Menabung merupakan suatu aktivitas sarat manfaat yang sudah ditanamkan sejak dini pada hampir semua orang. Namun banyaknya jenis pengeluaran dan ragam sumber pemasukan yang tak terjadwal membuat perencanaan menabung jadi tak semudah yang dulu. Untuk bisa memastikan pengelolaan dana yang teratur, Anda mungkin perlu membuat memo dan melakukan kalkulasi yang merepotkan.

Hal itu sebenarnya sudah bukan kendala, karena di zaman serba instan seperti saat ini, segala keperluan dapat teratasi dalam genggaman. Dalam hal mengatur perencanaan menabung, Anda bisa memanfaatkan 7 aplikasi berikut yang bisa diunduh dan dipasang di perangkat Smartphone:

 

1. Finansialku

Finansialku merupakan sebuah sistem software yang berfungsi melakukan pengelolaan keuangan seseorang dan dapat dijadikan untuk mempersiapkan tabungan keuangan keluarga. Beberapa fungsi yang dapat dijalankan oleh Finansialku antara lain:

Finansialku

Khusus untuk fungsi terakhir, Finansialku bekerjasama secara khusus dengan para perencana keuangan yang tersertifikasi CFP (Certified Financial Planner), sehingga klien bisa benar-benar berkonsultasi dengan figur yang kompeten di bidangnya.

 

2. Money Lover

Tak hanya menyuguhkan platform pencatatan keuangan dan kalkulasi secara otomatis, aplikasi ini bisa membuat menabung jadi lebih mudah dengan menampilkan monitoring performa keuangan yang lebih teroptimasi. Ya, keunggulan Money Lover dibanding aplikasi sebelumnya memang terletak pada presentasi data yang bisa menunjukkan grafik performa anggaran Anda.

Money Lover

Selain itu, Money Lover juga memiliki fitur "Hutang" yang membantu penggunanya untuk mengatur tunggakan pembayaran dengan lebih teratur. Aplikasi yang sekarang (saat artikel ditulis) mendapat rating 4.6 dari 155,828 pengguna ini juga bisa terhubung dengan berbagai Dompet Online, termasuk Dompet Mata Uang Kripto.

 

3. Monefy

Aplikasi jebolan Aimbity AS ini bisa disebut semacam tracker atau pelacak untuk beragam transaksi keuangan. Monefy secara umum mengandalkan kesederhanaan User Experience sebagai senjata utamanya. Dengan Monefy, seseorang hanya perlu memasukkan data setelah memperoleh income atau mengeluarkan biaya, misalkan untuk membeli kopi atau sekedar membayar ongkos taksi.

Monefy App

Sistem dalam aplikasi Monefy dapat mengkategorikan setiap transaksi dan pemasukan secara otomatis dalam histori keuangan, sekaligus mengupdate kondisi finansial Anda setelah melakukan setiap transaksi. Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa Monefy paling efektif untuk membantu para pengguna Smartphone yang ingin mengetahui detail transaksi keuangannya dari waktu ke waktu.

 

4. Quickbooks Accounting

Yang membuat aplikasi ini menarik adalah, fasilitasnya lebih diperuntukkan bagi pemilik bisnis. Quickbooks Accounting memang secara khusus menyediakan interface untuk memperlihatkan performa Profit/Loss dari waktu ke waktu. Selain itu, aplikasi garapan Intuit Inc ini memiliki dasbor Business Insights yang bisa membantu para pemilik usaha kecil untuk mengkategorikan pengeluaran bulanan dan membuat invoice secara otomatis.

Quickbooks Accounting

Dengan demikian, Quickbooks Accounting sangat cocok bagi pengusaha milenial yang baru merintis bisnis dan tak ingin repot mengatur pembukuan dengan cara tradisional. Rencana menabung tentu akan semakin mudah dan dapat dimaksimalkan setelah mendapatkan Insight yang terkoordinasi dari pemasukan dan pengeluaran Anda.

 

5. My Finances

Meskipun memiliki beragam fungsi yang kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, My Finances secara spesifik mengunggulkan pengelolaan dana rumah tangga yang dihadirkannya. Bisa dikatakan, 7csolutions selaku developer dari aplikasi ini lebih menyasar ibu rumah tangga atau kepala keluarga yang ingin mengatur kebutuhan rumah dengan lebih baik. Apabila ongkos belanja bulanan bisa lebih tertata, maka mengatur sisa dana yang dianggarkan untuk ditabung tentu tak lagi menjadi kendala besar.

Aplikasi Keuangan My Finances

 

6. Expense IQ

Expense IQ merupakan satu dari sekian banyak software aplikasi tabungan yang populer, terbukti dari 22,000+ pengguna yang sudah mengunduhnya di Play Store. Aplikasi tersebut memiliki berbagai fitur untuk mengelola keuangan dan perencanaan tabungan Anda.

Expense IQ App

Mengkombinasikan fitur pengelola pengeluaran, pengingat tagihan, catatan penggunaan cek, dan perencana keuangan, Expense IQ memungkinkan Anda untuk melihat tampilan kondisi keuangan pribadi secara lebih efektif dan efisien. Tak hanya itu, Anda juga bisa melacak pengeluaran harian dengan mudah dan cepat. Untuk Anda yang berwirausaha, Expense IQ juga bisa menampilkan catatan pengeluaran pribadi dan wirausaha secara terpisah.

 

7. Mobills Budget

Sesuai namanya, aplikasi keluaran Mobills Inc ini terkonsentrasi untuk membantu budgeting para penggunanya. Tampilan berandanya mampu menyajikan ringkasan keuangan yang mampu menampilkan beragam informasi penting dalam satu layar saja. Fitur lengkap dari Mobills Budget meliputi:

Mobills Budget App

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Mobills Budget sangat cocok bagi pengguna kartu kredit yang sering melakukan transaksi dan kesulitan melacak jenis-jenis pengeluarannya. Dengan pengaturan yang difasilitasi oleh Mobills Budget, Anda akan lebih mudah menata kondisi keuangan sehingga bisa mengatur rencana tabungan untuk masa depan yang lebih baik.

 

Tahukah Anda? Ada banyak fungsi tabungan yang bisa direncanakan baik. Tidak hanya untuk keperluan mendadak atau membeli barang-barang tersier, tabungan yang terencana juga bisa dipersiapkan sebagai dana pendidikan bagi anak-anak Anda di kemudian hari. Lebih lanjut tentang dana pendidikan bisa Anda dapatkan di artikel Menyiapkan Dana Pendidikan, Sebaiknya Mulai Kapan?