Berencana Menikah? Ini 7 Pertanyaan Finansial Untuk Calon Pasanganmu

Febrian Surya 22 Jan 2020 507
Dibaca Normal 5 Menit

Memiliki rencana menikah dalam waktu dekat? Kamu perlu menanyakan 7 pertanyaan finansial berikut ini ke calon suamimu.

Masa pacaran bersama calon pasangan mungkin menjadi momen terindah bagi kebanyakan orang, di mana saat masa pacaran inilah kamu mulai mengenal lebih jauh karakter dan sifat asli dari calon pasanganmu tersebut.

Obrolan kecil seputar masa depan kamu dan pasangan pasti menjadi hal menarik. Saat itu, kamu maupun calon pasanganmu pasti sama-sama memiliki komitmen untuk segera berumah tangga di kemudian hari.

persiapan pernikahan

Jika kamu dan pasanganmu sudah serius untuk segera melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat ini, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan finansial kepada calon pasanganmu. Lebih cepat, lebih baik. Mengapa? Salah satunya, karena kamu akan disibukan dan harus mengurus sewa gedung dan serba-serbi lainnya dalam acara pernikahan, yang tentunya memerlukan modal tidak kecil.

Selain itu, pernikahan akan mengubah kehidupanmu secara finansial. Di mana, kamu bukan lagi berstatus seorang diri lagi, melainkan kamu akan hidup bersama-sama dengan pasanganmu dalam suka dan duka. Tak terkecuali urusan tujuan finansial bersama. Berikut 7 pertanyaan finansial yang perlu kamu tanyakan kepada calon pasanganmu sebelum menikah:

Selain penjelasan pada video di atas, uraian lebih detail mengenai pertanyaan-pertanyaan sebelum menikah yang kamu wajib tahu tersedia pula bawah ini:

 

1. Berapa Tanggunganmu Setiap Bulan?

Pertanyaan finansial ini bisa kamu tanyakan kepada pasanganmu sebelum menikah. Tujuannya, untuk mengetahui berapa besaran uang atau tanggungan yang dibebankan kepada calon pasanganmu.

Biasanya, hal ini dikarenakan masih memiliki adik yang masih bersekolah atau orang tua yang sudah pensiun kerja. Hal-hal yang berhubungan dengan finansial ini perlu diketahui agar kamu dan pasanganmu bisa membagi pos keuangan untuk biaya pernikahan dan juga untuk masa depan kelak.

 

2. Apa Prospek Karir Jangka Panjangmu?

Kamu boleh menanyakan ini kepada calon pasanganmu. Misalkan dalam lima tahun ke depan, ia ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 untuk mendapatkan kenaikan jabatan. Berarti, kamu dan calon pasanganmu perlu melakukan kalkulasi, berapa uang yang diperlukan untuk biaya pendidikan tersebut.

 

3. Kapan Kamu Mau Pensiun Kerja?

Di Indonesia, usia pensiun kerja memasuki umur di atas 55 tahun. Anggaplah saat ini kamu dan calon pasanganmu masih berusia 25 tahun. Jadi, kamu masih memiliki waktu hingga 20 tahun ke depan untuk memilih ingin pensiun dini atau tidak. Jika sudah pensiun apa yang akan kamu lakukan bersama calon pasanganmu.

Ini sebuah pertanyaan yang perlu kamu tanyakan kepada calon pasanganmu terkait di usia berapa ia ingin pensiun kerja dan setelah pensiun kerja ingin melakukan hal apa.

 

4. Apa Yang Menjadi Prioritas Utama di Hidupmu?

Prioritas memang berhubungan erat dengan tujuan finansialmu. Coba kamu tanyakan kepada calon pasanganmu perihal hal ini. Karena, memiliki visi dan tujuan finansial bersama lebih penting dibanding dengan kebutuhan pribadi semata. Itulah mengapa kamu disebut sebuah keluarga. Sebab, keputusan finansial yang kamu pilih akan berimbas kepada hal-hal lainnya. Jangan sampai ya hal itu terjadi kepada kamu dan calon pasanganmu.

persiapan biaya nikah(Baca Juga: Cara Menyiapkan Dana Darurat)

 

5. Apakah Kamu Sudah Memiliki Anak Sebelumnya?

Mungkin pertanyaan ini terdengar kurang baik di telinga kamu. Namun, hal ini perlu kamu pastikan sebelum kamu menikah dengan calon pasanganmu nanti. Jika memang calon pasanganmu sudah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya, maka itu berarti ia masih memiliki tanggungan atau tanggung jawab terkait keuangan anak-anaknya. 

 

6. Siapa Yang Akan Membayar Biaya Pernikahan?

Acara pernikahan memang bisa dibuat sesederhana mungkin, yang disesuaikan dengan anggaran dari masing-masing keluarga penggantin. Namun, siapa yang akan membayar biaya pernikahan, tetap perlu ditanyakan oleh kamu kepada calon pasanganmu.

persiapan pernikahan

Biasanya, biaya pernikahan bisa dibagi rata antara dua keluarga pengantin, baik itu pria dan wanita. Namun, tak jarang juga ada salah satu keluarga pengantin yang membayar lebih untuk biaya pernikahan yang dilangsungkan.

 

7. Siapakah Yang Akan Merawat Anak Secara Full Time?

Merawat anak yang masih kecil memang membutuhkan perhatian ekstra. Inilah mengapa pertanyaan ini perlu ditanyakan kepada calon pasanganmu. Umumnya, pihak perempuan sebagai ibu yang akan merawat dan menjaga anak secara penuh waktu. Tak jarang, dari mereka memilih untuk berhenti bekerja karena sibuk mengurusi sang buah hati. Jika demikian, itu berarti sumber penghasilan keluargamu akan berkurang. Hal ini tentunya perlu menjadi pertimbangan khusus. 

 

Semakin Terbuka Dengan Pasangan, Semakin Baik

Itulah 7 pertanyaan finansial yang bisa kamu tanyakan kepada calon pasanganmu sebelum kamu memutuskan ingin menjalin hubungan lebih serius melalui pernikahan. Dalam hal ini, dibutuhkan dari masing-masing pasangan keterbukaan terkait masalah finansial yang sedang dihadapi. Karena pilihan berumah tangga bukanlah suatu keputusan yang diambil secara sepihak saja, melainkan melibatkan banyak orang seperti masing-masing pasangan, orang tua dan sebagainya.

Keputusan menikah juga merupakan tujuan finansial bersama dalam jangka panjang. Oleh karena itu, dibutuhkan saling bahu-membahu satu sama lain untuk mencapai tujuan finansial bersamamu tersebut.

Kirim Komentar/Reply Baru

Forum

Dian Natha (27 Oct 2016)

permisi admin, saya ada pertanyaan, apakah pair EUR/USD akan selalu mengalami kondisi sideways pada saat pagi hari waktu WIB atau pada saat market tutup? kalau iya, pada jam berapa saja biasa market mulai mengalami sideways dan sampai jam berapa? kalau tidak, kapan sih tren sideways bisa terjadi? apa yg mempengaruhinya?...

Selengkapnya

Kalkulator KPR
Tips,Trik Dan Indikator Scalping Yang Jitu

Master, Saya penggemar Scalping. Minta Tips dan trikknya dong; Indikator apa yg jitu buat dapet 5-7 point trus close dan open lagi... Sebelumnya makasih master

Miftahul 8 Mar 2012

Reply:

Basir (08 Mar 2012 10:29)

Scalper adalah istilah bagi trader yang cenderung mengumpulkan sejumlah kecil profit (skala 5 – 10 Pips) dengan menggunakan strategi open & close posisi secara cepat dan berulang-ulang setiap harinya, atau biasa juga disebut dengan strategi/teknik scalping. Berbeda dengan seorang day trader yang mungkin hanya membuat dua sampai empat kali open posisi setiap harinya, seorang scalper biasanya melakukan open posisi hingga puluhan kali setiap harinya demi pencapaian target profit yang telah ditentukan.

Scalping tidaklah bisa dilakukan oleh sembarang trader. Seorang scalper butuh untuk terus duduk di depan komputer dan mereka harus dapat “menikmati” tekanan yang diakibatkan oleh pergerakan chart. Seorang scalper butuh untuk berkonsentrasi dalam mengamati sekecil apapun pergerakan chart. Dibutuhkan mental kuat & reaksi yang cepat agar mampu membuka dan menutup posisi ketika trade yang dilakukan bergerak sesuai keinginan ataupun berlawanan.

Trik dan hal Hal yang perlu dipersiapkan bagi para bonek scalping diantaranya :

1. Pilih Broker Yang secara Full  Memperbolehkan untuk Scalping.Ada broker yang membatasi bahkan melarang penggunaan teknik ini. anda bisa pilih dan lihat di sini

2. Kecepatan Eksekusi Trading Platform. Karena kecepatan dalam eksekusi ini nantinya akan menentukan apakah posisi anda masuk atau tidak (re-quote). Untuk itu anda perlu melakukan test melalui demo account terlebih dahulu bila anda belum familiar dengan broker tersebut.

3. Pilih mata uang dengan spread kecil. memilih mata uang yang berspread kecil akan ikut membantu anda melakukan eksekusi profit. hindari broker yang menerapkan komisi

4. memilih broker yang menggunakan harga 5 digit. walau tidak harus, tapi cukup bisa di pertimbangkan karena akan membantuk eksekusi profit anda

5. Koneksi Internet yang cukup. Dalam usaha melakuan trade yang berulang-ulang, maka anda harus memastikan bahwa kondisi internet anda kuat dan stabil. Ketika internet anda mengalami gangguan, anda juga harus tahu apa yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya.

6. Aliran listrik yang mendukung. bagaimana jika tiba tiba listrik mati ketikan anda open dan belum di close ?  hal ini perlu dipertimbangkan juga. Apa perlu memakai power suplay ? apa perlu Stop Loss ? silahkan di persiapkan

7. Gunakan 2-3 chart  .Menggunakan chart pada time frame 15/ 30 menit untuk memperkirakan pergerakan trend dan menggunakan time frame 5 menit untuk melakukan open atau close posisi.

8. Pilih waktu yang tepat. Pasar asia cocok untuk para scalper. tapiada juga scalper yang  mengincar waktu untuk scalping yaitu menjelang dibukanya market Eropa ( sekitar pukul 12:00 s/d 15:00 WIB ) dan Amerika ( sekitar pukul 20:00 s/d 22:00 WIB ). Pada jam-jam tersebut volume trading yang terjadi di forex market cukuplah besar. dan yang menjadi catatan setiap pergantian pasar sering terjadi pergerakan harga yang cukup ekstrim juga.

9. hindari rilis data high Impact kecuali jika anda ingin memasang teknik sistem perangkap dengan mengambil 5-7 pips.

sementara Teknik Scalping Terbaik yang banyak di jumpai  jumpai saat ini adalah dengan menggunakan minimal 3 indikator, bahkan ada yang menggunakan hingga 7-10 indikator

Teknik Scalping bisa menjadi sesuatu strategi trading yang menyenangkan, namun juga bisa membuat stress dan kelelahan. Buatlah target profit harian yang harus anda capai, jangan terjebak untuk trading berlebihan. Saat trading Anda mengalami loss saat menggunakan teknik scalping, janganlah sekali-sekali berpikiran untuk membalas dendam kerugian yang anda alami saat itu juga. Masih ada hari esok dimana anda bisa trading kembali menggunakan teknik scalping.

Secara perlahan mungkin anda akan menemukan apakah anda cocok sebagai seorang day trader ataupun swing trader sebagai akibat dari kepercayaan diri dan segala pengalaman yang anda dapatkan selama menggunakan teknik scalping.

Untuk sistem dan indikator yang digunakan, Anda bisa coba coba dengan teknik yang ada di
Belajar sistem Trading ( klik )

Thakns

Mayang (07 Aug 2015 16:50)

Admin pernahkah mencoba scalping dengan rengko chart? Bisa minta tolong bantuan dan penjelasannya tentan sistem trading ini. Saya coba baca2 tapi ga paham-paham. trims

Admin (07 Aug 2015 16:58)

@Mayang

Hai mayang. Apakah yang Anda maksud itu Renko Chart? Yang bentuk candlenya seperti gambar di bawah ini?

 

renko-chart-1

Mayang (08 Aug 2015 17:01)

iya min. mirip seperti itu bentuknya. Tapi teman saya warnanya beragam, tidak hanyah hijau putih seperti itu.

maaf salah penyebutannya kemarin. bisa minta tolong dijelaskan cara penggunaan renko chart untuk scalping?

Admin (09 Aug 2015 17:03)

@Mayang

hai Mayang. Dalam penggunaannya, Renko Chart bisa digunakan dalam berbagai jenis trading (tidak hanya scalping saja loh).

Sistem tradingnya simple, pasang 2 buah moving average (yang satu bersifat Fast Moving Average, satunya bersifat Slow Moving Average) sebagai penanda deteksi trend, dan Candle Renko Chart sebagai dasar buka posisi.

Buka time frame 1 menit.

Jika MA sudah crossing ke atas, dan candle berwarna biru, maka buy.

Jika MA sudah crossing ke bawah dan candle berwarna merah, maka sell.

Perhatikan contoh di bawah ini. Tanda kuning merupakan sinyal yang muncul untuk peluang Sell

 

renko-chart-2

Ahmad Dhani (06 Aug 2018 17:12)

Apakah scalping dengan indikator renko ini menguntungkan pak?

Admin (07 Aug 2018 17:14)

@Ahmad Dhani

Jika ditanya menguntungkan atau tidak, selama Anda disiplin dan taat pada sistem tradingnya, tentu saja pasti menguntungkan.

Singkatnya begini scalping dengan Renko Chart, Kelebihan utama dari sistem yang menggunakan Renko adalah saat terjadi false signal, kerugian yang akan dialami cenderung lebih kecil. Namun ketika analisa benar, maka profit yang didapat lebih besar.

 

renko-chart-3

 

Mengenai Winning Rate-nya sendiri kami dari tim SF belum pernah menghitung dan melakukan backtest.

Erik T (19 Jun 2019 01:16)

Untuk Miftahul,

Silahkan baca : Pilihan Indikator Forex Untuk Scalping Terpopuler.

Semoga bisa membantu.

Jujun Kurniawan 682
Bisnis 
Febrian Surya 928
Emas