat bunga-nya, karena bunga kredit yang lebih besar daripada bunga deposito tadi.

 

Terlepas dari adanya kelemahan-kelemahan di atas, fasilitas deposito sebagai jaminan kredit merupakan keunggulan sistem perbankan masa kini yang bisa Anda manfaatkan. Deposito dapat dijadikan jaminan untuk kredit konsumsi maupun kredit usaha, baik pinjaman biasa ataupun pinjaman rekening koran. Menjaminkan deposito bisa jadi keputusan bagus maupun keputusan yang kurang tepat, tergantung situasi Anda.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Pagi... Mohon bantu info, jika kakak saya pernah ada / masih ada tanggungan kartu kredit (misal Mandiri / BNI), sudah lama sih infonya, lebih dari 10 thn lalu. Dan saat ini dia baru masuk bekerja dan diwajibkan harus punya rekening bank atas nama dia. Apakah dgn status 5 - Macet (saya sempat mintakan ini ke OJK).. dia bisa buka rekening tabungan di BCA misalnya ? (dia tidak ada problem di rekening tabungan BCA) Terima kasih
 San-san |  6 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Yang saya tahu minimal deposito Bank BCA adalah Rp8 juta
namun untuk detail informasinya, bisa menghubungi Halo BCA atau datang ke kantor BCA terdekat.
 Dion |  16 Jun 2021
Halaman: Perhitungan Dan Pengelolaan Bunga Deposito
Tugas utama Bank Sentral adalah untuk menjaga stabilitas mata uang, menyelenggarakan peredaran uang, memajukan sistem perbankan, serta mengawasi kegiatan perbankan dan perkreditan.
 Yogi |  24 Jun 2021
Halaman: Pengaruh Suku Bunga Terhadap Perekonomian Suatu Negara
umumnya untuk transaksi paypal dengan kartu kredit, namun saat ini sudah bisa transaksi paypal dengan kartu debit, namun hanya kartu debit berlogo MasterCard, VISA, dan American Express saja yang bisa digunakan untuk transaksi di PayPal
 Atta Liem |  25 Feb 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal
buat yang gajinya masih mepet, jangan sembarangan deh sama kartu kredit. apalagi skrg banyak yg promo gratis biaya 1 taun pertama. inget uy, taun-taun selanjutnya ada biaya tahunannya. mending nabung aja dulu deh, tahan keinginan daripada dikejar debt kolektor. hidup gak tenang buozzz
 Kang Komen |  7 Apr 2022
Halaman: Bolehkah Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu
Setahu saya, deposito itu skemanya macam2. Ada juga yg istilahnya rollover. Jd bunga sm deposito langsung bisa ditambahkan gitu ke periode selanjutnya. Kalo disistem kayak gitu ya lumayan cuan juga seeeh, tapi ya memang gak enaknya gabisa ditarik sewaktu2. Menurut saya deposito emang cocoknya buat yg punya kerjaan tetap dan duit nganggur cukup banyak.
 Alika |  30 Apr 2022
Halaman: Apa Bedanya Menyimpan Uang Di Deposito Dan Tabungan
Suku Bunga Deposito
BANK RAKYAT INDONESIA BANK RAKYAT INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK RAKYAT INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK RAKYAT INDONESIABANK MEGA BANK RAKYAT INDONESIABANK BTPN BANK RAKYAT INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK RAKYAT INDONESIABANK OCBC NISP BANK RAKYAT INDONESIABANK MANDIRI BANK RAKYAT INDONESIABNI 46 BANK RAKYAT INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK RAKYAT INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK RAKYAT INDONESIABANK PANIN BANK RAKYAT INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK MEGA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BNI 46 BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BNI 46 BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK MEGA BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK MEGA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BNI 46 BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK MEGA BNI 46BNI 46 BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK MEGA BNI 46BNI 46 BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK MEGA BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BNI 46 BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BNI 46 BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BANK MEGA BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK BTPN BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46STANDARD CHARTERED BANK BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BNI 46BNI 46 BNI 46BANK OCBC NISP BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK MEGA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK HSBC INDONESIA BNI 46BANK MANDIRI BNI 46BANK PANIN BNI 46BANK CIMB NIAGA BNI 46BANK CENTRAL ASIA BNI 46BANK BTPN BNI 46BANK DANAMON INDONESIA BNI 46BANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIASTANDARD CHARTERED BANK BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK CENTRAL ASIABNI 46 BANK CENTRAL ASIABANK OCBC NISP BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MEGA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK HSBC INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK MANDIRI BANK CENTRAL ASIABANK PANIN BANK CENTRAL ASIABANK CIMB NIAGA BANK CENTRAL ASIABANK CENTRAL ASIA BANK CENTRAL ASIABANK BTPN BANK CENTRAL ASIABANK DANAMON INDONESIA BANK CENTRAL ASIABANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRISTANDARD CHARTERED BANK BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK MANDIRIBNI 46 BANK MANDIRIBANK OCBC NISP BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK MEGA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK HSBC INDONESIA BANK MANDIRIBANK MANDIRI BANK MANDIRIBANK PANIN BANK MANDIRIBANK CIMB NIAGA BANK MANDIRIBANK CENTRAL ASIA BANK MANDIRIBANK BTPN BANK MANDIRIBANK DANAMON INDONESIA BANK MANDIRIBANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARASTANDARD CHARTERED BANK BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABNI 46 BANK TABUNGAN NEGARABANK OCBC NISP BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MEGA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK HSBC INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK MANDIRI BANK TABUNGAN NEGARABANK PANIN BANK TABUNGAN NEGARABANK CIMB NIAGA BANK TABUNGAN NEGARABANK CENTRAL ASIA BANK TABUNGAN NEGARABANK BTPN BANK TABUNGAN NEGARABANK DANAMON INDONESIA BANK TABUNGAN NEGARABANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPSTANDARD CHARTERED BANK BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK OCBC NISPBNI 46 BANK OCBC NISPBANK OCBC NISP BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MEGA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK HSBC INDONESIA BANK OCBC NISPBANK MANDIRI BANK OCBC NISPBANK PANIN BANK OCBC NISPBANK CIMB NIAGA BANK OCBC NISPBANK CENTRAL ASIA BANK OCBC NISPBANK BTPN BANK OCBC NISPBANK DANAMON INDONESIA BANK OCBC NISPBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNSTANDARD CHARTERED BANK BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK BTPNBNI 46 BANK BTPNBANK OCBC NISP BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK MEGA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK HSBC INDONESIA BANK BTPNBANK MANDIRI BANK BTPNBANK PANIN BANK BTPNBANK CIMB NIAGA BANK BTPNBANK CENTRAL ASIA BANK BTPNBANK BTPN BANK BTPNBANK DANAMON INDONESIA BANK BTPNBANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABNI 46 BANK DANAMON INDONESIABANK OCBC NISP BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MEGA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIABANK PANIN BANK DANAMON INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK DANAMON INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK DANAMON INDONESIABANK BTPN BANK DANAMON INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK DANAMON INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINSTANDARD CHARTERED BANK BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK PANINBNI 46 BANK PANINBANK OCBC NISP BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK MEGA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK HSBC INDONESIA BANK PANINBANK MANDIRI BANK PANINBANK PANIN BANK PANINBANK CIMB NIAGA BANK PANINBANK CENTRAL ASIA BANK PANINBANK BTPN BANK PANINBANK DANAMON INDONESIA BANK PANINBANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIASTANDARD CHARTERED BANK BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABANK RAKYAT INDONESIA BANK HSBC INDONESIABNI 46 BANK HSBC INDONESIABANK OCBC NISP BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MEGA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK HSBC INDONESIA BANK HSBC INDONESIABANK MANDIRI BANK HSBC INDONESIABANK PANIN BANK HSBC INDONESIABANK CIMB NIAGA BANK HSBC INDONESIABANK CENTRAL ASIA BANK HSBC INDONESIABANK BTPN BANK HSBC INDONESIABANK DANAMON INDONESIA BANK HSBC INDONESIA
BANK 12 bulan 12 bulan
  Rupiah USD
BRI 2.30% 0.200%
BNI 46 2.25% 0.200%
BCA 1.90% 0.250%
MANDIRI 2.45% 0.300%
OCBC NISP 2.90% 0.250%
BTPN 4.00% 0.100%
DANAMON 3.15% 1.000%
PANIN 2.80% 0.100%
HSBC INDONESIA 2.70% 0.030%
Lihat Bank Lain
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 9.95% 9.90% 9.90%
BNI 9.95% 9.95% -
BCA 9.75% 9.90% -
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
BTN 11.00% 11.25% 10.75%
OCBC NISP 10.50% 11.50% 10.20%
BTPN 7.31% 10.56% -
Danamon 10.00% 10.50% 17.00%
CIMB Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
HSBC Indonesia 9.50% 10.25% 10.75%
Lihat Bank Lain
Komentar[31]    
  Syarwani   |   1 Jun 2016
Terima kasih infonya.. Saya ada pertanyaan, kredit dengan jaminan deposito ini apakah bisa meningkatkan reputasi dan histori kredit?
  Anna   |   2 Jun 2016
Reputasi dari histori kredit akan baik bila seseorang bisa membayar cicilan tepat waktu dan mengembalikan pinjaman dengan baik, tak peduli apakah kredit-nya diambil dengan jaminan deposito, rumah, atau lainnya.
  Yadi   |   1 Aug 2016
Apa persaratan untuk meminjam uang dengan jaminan deposito
  Anna   |   1 Aug 2016
Untuk menggunakan deposito sebagai jaminan kredit bank, pertama-tama tentunya Anda harus sudah mempunyai deposito dulu di bank terkait. Selanjutnya, ada syarat umum seperti kartu identitas, mengisi formulir aplikasi, dan sejenisnya. Sedangkan mengenai persyaratan lainnya, setiap bank bisa memiliki peraturan berbeda, sehingga akan lebih baik bila Anda menanyakan langsung ke bank Anda.
  Gianna   |   26 Aug 2016
Bgaimana jika setelah terjadi pengkreditan menggunakan agunan deposit dikemudian hari kredit macet dan kami memilih untuk menutup dengan deposit yang ada kira - kira gimana ya
  Lissa   |   1 Oct 2016
Makasih info na
  Lissa   |   1 Oct 2016
Bgaimana jika setelah terjadi pengkreditan menggunakan agunan deposit dikemudian hari kredit macet dan kami memilih untuk menutup dengan deposit yang ada kira - kira gimana ya
  Anna   |   3 Oct 2016
Tidak bisa. Perlu Anda ketahui bahwa begitu deposito digunakan sebagai agunan kredit, maka deposito tersebut akan dikunci oleh pihak bank (tidak bisa dicairkan) hingga usainya kredit.
  Erny   |   28 Jan 2017
Hi. apakabar.Sy mau tanya bank BRI kira" bisa gak ya untuk jaminan deposito, krna saya pengguna bank BRi Trimakasih
  Anna   |   30 Jan 2017
Hal seperti ini bisa direview per individual oleh bank terkait. Sebaiknya Anda diskusikan langsung dengan petugas bank BRI.
  Dani   |   17 Jul 2017
Apakah bisa menggunakan 1 deposito bank syariah dan meminjam ke beberap bank syariah lain? Mis. Sy baru mengajukan deposito di bulan ini di Bsm dan langsung sy ajukan pinjaman di bsm dan sdh itu di bri syariah dan muamalat..apakah bisa seperti ini?
  Anna   |   17 Jul 2017
Seharusnya tidak bisa. Ketika suatu deposito dipakai sebagai barang jaminan kredit bank, maka slip/sertifikat deposito ditahan. Ini pula sebabnya mengapa dana dalam deposito yang dijadikan jaminan kredit, tidak bisa ditarik maupun ditambah hingga masa kredit usai.
  Neny   |   20 Jul 2017
Kalau deposit nya berjangka 3 bulan, bisa untuk jaminan kredit?
  Anna   |   20 Jul 2017
Sebaiknya, Anda konsultasi langsung dengan bank Anda. Peraturan di setiap bank bisa berbeda-beda. Yang perlu Anda perhatikan, deposit yang dijadikan jaminan akan ditahan oleh bank selama kredit belum selesai.
  Ikhwan   |   24 Jul 2017
Saya mau mengajukan pinjaman ke bank mandiri dengan agunan deposito apakah harus ada ijin usaha karena saya tidak punya PT atau CV?
  Anna   |   24 Jul 2017
Untuk kredit usaha rakyat, agunan bisa didiskusikan belakangan. Sedangkan syaratnya, minimal NPWP. Untuk selengkapnya, dapat Anda simak di situs Bank Mandiri atau langsung saja konsultasi dengan CS di kantor Bank Mandiri terdekat.
  Rudhy   |   12 Feb 2018
Apakah dasar kebijakan dan hukum yang menyatakan bahwa bilyet deposito hanya bisa di jaminkan pada bank pemberi kredit ? Mohon pencerahannya
  Admin   |   13 Feb 2018
Sepengetahuan kami, hal ini biasanya didasarkan pada pertimbangan masing-masing bank, bukan berdasarkan kebijakan hukum tertentu yang berlaku secara nasional. Tidak ada undang-undang yang melarang bila ada bank pemberi kredit yang mau menerima deposito di bank lain sebagai jaminan. Akan tetapi, hal ini tentunya akan melibatkan prosedur antar bank yang berbeda-beda, dan boleh jadi menjadi sulit untuk melaksanakan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit.
  Siswoyo Beni   |   8 Mar 2018
Assalamualaikum wr.wb,,,Saya mau tanya,,saya pengguna deposito buat jaminan kredit,,sekarang saya lg nganggur,,dan saya belum bisa bayar cicilanya ap yang harus saya lakukan y,,??Saya belum bisa bayar ??
  Anna   |   12 Mar 2018
Waalaikumsalam. Sebagaimana aturan jaminan kredit pada umumnya, jika Anda tidak mampu mengembalikan pinjaman, maka jaminan dapat disita. Namun, sebelum itu, apabila Anda mengalami kesulitan dalam membayar cicilan, ada baiknya Anda menghubungi bank terkait, menyampaikan kesulitan keuangan Anda, dan meminta untuk dilakukan penjadwalan ulang atau renegosiasi perjanjian awal.
  Tuti Srimulyati   |   8 Mar 2018
kalau saya punya uang di rekening btn junior dan mau langsung di depositokan di bank tersebut apakah bisa?
  Anna   |   12 Mar 2018
Silahkan ditanyakan pada pegawai bank BTN saja untuk rincian ini. Semua Customer Service tentu akan menanggapi dengan senang hati, tak peduli Anda langsung membuka deposito pada saat itu ataupun tidak.
  Nurjanah   |   25 May 2018
Selamat pagi..saya juga mengajuka pinjamn jaminn deposito skrg setoran saya agak macet..trus gmna apakah deposito saya akan terpotong...+bunganya..atau lngsung cair ke tabungan..trus setoran yg sudah masuk akan terhitung ke hutang atau tidak..mohon keteranganya.
  Admin   |   5 Jun 2018
Apabila deposito digunakan sebagai jaminan kredit bank, maka deposito tersebut akan dikunci oleh pihak bank. Artinya, Anda atau pihak manapun tidak bisa mencairkannya sama sekali selama kredit masih belum terselesaikan. Jika cicilan macet, maka deposito tetap akan dalam status utuh dan terkunci, tidak akan cair ke tabungan atau sejenisnya. Apabila Anda sudah dideklarasikan gagal bayar (kredit macet), baru deposito yang dijadikan jaminan itu akan disita bank, bisa dengan maupun tanpa persetujuan Anda. Namun, untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, lebih baik Anda diskusi langsung dengan petugas bank terkait. Akan lebih baik bila Anda dapat menyelesaikan kredit ini dengan baik-baik, daripada terjadi kredit macet yang mencoreng riwayat kredit Anda.
  Wawan   |   31 Jul 2018

Mohon pencerahannya pak, apa yg menjadi pertimbangan menggunakan kredit dgn jaminan deposito/tabungan selain penalty utk deposito blm jt tempo, krn mnrt sy secara ekonomis akan tetap tdk menguntungkan dibanding menggunakan uang kas yg tdk berbunga, ditambah lg ada biaya provisi dan admin bank. Apakah ada hubungannya dgn penghindaran pajak? Terima kasih.

  Anna   |   1 Aug 2018

Sepengetahuan kami, penggunaan deposito sebagai jaminan kredit tidak ada hubungannya dengan penghindaran pajak. Toh ketika bank membayarkan bunga deposito, nantinya akan otomatis dipotong pajak; tak peduli apakah deposito itu digunakan sebagai jaminan kredit atau tidak. Dalam hal pertimbangan Anda, mungkin Anda membayangkan pinjaman tersebut untuk keperluan konsumtif? Jika konteksnya kredit konsumtif, memang mungkin lebih ekonomis jika deposito diambil langsung saja daripada digunakan sebagai jaminan kredit bank. Namun, jika kita berbicara tentang kredit untuk tujuan produktif, maka perkaranya jadi berbeda.

Apabila dana deposito ditarik begitu saja, maka kita akan kehilangan pendapatan bunga, kena penalti, dan rugi Opportunity Cost; padahal usaha yang didanai belum tentu sukses, dan jika bermasalah maka langsung ada perkara likuiditas dalam waktu singkat karena praktis tidak ada persediaan uang sama sekali. Namun, jika deposito digunakan sebagai jaminan kredit bank, kemudian usaha bermasalah, maka bisa diekspektasikan ada rentang waktu cukup lama untuk memperhitungkan cicilan baliknya (dengan ataupun tanpa penjadwalan ulang), plus tetap ada pendapatan bunga deposito yang akan mengurangi beban bunga kredit. Apalagi, kredit dengan jaminan deposito bisa diproses jauh lebih cepat ketimbang kredit dengan kolateral berbeda.

Ini salah satu contoh skenarionya saja. Setiap orang bisa punya pertimbangan berbeda-beda sesuai dengan situasi masing-masing. Karena, ketika kita memperhitungkan untung-rugi, tidak hanya melihat angka-angka nominal saja, melainkan banyak aspek lain, seperti Opportunity Cost dan likuiditas tadi. Jika berdasarkan situasi Anda saat ini, tidak ekonomis menggunakan deposito sebagai jaminan kredit, maka ya jangan lakukan itu. Namun, orang lain boleh jadi memiliki pertimbangan lain, karena situasi mereka belum tentu sama dengan Anda.

  Ady Mulyana   |   23 Mar 2020
Saya mau tanya bank apa saja yang bisa pinjam pake deposito mksh.
  Anna   |   24 Mar 2020
Sepengetahuan saya, beberapa bank ini dapat memfasilitasinya: BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank DKI, CIMB Niaga, BTN, dan DBS. Mungkin ada yang lain juga.
  Anna.rachel   |   18 Mar 2021

Apakah dana deposito  sebagai jaminan pinjaman bisa d cairkan atau di ambil, sementara pinjaman belum lunas dan apa saja syarat pencairan dana deposito apabila dana terpaksa harus di ambil??

  Yuanita Karim   |   19 Jan 2022

Apakah blacklist di BI bisa hilang?

  Wira Sudibyo   |   19 Jan 2022

Pada kondisi tertentu, apabila tidak menyelesaikan utang yang ada, maka blacklist BI akan terhapus secara otomatis.
Hal ini merupakan bagian dari pembersihan sistem pada BI soal reputasi kredit. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk penghapusan secara otomatis tergolong lama.

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip