PT PP London Sumatra Tbk. (LSIP) membukukan laba bersih sebesar Rp269.3 miliar pada kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Emiten produsen minyak goreng Bimoli PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) mencetak laba bersih Rp307.10 miliar sepanjang kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Laba bersih PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam anjlok 85.66% menjadi Rp238.37 miliar pada kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) membukukan pendapatan sebesar $103.31 juta pada kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia

SNB Pertahankan Suku Bunga, Franc Swiss Ambles

Cahyaning 21 Sep 2023
Dibaca Normal 2 Menit
forex > berita >   #franc-swiss
Keputusan SNB untuk mempertahankan suku bunga ditanggapi negatif oleh pasar. USD/CHF pun meroket ke level tertinggi baru sejak Juni.

swiss franc

Bank Sentral Swiss (SNB) mengambil langkah serupa dengan The Fed yakni tidak mengubah suku bunganya dalam rapat kebijakan hari ini. Akan tetapi, keputusan SNB memiliki efek yang berbeda dengan pengumuman Fed tadi pagi.

Alih-alih menguat, franc Swiss justru melemah dan menyebabkan USD/CHF melonjak hampir 100 pips. Pair tersebut terbang hampir 1% sampai 0.9070-an dan mencetak level tertinggi baru sejak Juni. EUR/CHF juga melambung sampai level 0.9670 sekaligus mencatatkan kinerja harian terbaik dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, GBP/CHF menguat terbatas sekitar 0.5% karena pasar masih berhati-hati jelang pengumuman suku bunga Inggris hari ini.

Baca juga: CPI Inggris Mengecewakan, Pound Makin Tertekan


SNB: Inflasi Swiss Mulai Mereda

Sebelumnya, pasar yakin bahwa SNB akan menaikkan suku bunga sebanyak 25 basis poin. Akan tetapi, SNB malah mempertahankan suku bunga pada tingkat 1.75%. Langkah ini diambil karena SNB melihat tekanan inflasi di Swiss telah mereda, sehingga tak perlu menaikkan bunga lagi secara agresif.

"Situasi memungkinkan kita untuk menunggu saat ini dan meninjau pada kebijakan moneter berikutnya (apakah) langkah-langkah yang telah kita ambil hingga saat ini sudah cukup untuk menjaga inflasi dalam kisaran stabilitas harga secara berkelanjutan," ujar Ketua SNB, Thomas Jordan.

Namun, Jordan juga mengatakan bahwa pihak SNB tak akan ragu menaikkan suku bunga lebih lanjut apabila diperlukan untuk menjaga inflasi di bawah 2% secara berkelanjutan.

Keputusan SNB ditanggapi negatif oleh mayoritas pelaku pasar. Tak sedikit yang merasa ragu SNB akan menaikkan suku bunganya lagi dalam bulan-bulan mendatang.

Terkait Lainnya
Kategori Terkait
 
PT PP London Sumatra Tbk. (LSIP) membukukan laba bersih sebesar Rp269.3 miliar pada kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia

Emiten produsen minyak goreng Bimoli PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) mencetak laba bersih Rp307.10 miliar sepanjang kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia

Laba bersih PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam anjlok 85.66% menjadi Rp238.37 miliar pada kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) membukukan pendapatan sebesar $103.31 juta pada kuartal I/2024, 6 jam lalu, #Saham Indonesia



Kirim Komentar Baru