Apa Saja Keuntungan Menjadi Investor?

Tomy Zulfikar 15 Jan 2019Dibaca Normal 4 Menit
bisnis>saham>   #investor   #keuntungan
Mulai dari memenuhi kebutuhan hingga jaminan di masa tua, berikut adalah penjelasan lengkap tentang keuntungan menjadi investor.

Dalam literasi keuangan, investor dikenal sebagai orang perorangan atau lembaga, baik domestik atau non-domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya). Kegiatan itu bisa dilakukan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Istilah "investor" sering juga digunakan untuk menyebutkan seseorang yang melakukan pembelian mata uang, komoditi, derivatif, saham perusahaan, properti, ataupun aset lainnya dengan suatu tujuan untuk memperoleh keuntungan, bukan hanya untuk kebutuhan dalam jangka pendek saja.

Keuntungan Menjadi Investor

 

Sejarah Perkembangan Investasi

Membahas tentang investor tidak lepas dengan sejarah perkembangan investasi. Ada tiga gelombang atau periode investasi dalam sejarah perkembangan investasi, yaitu: kolonialisme kuno, imperialisme baru, dan periode tahun 1960-an.

  • Pertama, pada periode kolonialisme kuno, ditandai dengan pendirian perusahaan-perusahaan oleh Spanyol, Belanda, dan Inggris yang mendirikan banyak tambang serta perkebunan di beberapa negara jajahan, di antaranya adalah pada negara-negara Asia pada abad ke-17 hingga ke-18. Mereka merampas dan mengeksploitasi sumber-sumber alam serta kekayaan penduduk jajahan.
  • Kedua, periode imperialisme baru yang dimulai pada abad ke-19. Investasi negara-negara Eropa di beberapa fasilitas perkebunan, jalan-jalan, dan pusat-pusat kota telah menciptakan suatu infrastruktur yang penting bagi negara-negara jajahan.
  • Ketiga, periode tahun 1960-an, dimulai ketika negara-negara sedang berkembang memperkenalkan strategi subtitusi impor sebagai cara yang dianggap tercepat untuk menuju industrilisasi.

Adapun di era modern saat ini, di tengah derasnya kapitalisme, banyak tokoh profesional yang sukses dalam pekerjaannya. Mereka tidak hanya bekerja, melainkan juga mengatur strategi. Orang yang memiliki kapasitas tersebut adalah seorang investor. Seorang investor terbaik mengerti bagaimana caranya membangun keberuntungan dan melipatgandakan uang.

 

Belajar Dari Warren Buffett

Salah satu contoh sebagai investor sukses di dunia ialah Warren Buffett. Pada 1962, Buffett menjadi miliarder karena keuntungannya yang besar dari kemitraannya. Dia kemudian berinvestasi dan mengambil alih perusahaan manufaktur tekstil, Berkshire Hathaway. Ia lalu mengalihkan perhatiannya ke sektor asuransi, tetapi tetap dengan menggunakan nama Berkshire Hathaway.

Buffett yang dikenal sebagai Oracle of Omaha ini mempunyai gelar sebagai investor terbesar di dunia. Selama beberapa dekade panjang keberhasilannya di pasar saham, Buffett identik dengan kesuksesan dalam menjalankan bisnis dan berhasil mendongkrak pasar saham secara luar biasa.

Contoh Investor Sukses: Warren Buffett

Buffet memiliki cara yang sederhana untuk menghimpun dana. Dahulu ia membeli saham Coca-Cola hanya sebesar USD40 atau kurang lebih Rp532 ribu (kurs Rp13.300 per USD). Investasi tersebut terus berkembang; di akhir 2015 lalu, dari USD40 tersebut telah berkembang menjadi USD5 juta atau Rp66.5 miliar. Bahkan pada bulan April 2012, Dewan Direksi Coca-Cola mengusulkan pemecahan saham dengan nilai USD9.8 juta atau sekitar Rp130 miliar. Dengan aksi korporasi tersebut, Buffett mendapat keuntungan senilai USD10.8 juta atau sekitar Rp133 miliar.

Buffett sangat senang berinvestasi sejak dini. Menurutnya, investasi sangat dibutuhkan agar saat tua tidak capek karena kerja terus. Pada masa tua nanti, kita akan merasa lelah karena beban pekerjaan. Jika memasuki masa pensiun, maka pendapatan kita akan menurun. Oleh sebab itu, selama masih muda dan sanggup bekerja, kita seharusnya giat menabung dan gemar berinvestasi.

 

Beragam Keuntungan Menjadi Investor

Investasi memiliki banyak manfaat, di antaranya ialah:

  1. Dapat menghadapi kenaikan biaya hidup yang tak terelakkan dengan lebih baik, yang umumnya disebut sebagai inflasi.
  2. Dapat mencapai tujuan dengan lebih baik pada akhir periode waktu yang ditentukan.
  3. Membuat uang "bekerja" untuk menghasilkan lebih banyak uang, tanpa kita harus bersusah payah
  4. Bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan pokok.
  5. Dapat dimanfaatkan untuk membiayai keperluan keluarga yang lain, seperti membayar biaya sekolah anak dan sejenisnya.
  6. Memenuhi kebutuhan jangka panjang ketika memasuki masa pensiun.

Setelah melihat banyak keuntungan menjadi investor, lalu tunggu apa lagi guys?

 

Kini setelah mengetahui apa saja keuntungan menjadi investor, Anda mungkin tertarik melakukan investasi di dunia saham seperti halnya Warren Buffett. Sebelum membuka akun trading dan melakukan transaksi, ada baiknya Anda belajar dulu memahami 25 Istilah Saham Yang Wajib Diketahui Pemula.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Panda |  5 May 2015
saya sering menggunakan metode scalping. apakah ada management/triknya supaya keuntungan yang sudah saya kumpulkan dalam beberapa kali trading tidak HABIS dalam satu kali stoploss?

Lihat Reply [1]

 Very Kurniawan |  7 May 2019

Apakah bisa keuntungan pada demo di tarik dan bagaimana caranya?

Lihat Reply [1]

 Ozan |  21 Dec 2021

Skill apa yang harus dimiliki oleh Investor pemula yang ingin memulai investasi Saham?

Lihat Reply [1]

 Fico |  25 Feb 2022

Apakah investor jangka panjang justru akan beli saham perusahaan yang dipercaya ketika harganya benar-benar turun?

Lihat Reply [1]

 Dede Hendro |  20 Apr 2022

Bonus bukanlah tujuan trading, namun untuk tambahan penghasilan lebih menguntungkan mana antara bonus broker dan bonus rebate dari IB ya pak? Trims

Lihat Reply [14]

 

Komentar @inbizia

Sampai saat ini, jumlah komoditas itu banyak banget. Puluhan kalau nggak salah. Mulai dari minyak, kokoa, kopi, dll. Komoditas punya jam kantor yang lebih lama sehingga jam trading pun semaking banyak. Investor juga bisa terjun ke pasar global, sama kayak forex. Komoditas sifatnya juga musiman, tapi biasanya rutin, jadi mudah diprediksi. Itu sih yang aku suka dari trading komoditas.
 Tirta Maya |  4 Jan 2021
Halaman: Keistimewaan Broker Yang Menyediakan Trading Selain Forex
Berikut beberapa tips, semoga bisa membantu :
- Hedging bukanlah teknik trading (investasi) yang cocok untuk pemula. Trader dan investor yang melakukan hedging harus mengenali beragam jenis risiko pasar, serta mampu menganalisis teknikal dan fundamental secara jelas.
- Trader forex yang berminat untuk melakukan hedging sebaiknya memiliki tabel korelasi mata uang (forex correlation table). Hal ini penting agar trader bisa memastikan beberapa mata uang yang di-hedging benar-benar sedang memiliki korelasi kuat. Tabel seperti ini sudah disediakan oleh banyak pihak secara gratis di internet.
- Trader dan investor sebaiknya melakukan hedging sebagai bagian dari rencana trading, bukan karena reaksi spontan terhadap kondisi pasar. Hal ini penting sekali karena kita perlu memperhitungkan risiko hedging secara matang sebelum open posisi. Jika tidak diperhitungkan, kerugian bisa berlipat ganda dan memakan habis semua modal kita.
- Trader dan investor yang ingin melakukan hedging perlu melakukan simulasi dulu pada akun demo sebelum menerapkan strategi pada akun riil. Dengan berlatih, kita bisa mengetahui bagaimana merencanakan hedging dengan baik dan benar-benar meminimalkan risiko (bukannya malah rugi makin banyak).
 Pratama |  21 Jun 2021
Halaman: Apa Itu Hedging
- Tipe Konservatif
investor pemula yang baru saja tertarik untuk melakukan investasi. Investor tipe ini cenderung memilih jenis investasi yang stabil, berisiko rendah atau bahkan tidak ada risiko sama sekali.
Untuk memaksimalkan keuntungan, investor jenis ini harus memiliki tujuan investasi jangka panjang karena nilai yang didapat dalam jangka pendek tidaklah banyak. Jenis instrumen investasi yang sesuai dengan investor tipe konservatif adalah tabungan, deposito, dan reksadana pasar uang. - Tipe Moderat
investor yang termasuk dalam profil risiko moderat atau sedang memiliki karakteristik yang siap menerima fluktuasi jangka pendek dengan potensi keuntungan lebih tinggi dari tingkat inflasi dan deposito. Biasanya, para investor sudah mengetahui tentang pola dari investasi yang digunakan. Instrumen investasi yang cocok untuk investor tipe moderat adalah reksadana campuran. - Tipe Agresif
investor yang siap untuk kaya dan menanggung risiko yang besar. Investor jenis ini siap kehilangan sebagian besar atau seluruh dana investasinya demi mendapatkan keuntungan investasi yang besar.
Jenis instrumen yang cocok untuk investor tipe agresif adalah reksadana saham di mana di dalamnya termasuk trading saham, forex, index, juga komoditas. Investor tipe agresif juga berani untuk menginvestasikan dananya ke dunia bisnis dan properti.
 Arman |  30 Jun 2021
Halaman: Apa Yang Dimaksud Volatilitas Harga Valas
Kalau siap berinvestasi di manapun, ya harus siap dengan resikonya; yang penting memahami risk profile pribadi sehngga bisa mengambil keputusan investasi yang dirasa aman & nyaman. Dalam ketidakpastian, ikuti aja nasehat bijak & sejati bagi para investor, Invest only at your comfort level.
 Tonny Soetjoadi |  31 Aug 2021
Halaman: Review Net Robot Trading Top Atau Penipuan
membaca paparan prosedur pendaftaran hingga pembeli robot/klien mulai trading dg robot dugaan saya: 1. bisa jadi SMI itu Introducing Broker (IB) dari broker yg disebut itu (mendapat keuntungan dari referal) 2. bisa jadi memang bikin robot MT4 atau beli robot dari pihak lain yg harganya jauh lbh murah dari harga jualan SMI. kalau e-book sih hanya soal mengelabuhi hukum saja (mendapat keuntungan dari jual-beli robot) 3. bisa jadi dia kerjasama dengan exchanger utk deposit uang dari klien ke rekening broker tertentu itu, untuk transaksi  deposit dan withdrawal (mendapat untung dari komisi spread nilai tukar) 4. sangat mungkin yg terjadi sebetulnya sistem copytrading, tidak melalui broker tempat klien terdaftar, tapi melalui platform lain seperti zulutrade, misalnya. (semakin banyak orang yang mengkopi, semakin banyak menarik perhatian trader di luar klien yang mencari master trader di zulutrade. keuntungan komisi tambahan dari luar klien) 5. sistem MLM dipakai (kalo bukan moneygame) untuk mengefisiensikan pemasaran. 

Kesimpulan sementara: sumber keuntungan SMI dari berbagai  cara di atas. Bayangkan jika robotnya memang hebat. 1 akun milik SMI dikopi 100.000 klien dengan komisi 50:50. 1 bulan untung 10% + (10%x100.000:50). misal untung $50 per bulan, komisi yang dia dapat dari klien $100.000. Tertipukah klien? selama bukan moneygame, klien tidak akan tertipu karen dia juga dapat profit,. sayangnya jumlahnya tidak seberapa dibanding dengan yang didapat SMI. jauuuuhh. tapi kalau sudah hepi dengan hasil segitu ya ndak apa-apa. tidak rugi, tapi dimanfaatkan habis-habisan tanpa terasa.
 Efixsu |  30 Sep 2021
Halaman: Review Net Robot Trading Top Atau Penipuan
Kasus penipuan kripto ini emg meresahkan. Apalagi skrg dah bnyk bngt influenser2 dan artis2 yang ngikut, terus kabur ninggal investornya yg nyangkut. Katanya rug pull ta apalag itu.. Cara bedain penipuan ama rug pull gmn ye? Apa kedua hal tsb sama? Thx.
 Yeyen |  4 Apr 2022
Halaman: Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
Komentar[3]    
  Panggil Saja Mawar   |   15 Jan 2019

Wah artikelnya sangat menginspirasi ya, jadi bersemangat jadi investor !!!!

  Munari   |   27 Jul 2021

Apa kekurangan menjadi investor?

  Kamila   |   27 Jul 2021

Klik link ini untuk info resiko yang bisa terjadi saat berinvestasi

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip