PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) membukukan penjualan Rp405.6 miliar di kuartal I/2024, 58 menit lalu, #Saham Indonesia   |   Top gainers LQ45 pagi ini adalah: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) 2.70%, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) 2.29%, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) 1.89%, 58 menit lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, naik 0.26% ke 7,054, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) menyampaikan jadwal pembagian dividennya sebesar Rp165 per saham, dijadwalkan pada pekan ini, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Dolar AS Mulai Goyah, Pound Menanti Kebijakan Fiskal

Crypholic 17 Oct 2022
Dibaca Normal 2 Menit
forex > berita >   #dolar   #dolar-as   #pound
Dolar melemah di awal pekan seiring dengan lonjakan mata uang mayor lain. Sementara itu, Pound terbantu oleh upaya PM Truss merevisi kebijakan fiskal.

Indeks Dolar AS (DXY) terpantau melemah dari resistance 113.00 pada awal pekan ini (17/Oktober). Sejumlah mata uang mayor rival memanfaatkan pelemahan Dolar untuk membangun pemulihan, termasuk Sterling yang tengah menantikan kabar terbaru dari kebijakan pemerintah Inggris. GBP/USD saat ini bergolak di kisaran 1.136.

Dolar Melemah, Pound Bergejolak

Setelah melemah tajam selama beberapa pekan terakhir, pergerakan GBP/USD mulai stabil setelah Liz Truss berencana merevisi rencana fiskal yang sempat digaungkan saat terpilih menjadi PM Inggris beberapa waktu lalu.

Rencana fiskal ala Truss dengan menurunkan pajak secara progresif dinilai banyak pihak justru akan melipatgandakan utang Inggris. Untuk itu, pelaku pasar masih dalam fase wait-and-see terhadap kinerja Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt yang baru saja ditunjuk untuk menggantikan Kwasi Kwarteng.

Banyak pihak berpendapat Kwarteng hanya bertindak sebagai juru bicara Liz Truss sehingga arah kebijakan fiskal Inggris tidak akan banyak berubah selama ia masih menjabat di kursi Perdana Menteri. Itulah mengapa, sejumlah pihak meluncurkan gerakan yang bertujuan melengserkan Truss dari posisi nomor satu di pemerintahan Inggris. Kondisi tersebut membuat semua perhatian sedang tertuju pada rencana fiskal Hunt.

Baca juga: Inggris Punya Perdana Menteri Baru, Sterling Hanya Menguat Sesaat

Saat pelantikannya, Hunt berjanji akan memulihkan kredibilitas fiskal Inggris sembari tetap mendukung Truss sebagai PM Inggris. Reaksi pasar terhadap kebijakan Hunt diyakini akan berpengaruh terhadap pasar obligasi Inggris, termasuk pergerakan mata uang Pound.

Kondisi semakin kritis karena bank sentral Inggris (BoE) mengumumkan telah mengakhiri pembelian obligasi pada akhir pekan lalu. Hal ini berpotensi meningkatkan volatilitas yield obligasi pemerintah Inggris yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada mata uang.

"Ketika kita melihat terjadi lonjakan atau penurunan tajam yield obligasi Inggris, maka kondisi ini mengindikasikan pasar tetap skeptis terhadap prospek utang pemerintah. Saya pikir Sterling kemungkinan besar akan tetap volatile pada minggu ini," kata Carol Kong, analis strategi FX di Commonwealth Bank of Australia.

Terkait Lainnya
Kategori Terkait
 
PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) membukukan penjualan Rp405.6 miliar di kuartal I/2024, 58 menit lalu, #Saham Indonesia

Top gainers LQ45 pagi ini adalah: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) 2.70%, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) 2.29%, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) 1.89%, 58 menit lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, naik 0.26% ke 7,054, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) menyampaikan jadwal pembagian dividennya sebesar Rp165 per saham, dijadwalkan pada pekan ini, 1 jam lalu, #Saham Indonesia



Kirim Komentar Baru