Reversal

Pola 3 Candle Terbaik Penanda Reversal
SAM     1 Jun 2020
Ada beberapa pola 3 candle yang bisa digunakan sebagai penanda terjadinya reversal, salah satunya yaitu Evening Star. Lalu, apa sajakah pola 3 candle lainnya?
3 Cara Menentukan Reversal Untuk Mendulang Profit
Cahyaning     28 Sep 2021
Trading dengan reversal adalah salah satu metode yang populer di kalangan pelaku pasar. Namun, menentukan titik reversal tidak semudah kelihatannya.
Cara Baca Candlestick Kripto Untuk Menangkap Reversal
Kiki R     29 Apr 2022
Trading kripto dengan memanfaatkan pola candlestick reversal menawarkan peluang profit yang besar. Paduan pola candlestick yang spesifik dan level harga yang kuat bisa menjadi sejata ampuh.
Kamus
Reversal

Pembalikan harga dari trend utama. Apabila retracement terus berlanjut hingga tak lagi bisa dikatakan sebagai penurunan atau penguatan sementara, maka harga bisa dianggap mengalami reversal.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #reversal

Muhammad Yusuf   12 Nov 2017
Salam hormat para master master seputarforex.com, saat ini saya sedang mendalami price action. saya ingin bertanya apakah sebuah price pattern reversal atau continu dibentuk dari garis horizontal dan garis trend yang di break? lalu apakah hammer dan shoting star tergantung dari arah sumbunya menghadap keatas/kebawah atau warnanya (bearish atau bullish)? formasi pin bar apa yang paling profitable? trims master
m singgih   14 Nov 2017

@ Muhammad Yusuf:

- ….. apakah sebuah price pattern reversal atau continu dibentuk dari garis horizontal dan garis trend yang di break?

Jawaban:
Ya, salah satunya begitu, tetapi sebaiknya dikonfirmasikan dengan indikator. Kalau pattern yang Anda maksud adalah formasi price action seperti pin bar, maka kemungkinan terjadi reversal akan tinggi jika kepala pin bar (bukan ekor) ditembus, tetapi kalau ekornya yang ditembus pergerakan reversal tidak valid dan kemungkinannya akan terjadi penerusan trend (trend continuing).

Berikut contoh pada USD/JPY H1 kemarin (13 November 2017):



Dari indikator MACD dan RSI, pin bar A terkonfirmasi sedang pin bar B tidak terkonfirmasi. Juga bar setelah pin bar A menembus kurva resistance ema 34 dan kurva middle band indikator Bollinger Bands, sedang pin bar B tidak.
Dari chart H1 diatas tampak jelas peran indikator dalam mengkonfirmasi arah pergerakan harga disamping garis level resistance dan support.

- …. apakah hammer dan shoting star tergantung dari arah sumbunya menghadap keatas/kebawah atau warnanya (bearish atau bullish)?

Jawaban:

Hammer dan shooting star adalah 2 formasi candle yang berlawanan. Dalam bahasa price action keduanya termasuk pin bar. Arah sumbu hammer selalu dibawah sedangkan arah sumbu shooting star selalu diatas.
Formasi hammer mengisyaratkan kemungkinan pergerakan bullish sedang shooting star mengisyaratkan kemungkinan pergerakan bearish.

Warna candle tidak berpengaruh. Warna hanya menunjukkan harga pembukaan dan harga penutupan, yang penting diperhatikan adalah valid atau tidaknya formasi candle tersebut.

Berikut contoh formasi shooting star dan hammer yang terjadi paga GBP/USD H4 dan USD/JPY H1 kemarin, keduanya berwarna hitam tetapi sama-sama valid:



Untuk keterangan lebih lanjut bisa baca: Formasi Candlestick Dalam Price Action

- formasi pin bar apa yang paling profitable?

Jawaban:

Semua formasi candle yang berbentuk pin bar kemungkinan untuk validnya tinggi asalkan terkonfirmasi, baik oleh candle yang terbentuk sesudahnya maupun oleh indikator teknikal. Formasi candle yang berbentuk pin bar misalnya doji, hammer, shooting star.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan baca:
Mengupas Strategi Trading Dengan Pin Bar
3 Tips Trading Dengan Pin Bar

Muhammad Yusuf   14 Nov 2017
Terimakasih banyak master, satu lagi yg saya bingung nih master2 kami, jika setelah pinbar bullish terjadi di bias bearish lalu setelah pinbar tsb terjadi inside bar apakah inside bar tersebut menunjukan continu pin bar(bullish) atau continu bias awalnya (bearish), lalu jika setelah fakey setup terbentuk ada inside bar(kasusnya sama seperti yg diatas) sinyal apa yg terbentuk? bullish/bearish? apakah nial fuller menggunakan 3 formasi inti ini saja master? karena saya ingin sekali mnjadi seperti beliau
m singgih   20 Nov 2017

@ Muhammad Yusuf:

Inside bar menunjukkan keadaan konsolidasi, tidak mengisyaratkan kemungkinan bullish atau bearish. Anda harus menunggu inside bar tersebut selesai terbentuk apapun bentuk mother bar-nya (bisa berbentuk pin bar, engulfing dsb).

Setelah tampak jelas mother bar dan inside bar, kemudian Anda tunggu bar setelah inside bar, bar tersebut menembus level tertinggi atau terendah dari mother bar. Kalau break level tertinggi maka bisa open buy dan sebaliknya kalau break level terendah bisa open sell.

Berikut contoh untuk yang break level tertinggi mother bar:



Selain itu sebaiknya dikonfirmasi juga dengan level-level resistance / support, dan juga indikator seperti moving avererage, RSI, parabolic SAR, MACD atau Bollinger Bands untuk memastikan validitas sinyalnya. Ini penting karena bisa terjadi sinyal palsu (fakey) setelah inside bar, yaitu seolah-olah break tetapi balik lagi.

Baca: Trading Dengan Sinyal Palsu Setelah Inside Bar

Mengenai Nial Fuller, untuk lebih jelasnya silahkan baca kumpulan artikelnya di sini.

Reply >Lihat[3]
Zidane   8 Jul 2021

Bagaimana menggunakan indikator Bollinger Band untuk mendeteksi reversal?

M Singgih   9 Jul 2021

@ Zidane:

Dilihat dari apakah harga telah menembus kurva middle band. Meski demikian, untuk menentukan apakah trend telah benar-benar berbalik arah (trend reversal), harus dilihat dari apakah harga telah menembus level 50% Fibonacci retracement. Selain itu, validitasnya harus dikonfirmasi dengan indikator trend yang lain seperti parabolic SAR, moving average, ADX dan juga MACD.

Berikut contoh trend reversal dari bullish ke bearish, yang telah dikonfirmasi oleh indikator trend dan indikator momentum yaitu RSI:

Bollinger Band Untuk Mendeteksi Reversal

Zidane   12 Jul 2021

Ini bapak main di time frame berapa ya pak?

M Singgih   13 Jul 2021

@ Zidane:

Dari gambar di atas kan ada keterangannya: EUR/USD H4.
H4 artinya adalah time frame 4 jam.

 

Reply >Lihat[3]
puja puji   1 Apr 2022

Cara melihat trend reversal akurat gimana?

M Singgih   3 Apr 2022

@ Puja Puji:

Silahkan mengamati price action yang tebentuk, apakah mengisyaratkan keadaan reversal. Setelah itu, konfirmasikan dengan indikator teknikal terutama indikator trend (moving average, parabolic SAR, Bollinger Bands, MACD, ADX).

Selain itu, amati apakah pergerakan harga telah menembus level 50% Fibo retracement. Jika harga telah menembus level 50% Fibo retracement, maka bisa diasumsikan kemungkinan pergerakan harga sedang bergerak reversal.

 

Reply >Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #reversal

  Om.rahmad   |   17 Oct 2013   |   Reply   |   Artikel
setau ane harami ini malah buat nunjukin reversal cuz ada bullish harami & bearish harami. tapi kayaknya pembahasanx beda cuz biasax gag ad sangkut pautx sama doji
  Mr Sukardi   |   11 Jun 2015
bisa berkaitan selama doji yang terbentuk di pola kedua tetap berada dalam range pola pertama. dan lagi, bukankah akan lebih bagus kalau pola kedua berbentuk doji? karena seperti yang dijelaskan, doji sendiri sudah menunjukkan sinyal pembalikan, kalau candle sebelumnya ternyata berfungsi sebagai mother bar, ini bisa menjadi indikator yang lebih bagus untuk menjadi sinyal pembalikan harga
  Franstrade   |   15 Dec 2014   |   Reply   |   Artikel
Bisa kah trading cuma dngan sinyal dari divergence sja ? Sy lihat yg disinyalkan dri berbagai macam jenis divergence disini suda cukp lengkap. Ada sinyal reversal, ada sinyal continuation juga. baik untuk trend up mau pun trend down. Dgan begitu udah cocok untuk trend trading bukan kah begitu ?
  Agni Prayitno   |   11 Feb 2015
untuk hal ini sebaiknya dilakukan tes dulu di akun demo. ketepatan sebuah strategi umumnya bisa berbeda-beda untuk setiap trader. tapi menurut saya ada baiknya untuk tidak menjadikan divergence sebagai sinyal utama. disamping karena divergence ini tidak selalu terjadi, juga masih ada potensi sinyal divergence ini tidak tepat. interpretasi posisi divergence ini pun juga bisa berbeda-beda. jadi lebih baik juga menggunakan indikator lain untuk mengkonfirmasi sinyal entry. memang divergence bisa memberikan sinyal tren yang lebih awal namun bagi trader juga disarankan untuk mengambil langkah hati-hati dan mencari sinyal yang lebih valid agar peluang entrynya semakin bagus.
  Lusi Sinarsih   |   15 Jun 2016   |   Reply   |   Artikel
Wah ini mirip-mirip seperti pola pinbar yah, jadi begitu ada pola pinbar bisa jadi itu indikasi kalau akan terjadi kontinuasi trend. Sedangkan apabila mendekati resistan ato support pinbar biasanya menjadi indikator akan terjadinya reversal, betul?
  M Singgih   |   16 Dec 2016
@Lusi Sinarsih:
Memang pin bar, yaitu candle yang ditengah. Dari gambar diatas: candle B untuk yang morning star dan candle E untuk yang evening star. Keduanya memang berbentuk pin bar, atau doji, atau hammer / shooting star yang mengisyaratkan pembalikan arah trend (trend reversal) dari arah trend sebelumnya, bukan penerusan trend.

Tidak tergantung dari resistance atau support, jika terbentuk pola morning star atau evening star kemungkinan akan terjadi pembalikan arah trend. Tetapi jika pola tersebut terbentuk dekat atau pada level resistance atau support maka akan lebih memperkuat kemungkinan tersebut (lebih valid). Yaitu pola evening star yang terbentuk pada atau dekat level resistance dan pola morning star yang terbentuk pada atau dekat level support.
  Surodjo   |   28 May 2020   |   Reply   |   Artikel
Dgn indikator Bollinger Bands, bgm mengetahui bhw trend akan berakhir (reversal)? Dan apa tanda tanda bhw trend masih berlanjut? Tksh atas jwbanya. Salam profit.
  M Singgih S   |   29 May 2020
@ Surodjo:

Berakhirnya trend bisa diketahui setelah koreksi atau retracement mencapai lebih dari 100%. Perkiraan kemungkinan akan terjadi trend reversal jika Fibo Retracement telah melewati 61.8%.

Keadaan reversal tidak menunjukkan berakhirnya trend, tetapi menunjukkan terjadinya koreksi. Keadaan koreksi sendiri bisa berakhir ketika telah mencapai level tertentu misalnya 38.2% Fibo atau 50% Fibo, dan kemudian berbalik meneruskan arah trend. Jika koreksi melebihi Fibo retracement 100%, baru bisa diasumsikan terjadi trend reversal.

Keadaan reversal bisa diamati dari bar candlestick yang membentuk formasi price action tertentu, seperti pin bar, doji, engulfing, morning star atau evening star. Baca juga: Dasar-Dasar Strategi Trading Dengan Price Action
Meski demikian, untuk validitasnya price action tsb harus dikonfirmasi oleh indikator trend misalnya ADX, parabolic SAR, MACD, atau Bollinger Bands.

Konfirmasi dengan Bollinger Bands untuk keadaan reversal adalah jika penutupan bar candlestick berada di bawah middle band (untuk yang sebelumnya uptrend), atau di atas middle band (untuk yang sebelumnya downtrend). Untuk akurasi, sebaiknya dikonfirmasi lagi dengan indikator trend yang lain.

Mengenai tanda bahwa trend masih akan berlanjut adalah jika koreksi atau retracement telah berakhir, dan harga mulai bergerak searah dengan trend semula. Dalam hal penunjukan indikator Bollinger Bands, bar candlestick tidak menembus middle band.

Sebagai masukan, untuk analisa trend jangka menengah panjang biasanya trader menggunakan analisa dengan gelombang Elliot (Elliot wave). Baca juga: 3 Hal Pokok Dalam Trading Dengan Gelombang Elliot
  Vega   |   2 Feb 2021   |   Reply   |   Artikel

Breakout bisa ga tiba-tiba jadi reversal, terus harga bergerak 180 derajat berbeda dari prediksi?

  Faatin   |   2 Feb 2021

Bisa banget, dan sering terjadi. Namanya false breakout. Ketika ada breakout, kita buru2 transaksi, ehhhh malah bearish. Ya itu sih kekurangan breakout.

  Nabilun Aufa   |   11 May 2022   |   Reply   |   Artikel

bagaimana cara membedakan reversal dan pembalikan trend?

  Nico Muhammad   |   12 May 2022

info lengkap cara membedakan reversal dan pembalikan trend ada di artikel ini

Ilmu Dasar Candlestick untuk Strategi Trend Reversal
Cahyaning     4 Jan 2022
Strategi trend reversal merupakan salah satu teknik yang mudah diandalkan pemula. Seperti apa ilmu dasar candlestick yang bisa digunakan?
Waspadai Reversal dan Retracement dalam Trading Kripto
Nandini     16 Sep 2021
Saat mempelajari istilah trading kripto, pernahkah Anda menemukan istilah Reversal dan Retracement? Bagi Anda yang merupakan trader pemula dan masih bertanya-tanya, simak penjelasannya di sini.
Tweezer: Pola Candlestick Akurat Untuk Membaca Reversal
Linlindua     4 Feb 2021
Pembalikan trend atau reversal sering dianggap sebagai peluang menggiurkan dalam trading. Pola candlestick Tweezer merupakan salah satu senjata ampuh untuk mengenali reversal.
Cara Trading Double Spike untuk Memanfaatkan Reversal
Kiki R     29 Sep 2020
Ada banyak strategi trading forex yang ditujukan untuk ambil untung saat terjadi reversal. Salah satunya, cara trading double spike yang unik ini.
Memanfaatkan Dark Cloud Cover Sebagai Penanda Reversal
Novita     31 Jul 2020
Ada banyak sekali pola candlestick yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi reversal. Salah satunya ialah pola candle Dark Cloud Cover.
Kupas Tuntas Strategi Trading Reversal Dengan Pin Bar
Fatma Adriana     25 Jul 2020
Pin Bar merupakan salah satu pola candlestick paling populer. Apa saja yang perlu diketahui saat menggunakannya sebagai sinyal reversal?
Cara Deteksi Bullish Reversal Dengan Pola Unique Three Rivers
Damar Putra     24 Jul 2020
Selain menggunakan indikator, ternyata ada cara lebih mudah untuk deteksi reversal. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pola Unique Three Rivers. Apa itu?
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip