3 Perusahaan Semen Populer Yang Menjual Saham Ke Publik


Tiffany 17 Oct 2019 386Dibaca Normal 4 Menit

Profil perusahaan memang menjadi penilaian penting saat akan investasi saham. Tidak ada salahnya kalau memilih emiten yang sudah populer. Beberapa di antaranya adalah 3 perusahaan semen berikut ini.



Apa yang Anda pikirkan jika berbicara mengenai investasi saham? Tampaknya, tidak semudah mengatakannya. Investasi memiliki risiko yang cukup banyak dan jenis yang beragam. Sehingga, Anda harus bisa memilihnya dengan tepat. Berbicara soal investasi saham sendiri, banyak sekali para investor baik pemula maupun profesional mencoba untuk membeli saham perusahaan besar atau populer di Indonesia.  Sesuai yang terdata dalam Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan yang populer saat ini adalah perusahaan semen. Perusahaan yang mendukung kebutuhan masyarakat Indonesia dalam pembangunan dan industri ini, memang menguntungkan.

Karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk membeli saham perusahaan semen, dapat mencermati ulasan dalam artikel ini. Emiten mana saja yang bisa Anda jadikan tempat untuk mengelola kekayaan milik Anda? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

1. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB)

Perusahaan semen pertama dalam pembahasan kali ini, yaitu PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) atau yang lebih populer dengan nama perusahaan Holcim. Salah satu perusahaan semen yang sudah ada sejak tahun 1960-an ini telah melepaskan sahamnya ke publik sejak 10 agustus 1977. Perusahaan ini memang seringkali berganti-ganti pemilik. Hal tersebut dikarenakan adanya pembelian saham yang cukup tinggi oleh orang-orang yang berbeda. Harga perdananya ditetapkan sebesar Rp10 ribu per lembar.

solusi bangun indonesia

Namun, tidak seperti saham perusahaan semen lainnya, SMCB saat ini memiliki harga yang rendah dibandingkan saat Initial Public Offering (IPO). Penurunan harga itu terjadi sejak PT Semen Indonesia Tbk membeli saham mereka dalam jumlah besar. Perusahaan yang sebelumnya menyandang nama PT Holcim Indonesia ini akhirnya berubah menjadi Solusi Bangun Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk investasi saham semen dengan harga murah, dapat memilih SMCB dalam target beli. Jumlah saham SMCB yang dijual ke publik sebanyak 1.693%.

 

2. PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP)

Saham perusahaan semen lainnya yang dapat Anda beli adalah PT Indocement Tunggal Prakarya. Bukan rahasia lagi bahwa perusahaan semen asal indonesia yang satu ini, telah mencatatkan diri ke BEI sejak 5 desember 1989. Saat itu, saham berkode INTP ini dilepas dengan harga Rp10 ribu per lembar. Emiten INTP terus melakukan pengembangan, baik dari produksi maupun kinerja. Selain fokus terhadap penjualan semen di home market dan meningkatkan promosi semen klinker, perusahaan juga sedang fokus pada aspek distribusi, seperti optimalisasi pengiriman produk dari terminal-terminal semen.

semen indocement

Penjualan semen INTP juga akan terbantu berkat penundaan implementasi aturan batasan dimensi dan melebihi muatan alias over dimension overload dari Kementerian Perhubungan. Hal tersebut menjadi pendorong harga saham INTP yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, sampai mencapai nilai saat ini sekitar Rp21 ribu.



 

3. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR)

Ingin mendapatkan harga saham murah dari perusahaan semen? Investor bisa melirik saham PT Semen Baturaja Tbk. Mereka menjual saham ke publik dengan harga Rp560 per lembarnya.
Emiten yang didirikan sejak 1974 ini telah tercatat dalam BEI sejak 2013. Pihak perusahaan berupaya meningkatkan kinerja untuk menarik perhatian investor. Harga saham SMBR sempat mengalami titik tertinggi dalam tahun 2019 di level Rp1,775 per lembar.

semen baturaja(Baca Juga: Mecari Saham Murah Dengan Analisis Fundamental)

Perusahaan sempat populer dengan nama PT Semen Gresik dan PT Semen Padang ini memang memiliki konsumen yang cukup banyak. Namun, kondisi itu menurun seiring berjalannya waktu. Hal tersebut berubah setelah perusahaan semen Baturaja dipegang oleh pemerintah dan saham mulai dijual ke publik dengan proporsi 15.3 persen dan Asuransi Jiwasraya sebesar 9.2 persen.

 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli saham perusahaan semen?. Selain mencermati profil perusahaan, pastinya Anda juga mencari emiten yang mampu memberikan keuntungan maksimal. Karena itu, Anda dapat menyempurnakan keputusan terkait trading saham dengan mengetahui ciri-ciri saham untuk investasi jangka panjang.

Forum

Karina (14 Apr 2021)

Mau coba-coba ikut investasi yang lagi ngetren sekarang, antara investasi reksadana dan P2P Lending, mana yang lebih menguntungkan dan recommended ya kak? Kebetulan saya ingin mengalokasi dana saya ke salah satu investasi tersebut antara Reksadana atau P2P Lending. Budget estimasi 20jt. Mohon sarannya.

Selengkapnya...

Kode SahamLastChange(%) 
IDPR18935.0
DGIK8613.16%
HDFA24431.18%
KBLV1,06024.71%
BABP44223.46%
CSAP49217.7
MPRO55017.52%
DSSA15,42517.3
DUCK14415.2
BHIT9913.79%

Kirim Komentar/Reply Baru
3 Saham Asing Terbaik Untuk Swing Trading
3 Saham Asing Terbaik Untuk Swing Trading
Tomy Zulfikar   16 Feb 2021   437  
Alasan Saham Blue Chip Direbutkan Para Investor
Alasan Saham Blue Chip Direbutkan Para Investor
Ryandy H   8 Nov 2019   1110  
Dogs Of The Dow, Strategi Unik Investasi Saham AS
Dogs Of The Dow, Strategi Unik Investasi Saham AS
Ryandy H   31 Oct 2019   772  
Untung Rugi Saham Gorengan
Untung Rugi Saham Gorengan
Satrya Heli Oriza   30 Oct 2019   1233  
Membeli Saham Yang Baru IPO, Apakah Aman?
Membeli Saham Yang Baru IPO, Apakah Aman?
Satrya Heli Oriza   23 Oct 2019   1118  
Cara Investasi Saham Dengan Volatilitas Rendah
Cara Investasi Saham Dengan Volatilitas Rendah
Ryandy H   21 Oct 2019   1260  
Investasi Saham Online Yang Menguntungkan
Investasi Saham Online Yang Menguntungkan
Tiffany   19 Oct 2019   151  
Cara Menghitung Zakat Dari Investasi Saham
Cara Menghitung Zakat Dari Investasi Saham
Ryandy H   18 Oct 2019   854