Tips Mudah Kredit Motor Untuk Fresh Graduate

Febrian Surya 21 Apr 2020Dibaca Normal 4 Menit
bisnis>kredit>   #kredit
Memiliki sebuah motor bisa menjadi kebutuhan wajib bagi para fresh graduate, baik untuk mencari kerja ataupun untuk memperlancarmobilitas kerja. Bagaimana cara mudah kredit motor untuk fresh graduate? Simak tipsnya di sini.

Sepeda motor menjadi kebutuhan bagi kalangan pekerja milenial saat ini, tak terkecuali bagi para fresh graduate yang baru terjun dalam dunia kerja. Sebab, penggunaan sepeda motor dapat dimanfaatkan oleh anak-anak muda milenial zaman now untuk menunjang aktivitas sehari-hari, agar mobilitas bekerja semakin lancar. Kalau memang demikian, berarti rencana untuk memiliki sebuah sepeda motor sudah menjadi kebutuhan yang bersifat produktif. Bagi kamu para fresh graduate yang ingin membeli sepeda motor secara kredit, kamu bisa ikuti tips mudah kredit berikut ini:

Tips kredit motor untuk fresh graduate(Baca juga: Tips Cerdas Mengelola Gaji Untuk Fresh Graduate)

 

Pastikan Kamu Sudah Lulus Masa Magang

Ketika memulai karir profesionalmu di sebuah perusahaan, umumnya kamu tidak langsung diangkat sebagai pegawai tetap, melainkan harus melalui masa probation atau magang terlebih dahulu. Biasanya, durasi magang ini berbeda-beda, dapat berlangsung antara 1 bulan hingga 1 tahun; tergantung kebijakan perusahaan tempat kamu bekerja.

Bila kamu sudah lulus masa magang, kamu akan mendapatkan surat pengangkatan sebagai karyawan tetap di perusahaan. Pada saat inilah kamu baru disarankan untuk mulai mengajukan cicilan sepeda motor. Ketika kamu belum pasti bekerja di sebuah perusahaan dalam kurun waktu yang lama, lebih baik kamu urungkan saja niatmu untuk membeli motor secara kredit. Sebab, status pekerjaan yang belum pasti membuatmu sangat berisiko mengalami kredit macet.

Bayangkan saja jika kamu sudah terlanjur mengambil kredit sepeda motor untuk durasi beberapa tahun, tapi ternyata masa magangmu di perusahaan tidak diperpanjang. Kamu akan terjepit keadaan sulit untuk melunasi cicilan kredit. Apalagi, masa pencarian kerja tidak pasti lamanya. Ada yang dalam waktu kurang dari sebulan sudah bisa mendapat pekerjaan baru, ada pula yang kesulitan mendapatkannya sampai waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

 

Pilih Motor Sesuai Kebutuhan Dan Kemampuan

Keinginan bergaya dengan motor mewah memang wajar terbersit di benak para muda-mudi. Namun jika kamu mengambil cicilan sepeda motor sebagai fresh graduate, sebaiknya ambil jenis sepeda motor dengan spesifikasi yang benar-benar sesuai kebutuhan. Misalnya saja, apabila jarak dari kantor ke rumahmu sangat jauh, maka tentu kamu perlu mengambil sepeda motor yang irit bahan bakar supaya tak boros pengeluaran BBM saat digunakan.

tips mudah kredit motor bagi fresh graduate(Baca juga: Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengatur Finansial)

Tidak ada gunanya memaksakan diri untuk mengajukan kredit sepeda motor yang sangat bagus tapi boros bahan bakar. Sudah tanggungan kreditnya lebih mahal dari sepeda motor standar, kamu masih perlu menyisihkan alokasi dana lebih untuk membayar biaya bensin dan perawatannya. Gengsimu mungkin terpenuhi, tapi kondisi keuanganmu akan kedodoran karena banyaknya pengeluaran yang mesti kamu tanggung.

Dari segi finansial, usahakanlah cicilan angsuranmu setiap bulannya tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan. Jangan pernah terbuai dengan penawaran uang muka murah, sebab pihak pemberi kredit umumnya akan membebankan jumlah angsuran per bulan yang jauh lebih besar.

 

Datang Langsung Ke Dealer Resmi Untuk Cek Fisik

Setelah mengetahui sepeda motor apa yang ingin dipilih, kamu bisa datang langsung ke dealer resmi dari merek sepeda motor yang kamu pilih. Di sana, kamu bisa melihat dan mengecek langsung kendaraan yang ingin kamu beli. Kamu juga bisa melakukan test drive untuk mendapatkan sensasi berkendara dengan sepeda motor tersebut. Tentu saja, hal ini juga akan mempengaruhi penilaianmu terhadap jenis sepeda motor yang kamu pilih.

Jangan lupa untuk menanyakan besaran uang muka dan biaya angsuran per bulannya, sehingga kamu memiliki estimasi saat pengajuan kredit motormu disetujui. Tak ketinggalan, informasi perihal garansi dari sepeda motor dan kemudahan mendapatkan spare part juga patut ditanyakan. Intinya, tanyakan saja semua hal-hal yang berhubungan dengan syarat dan proses pengajuan kredit sepeda motor.

 

Siapkan Berkas

Pengajuan cicilan sepeda motor di dealer memerlukan syarat dan dokumen administratif. Jadi, pastikan kamu sudah melengkapi dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan saat pengajuan kredit motor. Biasanya, pihak leasing yang akan mengirimkan orang ke alamat rumahmu untuk melakukan survei sebagai bahan pertimbangan apakah kamu layak untuk mendapatkan persetujuan kredit motor atau tidak.

cek surat perjanjian kredit

 

Cek Surat Perjanjian Kredit

Bila pengajuan kredit motormu disetujui, kamu perlu menandatangani perjanjian kredit. Tandatangani perjanjian kredit tersebut hanya setelah kamu sudah membaca setiap isi perjanjian kredit dengan teliti dan detail. Hal ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi saat masa kredit motormu berjalan, seperti pencurian,  kecelakan, dll. Kamu bisa memproteksi sepeda motormu dengan asuransi kendaraan, yang biasanya sudah termasuk ke dalam perjanjian kredit dengan pihak leasing.

 

Menanggung kredit biasanya menjadi beban tersendiri yang ingin segera dilunasi agar alokasi dananya bisa digunakan untuk keperluan lainya. Bagi Anda yang ingin melunasi kredit dengan cepat tapi masih bingung caranya, silakan simak kiat ampuhnya di artikel ini.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Min gmn sih caranya ngajuin kartu kredit bagi anak yg baru lulus sekolah? efek pengen usaha tp belum ada modal nih wkwkwk
 Citra |  4 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Belum banyak sih, tapi denger denger udah ada broker yang melayani deposit kripto. Sekarang ini setahuku selain kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, paysafecard, check, pake bitcoin juga bisa.
 Aldhee |  17 Feb 2021
Halaman: Memilih Broker Forex Terbaik Dari Kemudahan Cara Deposit
Pagi... Mohon bantu info, jika kakak saya pernah ada / masih ada tanggungan kartu kredit (misal Mandiri / BNI), sudah lama sih infonya, lebih dari 10 thn lalu. Dan saat ini dia baru masuk bekerja dan diwajibkan harus punya rekening bank atas nama dia. Apakah dgn status 5 - Macet (saya sempat mintakan ini ke OJK).. dia bisa buka rekening tabungan di BCA misalnya ? (dia tidak ada problem di rekening tabungan BCA) Terima kasih
 San-san |  6 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Tugas utama Bank Sentral adalah untuk menjaga stabilitas mata uang, menyelenggarakan peredaran uang, memajukan sistem perbankan, serta mengawasi kegiatan perbankan dan perkreditan.
 Yogi |  24 Jun 2021
Halaman: Pengaruh Suku Bunga Terhadap Perekonomian Suatu Negara
Besaran biaya tahunan pada kartu kredit berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya Semuanya tergantung pada bank penerbit kartu, umumnya semakin lengkap fitur kartu kredit dan semakin premium jenis kartu maka biaya tahunan akan semakin tinggi
 Lala Mc |  18 Oct 2021
Halaman: Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit
Pada kondisi tertentu, apabila tidak menyelesaikan utang yang ada, maka blacklist BI akan terhapus secara otomatis.
Hal ini merupakan bagian dari pembersihan sistem pada BI soal reputasi kredit. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk penghapusan secara otomatis tergolong lama.
 Wira Sudibyo |  19 Jan 2022
Halaman: Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Kredit Bank
Suku Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip