Tugas - Tugas Bank Sentral

SAM 28 Mar 2013Dibaca Normal 4 Menit
forex>belajar>   #bank
Tugas bank sentral tidak sama dengan bank umum biasa. Bank sentral merupakan bank-nya bank yang juga punya peran penting untuk menjaga nilai tukar.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan bank sentral. Mungkin masih ada yang menganggap bahwa bank sentral sama dengan bank umum yang sering kita jumpai di setiap daerah, yaitu sebuah bank yang bisa digunakan jasanya untuk menyimpan uang atau mengajukan berbagai kredit.

Kesalahpahaman mengenai tugas bank sentral seperti itu sudah sangat luas sekali di Indonesia, hingga sempat keluar curhat politisi bahwa ia gagal pinjam uang di Bank Indonesia. Padahal, sejatinya bank sentral seperti Bank Indonesia memang tidak menawarkan jasa penyimpanan dan pembiayaan sebagaimana bank umum.

Sebagai seorang trader maupun warga masyarakat, kita wajib mengetahui tugas - tugas bank sentral sesungguhnya. Di artikel ini, kita juga akan membahas tugas yang diemban sekaligus mengetahui pengaruh kegiatan bank sentral terhadap kegiatan di bursa valas.

Bank Indonesia

 

Tugas Bank Sentral Secara Umum

Bank sentral adalah suatu institusi yang bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas harga barang dan jasa, serta nilai tukar suatu mata uang yang berlaku di suatu negara. Di samping itu, bank sentral juga berperan sebagai "bank-nya bank", atau "lender of last resort" yang bertugas menjaga stabilitas sistem keuangan dan perbankan suatu negara.

Terkait stabilitas harga barang dan jasa, dikenal istilah inflasi yang berefek pada turunnya nilai suatu mata uang, serta deflasi yang berefek pada perlambatan ekonomi suatu negara. Tugas bank sentral paling utama yaitu menjaga agar tingkat inflasi terkendali, terhindar dari deflasi, dan selalu berada pada nilai yang paling optimal bagi perekonomian (Inflation Targeting). Caranya, dengan mengontrol keseimbangan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Apabila jumlah uang yang beredar terlalu banyak atau terlalu rendah hingga inflasi menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari target, maka bank sentral dengan menggunakan instrumen dan otoritas yang dimilikinya untuk menstabilkan situasi.

Penjagaan stabilitas sistem keuangan pada tingkat nasional merupakan masalah penting bagi bank sentral, karena sistem keuangan, terutama perbankan, memiliki peran penting dalam kebijakan moneter. Gangguan dalam sistem keuangan dapat menunda atau menghambat transmisi kebijakan moneter ke ekonomi riil

Selain itu, tugas bank sentral lainnya adalah mengatur sistem pembayaran yang tujuan akhirnya untuk mewujudkan kesehatan sistem pembayaran dan infrastruktur keuangan. Fungsi lain dari sistem pembayaran tersebut adalah untuk menyokong stabilitas nilai tukar mata uang.

Berikut ini beberapa instrumen kebijakan moneter yang umum digunakan dalam melaksanakan berbagai tugas bank sentral:

  • Suku bunga acuan.
  • Operasi pasar terbuka (pembelian atau penjualan obligasi).
  • Giro Wajib Minimum (Reserve Requirement, jumlah dana tertentu yang wajib dipelihara oleh bank dalam bentuk saldo rekening giro yang ditempatkan di bank sentral).
  • Moral Suasion (himbauan pejabat tinggi bank sentral).
  • Intervensi mata uang (pembelian atau penjualan cadangan devisa untuk menaikkan atau melemahkan nilai tukar.

Dan masih banyak lagi instrumen non-konvensional yang dapat digunakan oleh bank sentral untuk menghadapi situasi-situasi yang di luar kewajaran.

 

Studi Kasus: Bank Indonesia

Untuk lebih mempermudah pemahaman mengenai bank sentral, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai bank sentral yang ada di Indonesia, atau yang lebih kita kenal dengan Bank Indonesia. Dalam situsnya, Bank Indonesia mengungkapkan tujuan tunggal-nya sebagai berikut:

"Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi, sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain."

Dalam rangka mewujudkan tujuan tunggal tersebut, Bank Indonesia memiliki tiga bidang tugas, yaitu:

  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.
  • Stabilitas sistem keuangan.

Pada prakteknya, Bank Indonesia dapat melakukan perubahan kebijakan moneter ketika kondisi perekonomian membutuhkannya. Sebagai contoh, Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga beberapa kali dalam tahun 2018 untuk menanggulangi kemerosotan nilai tukar rupiah di tengah kenaikan suku bunga AS.

Upaya tersebut dilengkapi pula dengan intervensi pasar uang, misalnya dengan menjual cadangan devisa (Dolar AS) untuk menciptakan permintaan atas rupiah, sehingga nilai tukar rupiah menguat. Sebaliknya, ketika inflasi melambat dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang lain relatif kuat, Bank Indonesia dapat memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Kurniawan |  20 Feb 2019

Apakah kita trader kecil dengan modal ratusan dolar saat ini bertrading melawan bank-bank besar dengan modal jutaan dolar?

Lihat Reply [1]

 Ongky |  26 Nov 2020

Di analisa saya melihat bahwa mata uang "X" harganya turun karena pengaruh dari fundamental pemotongan suku bungan bank. Nah, bagaimana suku bunga bank bisa mempengaruhi harga mata uang?

Lihat Reply [3]

 Damian |  15 Jan 2021

Apa yang menjadi petujuk untuk melihat bahwa kebijakan bank sentral sedang hawkish atau dovish? Makasih

Lihat Reply [3]

 Beynaldi |  7 Sep 2021

Saldo akun riil saya ditarik oleh orang tanpa sepengetahuan saya dengan nomor rekening yg berbeda. Harusnya satu akun satu rekening bukan? Saya rugi 3.500.000 IDR 

Minta solusinya...

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

untuk kurs di bank dilihat dari sudut bank nya
untuk kurs exchanger dilihat dari sudut pembelinya.
Jadi, kurs beli pada bank = kurs jual pada exchanger.
sedangkan kurs jual pada bank = kurs beli pada exchanger
 Sila |  30 Dec 2021
Halaman: Macam Macam Kurs Uang Rupiah Yang Perlu Anda Ketahui
Reksadana syariah dapat dibeli melalui bank, Manajer Investasi, perusahaan efek penyedia sistem online trading syariah, dan berbagai marketplace yang bekerjasama dengan perusahaan efek serta mendapat izin dari OJK sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana.
 Wahyu Aji |  13 Jan 2022
Halaman: Investasi Syariah Untuk Haji Manakah Yang Cocok
Syarat umum :
- Kartu tanda penduduk
- Bukti penghasilan/slip gaji terakhir
- Surat izin usaha atau praktik untuk kalangan profesional dan wirausaha
- Rekening bank
- Nomor pokok wajib pajak
Untuk info detail bisa ditanyakan ke bank nya langsung, karena mungkin masing2 bank akan punya persyaratan yang berbeda2
 Surya Kencana |  20 Jan 2022
Halaman: Mengenal Macam Macam Kredit Konsumsi Dan Kredit Usaha
setiap bank mempunyai program masing2
untuk info detail bank yang di inginkan bisa melayani pembelian emas atau tidak, bisa ditanyakan langsung ke bank nya
 Audy Leen |  3 Feb 2022
Halaman: Cicilan Emas Dan Beli Emas Secara Gradual Mana Yang Lebih Maksimum
HFX tidak membebankan biaya untuk transaksi transfer bank. Namun, bank pengirim, koresponden dan penerima dapat membebankan biaya sesuai dengan struktur biaya mereka sendiri.
 Yuliana Dewi |  2 Mar 2022
Halaman: Review Broker Hfx International Berjangka
Keuntungannya trading di broker lokal itu ya kemudahan dalam hal transaksi. Saya trading di Finex untuk deposit dan penarikan bisa langsung via bank lokal tanpa perlu cari changer. inilah keuntungannya, jadi lebih hemat waktu. Dan juga spread di Finex sangatlah kecil, jadi enak untuk yang suka hedging
 Lusi |  7 Mar 2022
Halaman: Broker Lokal Penyedia Akun Trading Mini Terbaik
Suku Bunga Deposito
BANK12 bulan12 bulan
 RupiahUSD
CENTRAL ASIA 1.90%0.090%
CIMB NIAGA3.00%0.150%
TABUNGAN NEGARA2.75%0.200%
PANIN2.85%0.100%
RAKYAT INDONESIA2.30%0.200%
OCBC NISP3.15%0.450%
STANDARD CHARTERED BANK2.35%0.100%
DANAMON INDONESIA3.15%0.250%
MANDIRI2.25%0.300%
NEGARA INDONESIA2.25%0.200%
Lihat Bank Lain
Suku Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Komentar[2]    
  Yana   |   18 Jun 2021

Bagaimana cara untuk meningkatkan nilai tukar mata uang?

  Tio Ag   |   18 Jun 2021

Cara berikut mungkin bisa membantu untuk menguatkan nilai tukar Rupiah :
- Membeli Produk dalam Negeri serta Menahan Diri terhadap Produk Impor
- Tidak Menimbun Dollar dan Menukarkannya dengan Rupiah
- Berwirausaha dengan Orientasi Ekspor
- Berwisata dan Menikmati Wisata Dalam Negeri

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip