Penjualan Alat Berat Komatsu PT United Tractors Tbk (UNTR) mengalami penurunan 8.4% secara year-on-year (yoy). , 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG turun di awal perdagangan hari ini sebesar 0.24% ke 7,263, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Carsurin Tbk. (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) mengumumkan penandatanganan Strategic Alliance Agreement (SAA) untuk pendirian dan operasional fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan emiten kelapa sawit PT Pulau Subur Tbk. (PTSP) pada perdagangan hari ini, usai harga sahamnya melonjak hingga ratusan persen, 4 jam lalu, #Saham Indonesia
Selengkapnya

Empat Pertimbangan Sebelum Mengambil Kredit Usaha

Anna 5 Feb 2014
Dibaca Normal 5 Menit
bisnis > kredit >   #kredit
Kredit usaha sudah menjadi satu bagian dengan dunia bisnis karena sangat sulit apabila menjalankan usaha tanpa mengambil kredit. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan lebih dulu.

Saat ini, sulit rasanya untuk menjalankah suatu usaha tanpa mengambil kredit, apapun jenis usaha kita. Kontraktor, sebelum pembayaran lunas, perlu mengupayakan biaya operasional terlebih dahulu. Pedagang, sebelum barang terjual tuntas, perlu membayar supplier dulu. Petani, sebelum mulai tanam, perlu dana untuk membeli benih, pupuk, pembasmi hama, dan seribu satu keperluan lainnya.

Kekurangan uang tunai bisa mengakibatkan kegiatan usaha terhambat. Oleh karena itu, kredit usaha telah menjadi bagian integral yang sulit dipisahkan dalam bisnis. Pertanyaanya, bagaimana kita memilih kredit usaha yang tepat? Pemilihan kredit usaha akan berpengaruh terhadap cashflow kita, jadi Anda harus mempertimbangkan plus-minusnya dengan seksama.

Pertimbangan Sebelum Mengambil Kredit Usaha

Seberapa Besar Skala Usaha Anda?

Secara umum, kredit usaha terbagi menjadi tiga, yaitu kredit mikro, ritel, dan korporasi. Penggolongan kredit ini tergantung pada besaran skala usaha Anda dan besaran pinjaman kredit Anda. Kredit mikro umumnya diambil oleh mereka yang membutuhkan modal kecil seperti petani dan pedagang pasar. Kredit ritel setingkat di atas kredit mikro, dan umumnya diambil oleh pengusaha UMKM. Sedangkan kredit korporasi diperuntukkan bagi perusahaan berskala besar. Bunga untuk masing-masing kelompok berbeda tergantung kebijakan bank.

Penggolongan kredit ini biasanya sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Plafon (batas atas) kredit mikro di bank besar nasional, misalnya, biasanya lebih rendah dibanding plafon kredit dari golongan yang sama di bank daerah atau BPR. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk mengambil kredit dari suatu bank, ada baiknya Anda menanyakan plafon kredit dan besaran bunga kredit di lembaga keuangan yang berbeda.

 

Apa Jenis Usaha Anda?

Berdasarkan cara pembayaran bunga dan pokok kredit, kredit usaha ada dua tipe, yaitu pinjaman biasa dan pinjaman rekening koran (r/k). Dalam pinjaman biasa, dana dari bank akan diberikan langsung kepada Anda untuk dipergunakan sesuai kebutuhan. Selanjutnya, Anda perlu melakukan angsuran rutin bunga dan pokok secara berkala (biasanya tiap bulan).

Tipe pinjaman biasa cocok bagi Anda yang memiliki usaha dengan cashflow (arus kas) rutin, seperti toko atau produksi barang kerajinan. Cashflow rutin memungkinkan Anda untuk merencanakan pembayaran angsuran kredit dengan lebih leluasa.

pinjaman biasa dan pinjaman rekening koran

Di sisi lain, pinjaman rekening koran diberikan oleh bank dalam bentuk rekening koran, biasanya giro. Anda bisa menarik dari rekening tersebut untuk kebutuhan usaha Anda dengan cek/bilyet giro. Pembayaran rutin yang harus Anda lakukan hanyalah bunga kredit dari besaran dana yang sudah Anda tarik dari rekening tersebut, sedangkan pokok kredit hanya perlu Anda bayar setahun sekali atau di akhir masa kredit.

Tipe pinjaman rekening koran cocok bagi usaha dengan cashflow tidak teratur seperti konstruksi. Penarikan dana dari rekening bisa dilakukan hanya ketika Anda membutuhkan, dan pembayarannya pun bisa disesuaikan dengan saat dana masuk.

 

Seberapa Besar Kredit Yang Anda Butuhkan?

Hal nomor satu yang perlu Anda ingat adalah untuk tidak meminjam lebih dari yang Anda butuhkan. Anda harus membayar bunga untuk setiap rupiah yang Anda pinjam lewat kredit usaha, sehingga alangkah mubazirnya jika ada kelebihan yang akhirnya tak digunakan untuk keperluan penting. Tentukan besaran yang cukup, lalu ajukan ke Bank, BPR, atau koperasi/BMT.

Kadang-kadang, jika Anda memiliki usaha berprospek bagus, Anda akan ditawari lebih banyak pinjaman dari yang Anda minta di awal. Misalnya, Anda mengajukan pinjaman mikro 50 juta, tapi kemudian Anda ditawari kredit 100 juta. Sepintas, itu mungkin kelihatan seperti rezeki dari langit, tapi ingat bahwa 100 juta itu hanya pinjaman yang kelak harus Anda kembalikan plus bunga. Perhitungkan baik-baik, antara kredit 50 juta dan 100 juta, mana yang lebih efektif dan efisien bagi usaha Anda, serta apakah Anda akan bisa melunasi angsurannya hingga akhir. Pada akhirnya, pilihan ada di tangan Anda.

 

Bunga Kredit atau Bagi Hasil?

Selain kredit usaha yang ditawarkan bank umum dan BPR, sekarang sudah banyak juga ditawarkan kredit oleh bank Syariah dan BPRS dengan istilah 'pembiayaan bagi hasil'. Anda yang berkeinginan untuk mentaati perintah agama dengan sungguh-sungguh mungkin akan lebih menyukai pembiayaan bagi hasil daripada kredit berbunga. Tetapi bukan tidak mungkin juga Anda memilih pembiayaan bagi hasil walau Anda tidak terlalu religius, karena skema perjanjian kredit dan pembiayaan berbeda.

Jika Anda mengambil kredit, maka Anda harus membayar 'bunga kredit' di luar pokok pinjaman. Sedangkan jika Anda mengambil pembiayaan, maka Anda harus membayar 'bagi hasil' selain pokok pinjaman.

Bunga ditetapkan dalam persentase tertentu dari pinjaman pokok, tetapi bagi hasil ditentukan dalam proporsi tertentu dari keuntungan hasil usaha.

Misalkan perjanjian mengatakan pembagian bagi hasil Anda dan pihak Bank adalah 60:40, maka ketika Anda mendapatkan laba 1,000,000, Anda harus memberikan 400,000 kepada Bank. Tata cara bagi hasil dan penghitungannya disepakati di awal kontrak antara Anda dengan pihak Bank, jadi sebelum menandatangani perjanjian, pastikan bahwa Anda memahaminya dengan jelas dan tidak keberatan dengan poin-poin yang dipersyaratkan. Perbedaan antara bunga kredit dan bagi hasil ini cukup signifikan dan akan mempengaruhi pembukuan Anda.

Terkait Lainnya
 
Penjualan Alat Berat Komatsu PT United Tractors Tbk (UNTR) mengalami penurunan 8.4% secara year-on-year (yoy). , 3 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG turun di awal perdagangan hari ini sebesar 0.24% ke 7,263, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Carsurin Tbk. (CRSN) dan National Battery Research Institute (NBRI) mengumumkan penandatanganan Strategic Alliance Agreement (SAA) untuk pendirian dan operasional fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan emiten kelapa sawit PT Pulau Subur Tbk. (PTSP) pada perdagangan hari ini, usai harga sahamnya melonjak hingga ratusan persen, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Menurut analis ING, GBP/USD berpotensi menguji level terendah 14 Februari di kisaran harga 1.2530, 21 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas turun dari Level tertinggi lebih dari dua pekan di tengah kenaikan dolar AS, 23 jam lalu, #Emas Teknikal

EUR/GBP menguat mendekati level 0.8540 menjelang pidato ECB Lagarde, 23 jam lalu, #Forex Teknikal

USD/CAD mencoba memantul dari level 1.3500 karena penguatan dolar As dan penurunan harga minyak, 23 jam lalu, #Forex Teknikal

Setelah ditutup di bawah harga pembukaan minggu lalu, Indeks Dolar membentuk Pin Bar bullish, 1 hari, #Forex Teknikal

Momentum bullish Dolar masih bertahan dalam jangka pendek karena turunnya ekspektasi pasar terhadap prospek pemotongan suku bunga The Fed, 1 hari, #Forex Fundamental

Resistance AUD/USD berada di sekitar 0.6590. Penolakan dari level tersebut akan memicu pergerakan bearish, 1 hari, #Forex Teknikal

USD/JPY membentuk support di harga 149.70, dan berpotensi menguat lagi karena Yen masih relatif melemah, 1 hari, #Forex Teknikal

Sejumlah rilis data penting AS yang akan mempengaruhi EUR/USD akan dirilis pada hari Selasa-Kamis pekan ini, 1 hari, #Forex Fundamental

Laporan Consumer Confidence dijadwalkan terbit pada hari Selasa, GDP AS pada hari Rabu, dan Inflasi PCE pada hari Kamis, 1 hari, #Forex Fundamental

Para pelaku pasar meyakini jika koreksi bearish EUR/USD tidak akan melampaui level 1.08000, 1 hari, #Forex Teknikal

Reli Bitcoin tertahan dalam kisaran sideways setelah menembus level kunci $50,000, 1 hari, #Kripto Teknikal

BTC/USD masih berusaha menembus resistance $52,000 untuk mengkonfirmasi kenaikan lebih lanjut, 1 hari, #Kripto Teknikal

Kapitalisasi pasar Bitcoin kembali melesat di atas $1 triliun, namun dominasinya terhadap Altcoin turun ke 48.6%, 1 hari, #Kripto Fundamental

Ethereum sukses menembus $3000, level yang terakhir kali tercapai pada April 2022 lalu, 1 hari, #Kripto Teknikal

Solana menjadi salah satu Altcoin yang berbias positif setelah berhasil mempertahankan posisi di atas $100, 1 hari, #Kripto Teknikal

Saham emiten produsen beras, PT Wahana Inti Makmur Tbk. (NASI) dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) terpantau tengah melejit seiring dengan kenaikan harga beras, 1 hari, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) -3.23%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -2.27%, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) -1.86%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG turun di awal perdagangan hari ini, sebesar 0,47% ke 7,261, 1 hari, #Saham Indonesia

Industri semen tanah air mencatat kinerja positif di awal tahun 2024. Volume penjualan semen nasional sepanjang Januari 2024 mencapai 5.06 juta ton, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Maaf, gue agak bingung dah dngn pertanyaan agan. Tpi yg gue tangkap yaa, mngkn maksud pertanyaan agan adalah apakah bisa mengganti syarat upload KTP dengan yang lainnya ya? Untuk KTP itu adalah syarat mutlak. Krna memuat NIK agan, sehingga bisa dicek status kependudukan juga. Dan ini syarat mutlak yg ditentukan oleh BAPPEBTI. Mengenai data alamat, itu bisa menggunakan dokumen lain asalkan alamat nya sama. Misalkan klu tagihan listrik agan hilang, maka tagihan kartu kredit bisa digunakan. Pokoknya intinya utk identitas itu klo ga salah wajib harus pake KTP ato utk orang luar itu make nya KIPEM.
 Yusuf |  10 Jul 2023
Halaman: Cara Verifikasi Akun Trading Di Broker Maxco
Bntu jawab. Utk syarat2 mahh kyak biasa sihh, harus ada KTP, NPWP ama bukti alamat. Dan jelas lahh klo sampai ada NPWP berarti minimal umur yg diperbolehkan utk trading adalah di umur 18 tahun. Dibawah itu, ya ga bsa buka akun live gan, tetapi klo utk akun demo itu bisa banget kok. Jd bsa bagnet latian dlu sambil nggu legal age 18 tahun utk buka akun live. Mengenai alamat, biasanya kita harus menyertakan bukti alamat seperti taguihan listrik, tagihan kartu kredit maupun tagihan air utk buktiin alamat kita itu real. Oh iya, jngn lupa perlu rekening tabungan yaa agar bsa melkukan withdrawal nantinya. Selengkapnya buka akun di GKInvest baca di : Cara Buka Akun Di Broker GKInvest
 Larson |  14 Jul 2023
Halaman: Tips Memilih Akun Trading Terbaik Di Gkinvest
Mau tnya ajaa, apakah withdraw di GKinvest itu cepat? Soalnya gini, biasanya kan klo broker2 luar itu sring bngt nawarin withdraw dngn berbagai mcm opsi, kyk e-payment dan kartu kredit yg dikenal prosesnya cepat banget dibandingkan dngn transfer bank. Sedangkan di GKinvest, utk opsi pembayrannya cma ada bank transfer aja. Jdi ini menjadi pertanyaan aja, apakah beneran transfer di GKinvest itu cukup cepat mengingat opsi yg ada cma ada transfer bank Kmudian perihal withdraw sndiri, ada ga pengalaman penarikan uang dngn broker GKInvest? Klu ada bsa di share ga kira2 kecepatan sampainya uang dri saldo ke akun bank kita? Terima ksh sblmnyaa
 Ferry Ardian |  14 Jul 2023
Halaman: Cara Deposit Dan Withdrawal Di Broker Gkinvest
Seharusnya ga ada kak. BI Checking kan dilakukan untuk mengecek apakah skor kredit kakak layak ato ga utk mendapatkan pinjaman. Klu urusan broker kan adalah trading dmana broker ga meminjamkan uang ke kakak, dan dana yg kakak pake kan 100% dari kakak. Cuma gini, terkadang broker ada juga yg melakukan BI Checking klu emang dirasa perlu. Misalkan aja utk mnyelidiki keuangan kakak apakah layak utk melakukan trading ato ga, krna sepengalaman aku, ketika proses KYC melalui telepon, emang di tanya kondisi keuangan kita secara singkat, misalkan kakak usaha apa terus dipastikan uang utk trading itu berasal dari uang dingin ato uang yg ga kepake. Tpi secara umum, setau aku, BI Checking itu ga perlu dilakukan sihh ama broker meski broker bsa melaukannya krna ada data diri kakak di mereka.
 Ardianto |  1 Aug 2023
Halaman: Trading Anda Bermasalah Di Mifx Ikuti Panduan Ini
Ririn: gw ijin ksh pndpat terkait hukum ttg membeli emas dg cara dicicil yee pertama gw jelasin dl tentang hukum jual beli emas dlm Islam, terkait hal itu ada pendapat dr Madzhab Maliki dan Syafi’i, kedua madzhab tsb menyebutkan bhwa pertukuran antara mt uang dan emas dg cara dicicil tdk termasuk riba jual beli krna emas mrpkan komoditas dan bkn alat pembayaran. Jd klo tdk trmasuk riba hukumnya tdk haram. kemudian ada hadist yg menyebut jual beli emas diperbolehkan, yaitu dari Ubadah bin ash-Shamit:
“(Jual beli) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, syair dengan syair, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam (dengan syarat) sama dan sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai.” (HR Muslim). nah bagaimana jika cara membelinya dg dicicil atau scr angsuran? Emas jg boleh jualbelikan dg cicilan atau angsuran dan juga margin, hal ini dlm dunia perbankan syariah dsbut dg skema murabahah. Bahkan Jual-beli dg cr kredit pun jg dibolehkan hal itu tertuang melalui kptusan lembaga Fiqih Islam Organisasi Konferensi Islam Nomor 51 (2/6)[1] dalam pertemuan VI pada 20 Maret 1990 di Jeddah tentang jual beli kredit. Konferensi tersebut menghasilkan keputusan bahwa harga dalam jual tidak tunai itu boleh lebih besar dari harga jual tunai (majalah lembaga Fiqih Islam edisi VI, juz 1, hlm 193).
 Surya |  3 Oct 2023
Halaman: Bagaimana Hukum Investasi Emas Dalam Islam
Dari apa yg gue simpulkan ya dari artikel2 di Inbizia mengenai broker2 yg legal di Indonesia. Salah satu yg jadi indikator itu adalah terdaftar di BAPPEBTI dan memiliki nomor legalitas. Dan di DCFX maupun HSB kan sama2 memiliki nomor BAPPEBTI dan terdaftar nih di BAPPEBTI. Brrti dari segi legal dan keamanan bisa dikatakan kita klu trading dngn broker DCFX dan HSB, maka dana kita akan dijamin aman oleh BAPPEBTI. Penasaran aja nih, misalkan nomor registrasi BAPPEBTI antara DCFX dan jga HSB itu trnyata expired, kira2 kita bsa mengetahui nya ga ya ato bisa kita cek dimana ya utk nomor registrasi resmi dari kedua broker ini. Bukan beermaksud diskredit artikel ini, cma kan kita cari aman gitu, apakah bisa ngecek nomor registrasi BAPPEBTI di Internet gitu. Mohon bntuannya yaa, terima kasih!
 Andre Taufan |  17 Oct 2023
Halaman: Kupas Tuntas Perbandingan Aplikasi Dcfx Vs Hsb
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.05% 8.30% 7.30%
BCA 7.90% 8.10% 7.20%
Mandiri 8.05% 8.30% 7.30%
BTN 8.05% 8.30% 7.30%
OCBC NISP 8.25% 8.75% 8.00%
BTPN 7.64% 10.36% -
Danamon 8.50% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.30%
HSBC Indonesia 7.00% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Komentar[9]    
  Libida Via Ryan   |   10 Jun 2014
Syaratnya apa saja untuk bisa meminjam modal,kebetulan saya sedang membutuhkan modal sebesar 25 jt
  Anna   |   14 Aug 2014
Syaratnya untuk setiap bank berbeda. Tetapi umumnya ada persyaratan pendapatan minimum, NPWP, penjamin (bisa pasangan sendiri), dan pengajuan aplikasi langsung ke bank :)
  Dwi Lestari   |   1 May 2017
Bagaimana cara bank untuk meminimalisirkan san mengatasi kemacetan pada kredit bank
  Lastri   |   1 Oct 2021

kalau syarat pengajuan di BRI Syariah apa saja ya..

  Gina   |   1 Oct 2021

syarat umumnya pendapatan minimum dan NPWP
namun lebih detailnya bisa ditanyakan atau datang langsung ke kantor bank nya

  Ronal   |   17 Jun 2022

Saya mau kredit bagi hasil dalam bisnis mobil ada yang mau ndak bank nya ini?

  Martinah   |   21 Jun 2022

Kok nanya di sini sih. Kalau mau kredit bagi hasil yaaa datanglah ke kantor bank syariah aja tho.

  Neva   |   25 Nov 2022

Kalau misalnya kita mengalami kesulitan keuangan, dan kemudian mengalami kredit macet, boleh nggak sih kita diskusi ke bank untuk mendapatkan solusi cara membayarkan kredit tersebut atau cicilannya bisa dikurangi atau tidak perlu membayar cicilan selama beberapa bulan sampai misalnya usaha yang kita jalankan sudah menampakkan perkembangan yang berarti?

Mohon penjelasannya.

  Aisha   |   1 Dec 2022

Ya, bisa. Silakan diskusikan langsung kepada bank Anda untuk melakukan penjadwalan ulang atau memperpanjang masa cicilan.