PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) membukukan penjualan Rp405.6 miliar di kuartal I/2024, 1 jam lalu, #Saham Indonesia | Top gainers LQ45 pagi ini adalah: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) 2.70%, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) 2.29%, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) 1.89%, 1 jam lalu, #Saham Indonesia | IHSG dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, naik 0.26% ke 7,054, 1 jam lalu, #Saham Indonesia | PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) menyampaikan jadwal pembagian dividennya sebesar Rp165 per saham, dijadwalkan pada pekan ini, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Cara Trading Menggunakan Pola Harmonic Bat

Hadi Alexander 31 Jan 2023
Dibaca Normal 5 Menit
forex > candlestick > #cara #cara-trading #harmonic-pattern #trading
Pola Harmonic Bat terkenal memiliki tingkat akurasi tinggi dan cocok digunakan untuk trader profesional. Lantas, bagaimana cara trading dengan pola ini?

Bagi trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading pasti sudah tidak asing lagi dengan Harmonic pattern atau pola XABCD. Pola ini merupakan pattern yang dipergunakan untuk analisis ciptaan Harold McKinley Gartley dan dibuat berdasarkan hubungan rasio dan simetri Fibonacci. Salah satu varian dari Harmonic pattern yang banyak digandrungi para trader profesional adalah pola Harmonic Bat.

Pola ini digadang-gadang memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Sama dengan Harmonic pattern lainnya, seperti Butterfly, Crab, dan Shark Harmonic pattern, pola ini juga menggunakan lima titik dan empat swing. Secara fungsi pun, pola Harmonic Bat juga bertujuan untuk melihat adanya reversal. Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi pola ini? Bagiamana menggunakan pola Harmonic Bat untuk trading? Berikut adalah penjelasan lengkap seputar pola Harmonic Bat yang perlu trader ketahui.

Apa Itu Pola Harmonic Bat?

Pada dasarnya, pola Harmonic Bat adalah alat analisis yang masuk dalam kategori Harmonic pattern. Pola ini memiliki bentuk yang menyerupai kelelawar dimana pola ini memiliki dua kaki yang panjangnya hampir sama. Seperti yang telah disinggung, pola ini memiliki lima titik yaitu X, A, B, C, dan D dan price swing yaitu XA, AB, BC, dan CD.

Jika formasi ini terbentuk secara sempurna, maka titik D akan menjadi titik reversal. Harga cenderung akan berbalik dan dikenal sebagai potential reversal zone. Di zona inilah biasanya para trader mengambil posisi dengan stop loss di atas atau di bawah garis X dan akan mengambil profit ketika berada di titik A atau lebih tinggi.

Pola Harmonic Bat bisa berupa bullish atau bearish, tergantung di mana ia muncul di grafik harga, pada kondisi uptrend atau downtrend. Tetapi jangan khawatir, jika semua kondisi terpenuhi dan memiliki rasio Fibonacci, maka itu sudah terkonfirmasi benar-benar sebagai pola Harmonic Bat.

Baca juga: Cara Menggunakan Harmonic Pattern untuk Trader Pemula

Cara Menarik Pola Harmonic Bat

Harmonic Bat pattern memang dikenal sebagai pola candllestick yang memiliki tingkat kerumitan tinggi. Itulah sebabnya pola ini hanya umum digunakan oleh para trader profesional. Meski demikian, siapapun sebenarnya bisa menggunakan pola ini asalkan memiliki kejelian dan pengamatan yang baik. Untuk lebih mudahnya, hal pertama yang harus diketahui adalah pengukuran Fibonacci pada pola Harmonic Bat. Selengkapnya, silahkan lihat beberapa poin berikut ini.

  • Kaki AB adalah retracement antara 38.2% hingga 50% rasio Fibonacci dari kaki XA.
  • Kaki BC melampaui titik X dengan rasio Fibonacci 88.6% dari kaki XA.
  • Retracement titik B adalah antara 38.2% hingga 50% dari kaki XA.
  • Price swing dari BC merupakan perpanjangan dari 161.8%-261.8% sampai 224% dari kaki XA.
  • Panjang dari titik X ke titik D adalah retracement 88.6%.
  • Kaki BC berada di 161.8%-261.8% dari level Fibonacci Retracement kaki CD.

Baca juga: Trik Trading Menggunakan Fibonacci Retracement Versi Finex

Agar lebih mudah dalam memahami, silahkan lihat gambar di bawah ini:

Cara Praktis Menggunakan Harmonic Bat Pattern

Lantas, bagaimana cara menggunakan pola Harmonic Bat? Sebenarnya, ada beberapa langkah praktis yang harus diketahui trader jika ingin menggunakan pola ini. Apa saja?

1. Gambar Pola Terlebih Dahulu

Untuk bisa menggunakan Harmonic Bat Pattern, trader harus bisa menggambarkan pola ini pada grafik. Namun ada beberapa platform trading yang bisa secara otomatis menggambar pola ini. Sehingga, untuk trader pemula sangat disarankan menggunakan platform trading yang bisa mendeteksi pola Harmonic Bat secara otomatis.

Gunakan tool XABCD drawing tool dan sesuaikan rasionya agar cocok dengan pola Harmonic Bat. Selain itu, disarankan agar menggunakan alat analisis teknis lainnya untuk mengkonfirmasi sinyal reversal seperti indikator Relative Strength Index (RSI) dan MACD.

Baca juga: Cara Melihat Peluang Pasar dengan MACD dan RSI

2. Tentukan Level Stop Loss

Langkah berikutnya setelah menggambar pola ini pada trading platform adalah dengan menentukan level stop loss. Pola Harmonic Bat juga memiliki keunggulan yaitu dapat memberikan level yang jelas dan pasti untuk stop-loss pada titik X. Jika harga tembus di bawah level X, maka pola tersebut tidak valid dan disarankan untuk segera keluar posisi.


3. Tentukan Target Profit

Setelah menentukan stop loss, para trader biasanya juga akan menentukan area target profit (TP) yang diinginkan sebelum melakukan trading. Hal ini bisa diakomodasi dengan baik menggunakan pola Harmonic Bat. Umumnya, area target profit akan ditempatkan pada level A. Namun, untuk TP sebenarnya trader bisa mengubahnya sesuai rasio risk/reward masing-masing.

Baca juga: Awas 3 Kesalahan Fatal Memasang Stop Loss Dan Take Profit

Pro dan Kontra Penggunaan Pola Harmonic Bat

Sama seperti pola candlestick lainnya, Harmonic Bat Pattern juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah berikut adalah beberapa pro dan kontra yang harus benar-benar dipertimbangkan sebelum menggunakan pola ini, antara lain:

Pro:

  • Tingkat keakuratan yang tinggi.
  • Memiliki titik yang jelas untuk mengambil profit dan stop loss.
  • Cocok untuk trader jangka panjang dan pendek.
  • Memiliki ratio risk/reward yang bagus.

Kontra:

  • Cukup rumit sehingga kurang cocok untuk trader pemula.
  • Tidak semua platform trading menyediakan alat untuk menggambar pola ini.

Kesimpulan

Harmonic Bat pattern adalah salah satu pola harmoni yang memiliki tingkat keakuratan yang baik; sehingga tak mengherankan bila pola ini kerap digunakan oleh trader profesional. Namun di lain sisi, pola Harmonic ini juga memiliki tingkat kerumitan tinggi sehingga para pemula akan mengalami kesulitan pada saat pertama kali menggunakannya. Meski demikian, bukan berarti pola ini tidak bisa dipelajari. Dengan mengetahui bagaimana cara menggambar Harmonic Bat dengan benar, serta mengetahui dasar-dasar penggunaannya, trader sudah bisa menggunakan pola ini untuk trading.

Meski dianggap memiliki tingkat akurasi yang baik, pola Harmonic ternyata memiliki jebakan-jebakan yang bisa sangat merugikan trader. Apa saja itu? Selengkapnya di 10 Jebakan Harmonic Pattern yang Perlu Diwaspadai.

Terkait Lainnya
PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) membukukan penjualan Rp405.6 miliar di kuartal I/2024, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Top gainers LQ45 pagi ini adalah: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) 2.70%, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) 2.29%, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) 1.89%, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, naik 0.26% ke 7,054, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) menyampaikan jadwal pembagian dividennya sebesar Rp165 per saham, dijadwalkan pada pekan ini, 1 jam lalu, #Saham Indonesia


Forum Terkait

Mudassir | 27 Jun 2012

Bagaimana cara pasang stop loss dan take profit yang benar saat trading?

Lihat Reply [50]

Untuk Aswin..

Arahkan mouse ke harga yang akan di close. Klik kanan, akan ada tampilan menu seperti dibawah ini. Klik Close.

Atau anda bisa klik tanda x di pojok atas dari trade yang floating profit.

Atau anda bisa menggunakan close profit dengan menggunakan script. Biasanya script ini dipakai untuk banyaknya posisi profit yang akan di close dalam 1 kali close. Anda bisa pilih Close All Profit di Mq4 - 5.


Thanks

Basir 21 Jun 2016

@ Salim:

- jam brp WIB pergantian candlestick dimulai pada TF H1, H4, dan D?

Tergantung dari selisih waktu jam server broker Anda dengan WIB. Kalau Anda menggunakan platform Metatrader, bisa Anda lihat pada kolom Time di Market Watch.

Pergantian untuk H1 adalah setiap 1 jam terhitung dari dimulainya candle sebelumnya. Untuk H4 setiap 4 jam terhitung dari dimulainya candle sebelumnya, dan untuk daily terhitung dari dimulainya jam buka dari candle sebelumnya.

- ….. Lalu teknik pending order sprt buy stop sell stop, berapa pips kah yg ideal dipasang sbg TP dan SL untuk semua TF tersebut?

Mengenai besaran pip TP dan SL, itu tergantung dari analisa Anda. Biasanya mengacu pada jarak posisi yang dibuka terhadap level resistance atau support terdekat. Selain itu, Anda bisa menentukan SL dan TP berdasarkan price action.

M Singgih 26 Aug 2019

kalau order sudah masuk pasar maka arahkan mouse ke orderan klik kanan. disana ada Modif isi dengan SL / TP



jika order baru Klik NEW ODER




demikian pun jika melakukan order pending. KLIK TIPE

Thanks

Basir 27 Jun 2012

@ Mudassir:

Stop loss (SL) dan take profit (TP) biasanya ditentukan dengan mengacu pada level-level support dan resistance terdekat. Jika support dan resistance tidak jelas, bisa digunakan Fibonacci retracement atau expansion. SL dan TP juga bisa ditentukan berdasarkan price action.

M Singgih 21 May 2019

Stoploss memang diset Untung membatasi Kerugian. Setingan SL bisa dibuat berdasarkan Margin.

Contoh .

Lot 0,01 = $ 0,01 Margin $ 0,30 ( leverage 1;500 )

maka minimal stoploss adalah 30 pips ( lihat margin di MT4 anda ketika BUY atau sell )

stoploss Bisa dipasang juga berdasarkan Indikator yang dipakai misal menggunakan Pivot Point.

BUY di S1 Stoploss di S2 Atau bisa berdasarkan Pola candle Pin Bar


untuk TP / Take Profit bisa :

1:1 > SL 30 TP 30
1:2 > SL 30 TP 60
1:3 > SL 30 TP 90

SL bisa berubah menjadi Profit + dengan menggunakan trailing Stop. atau menggeser SL

misal

BUY di 1.3500 SL 1.3470 TP 1.3590

Harga Naik ke 1.3574

Maka SL rubah menjadi 1.3550

BUY di 1.3500 SL 1.3550 TP 1.3590

ketika harga jatuh, maka kena SL namun profit +50

Thanks

TP = take profit
SL = stop loss

Basir 26 Feb 2013

@Albert Welieta: Penggunaan Stoploss (SL) dan Take profit (TP) diambil berdasarkan sistem trading yang kita punya. Dampak dari penggunaan SL dan TP adalah nilai reward/risk (RR). Penggunaan SL dan TP tidak akan ada yang sempurna karena market bersifat dinamis. Namun, pendekatan berdasarkan statistik data akan lebih baik untuk melihat berapa RR yang pas untuk sistem trading kita.

- Jika anda menggunakan SL terlalu dekat, maka SL akan sering kena namun potensi reward/risk akan semakin besar

- Jika anda menggunakan SL terlalu jauh, maka SL tidak gampang kena namun potensi reward/risk menjadi kecil

Oleh karena itu, Anda harus menguji sistem trading dengan trial and error, sehingga ketemu berapa perbandingan yang pas untuk sistem yang Anda gunakan.

Terima Kasih

Kiki R 27 Oct 2019

Arti Stop Loss itu Membatasi Kerugian.

Contoh BUY EUR/USD 1,2820 Stop Loss 1,2730





Anda bisa BUY / SELL dulu lalu anda bisa pasang Stop loss.
Arahkan mouse ke harga yang sudah masuk
Klik Kanan, pilih modify or Delete Order
lalu isi


Thanks

Basir 10 Jul 2013

@azri: Cara menggunakan stoploss order pada metatrader 4 (atau 5) adalah dengan mengisi kolom stoploss pada saat melakukan entry posisi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Klik new order (bisa dengan klik kanan pada grafik lalu klik trading, lalu klik new order). Atau bisa dengan cara menekan F9 pada keyboard.

2. Setelah panel order telah muncul, masukkan nilai pada kolom stoploss yang telah disediakan.

3. Klik "sell" atau "buy"

Terima Kasih

Kiki R 31 Oct 2019

Stop loss menurut arti katanya adalah menghentikan kerugian. Dalam forex trading, istilah stop loss adalah menutup posisi yang sedang rugi pada level tertentu dikarenakan kita memprediksi bahwa jika posisi tidak di tutup maka kerugian akan bertambah besar.

Thanks.

Basir 2 Sep 2014

@ Bambang Priyono:
- Jika Anda membuka posisi buy, maka level take profit lebih tinggi dari level stop loss, sebaliknya jika membuka posisi sell, maka level stop loss lebih tinggi dari level take profit.
- Nilai selisihnya (dalam pip) tergantung dari pergerakan harga pasar itu sendiri. Biasanya level stop loss dan take profit ditentukan berdasarkan level-level support atau resistance. Bisa juga stop loss ditentukan berdasarkan level-level support yang terdekat (untuk posisi sell) atau resistance terdekat (untuk posisi buy), sedang level take profit ditentukan berdasarkan risk/reward ratio yang telah Anda rencanakan.
- Ada beberapa cara menentukan level stop loss.
Semoga bisa membantu.

M Singgih 4 Apr 2015

Dalam kondisi yang sedang anda hadapi, saran kami anda bisa menentukan stop loss senilai margin yang di kunci oleh broker. Misal margin yang kunci sebesar 6, maka anda bisa menentukan stop loss sebesar itu. Saat harga melambung atau turun drastis, dan position anda tampak profit, anda bisa menggeser stop loss menjadi nol atau senilai dari order anda. Saat harga menyentuh stop loss maka nilai profit/loss anda adalah nol

Disisi lain anda bisa menjadikan stop loss menjadi sebuah keuntungan. Saat harga menyentuh stop loss anda mendapat keuntungan.

Contoh, anda BUY EUR/USD 1.3450 SL 1.3410 TP 1.3550

Harga naik menuju 1.3539, anda menggeser stop loss menjadi 1.3470, ternyata harga turun dan menyentuh stop loss maka anda akan tetap profit sebesar 20 pips.

Thanks

Basir 17 Oct 2014

Tidak ada aturan tentang hal ini. Hanya saja sebaiknya nilai Stop Loss sesuai dengan margin yang dikunci oleh broker.

Thanks.

Basir 27 Oct 2014

iya, ane juga sering baca rekomendasi untuk menempatkan sl juga perlu memperhatikan volatilitas jg.. knp ya?

Icha Ang 6 Dec 2014

@ Ella, @| icha ang :
Ya, benar. Volatilitas tinggi berarti range pada periode tersebut tinggi, jadi kalau stop loss Anda terlalu dekat kemungkinan besar akan kena. Sebaliknya kalau volatilitas sedang rendah berarti harga bergerak dalam range yang sempit, dan jika stop loss Anda terlalu jauh maka akan mubasir atau tidak efisien (terutama jika Anda trader harian).
Jadi untuk mengetahui berapa kira-kira stop loss yang pas sebaiknya memang mengetahui range trading pada saat itu, dan indikator untuk mengetahui range adalah ATR (Average True Range).

M Singgih 9 Feb 2015

@ Tony:
Tergantung dari kekuatan pergerakan trend saat itu. Kalau Anda sudah profit dan trend sedang kuat maka level stop loss (SL) bisa digeser ke breakeven dan perbesar level target profit (TP). Tetapi kalau pergerakan trend tidak cukup kuat biarkan SL dan TP sampai salah satunya tereksekusi.

Jika Anda menggeser SL ke level breakeven berarti Anda menggunakan trailing stop secara manual. Anda juga bisa menggunakan fasilitas trailing stop pada software platform trading dimana SL akan tergeser secara otomatis ke level breakeven jika sudah profit.
Anda juga bisa memperbesar potensi keuntungan ketika pergerakan trend sedang kuat dengan membuka posisi lagi dan menggeser SL ke level breakeven. Dalam hal ini Anda menggunakan strategi pyramiding.

M Singgih 14 Jul 2016

Untuk ferdian..

Saat anda set stoploss, perhatikan jarak atau aturan dari broker yang anda gunakan. Seperti contohnya di bawah ini.

Ini berarti jaraknya minimal 3 pips dari harga BUY atau SELL.
Saat BUY di 1.5003, maka Stop lossnya minimal di 1.5000. Ini untuk broker 4 digit. Kalau anda menggunakan broker 5 digit bearti 30 pips.

Terima kasih.

Basir 13 Jan 2017

@ Vandesa Perdana Sisminto:

- .… jika saya pasang order buy di pair eurUSD di 1.4505.0 spread 2.0 pips maka order saya pasti yang kena harga di atasnya harga 1.4505.0 + 2.0,…

Jawaban:
Order buy pada harga 1.4505.0 (format untuk 5 digit)
Spread 2.0 pip
Kalau spread tidak melebar (pasar dalam kondisi normal) maka Anda akan mendapatkan order tersebut ketika pergerakan harga di broker Anda telah menunjukkan:
harga Bid: 1.45030 (5 digit) dan Ask: 1.45050.
Harga untuk order buy adalah pada harga Ask, jadi Anda akan mendapatkan harga 1.45050 seperti yang Anda order.

- …. jika saya pasang SL 50.0 pips maka yang kesentuh SL 50.0 pips itu harga bid apa harga ask??

Jawaban: Jika SL Anda tereksekusi, maka yang tersentuh adalah pada harga Bid. Karena order Anda buy (pada harga Ask) jadi akan ditutup pada harga sell-nya (Bid).

-…. Dan sebaliknya untuk SL.

Jawaban: Mungkin maksud Anda untuk TP. Untuk SL sudah Anda tanyakan.
Untuk TP sama saja, akan ditutup pada harga sell-nya (Bid).

M Singgih 3 Mar 2017

@ Riki:

Bisa, dan seharusnya memang ditentukan secara bersamaan pada saat entry di new order.
Semua platform trading ada fasilitas penentuan stop loss dan take profit pada new order. Kalau Anda menggunakan Metatrader 4, di New Order akan muncul box sbb:



Anda bisa langsung menentukan harga stop (Stop Loss) dan harga target (Take Profit) secara bersamaan sebelum mengeksekusi odernya.

Kami sarankan agar selalu menentukan stop loss dan take profit setiap kali entry, dengan risk/reward ratio minimal 1:1. Stop loss ditentukan berdasarkan besarnya resiko yang Anda inginkan untuk setiap kali entry.

M Singgih 29 Sep 2017

@ Puji Rahayu:

- Apa bisa kita menentukan take profit dan stop loss berdasarkan harga tertinggi dan terendah saat itu.

Bisa, dan sering dilakukan trader. Dalam hal ini Anda menggunakan acuan level support (harga terendah) untuk target profit posisi sell dan stop loss posisi buy, dan level resistance (harga tertinggi) untuk target profit posisi buy dan stop loss posisi sell.

- …… Apa kita harus mengetahui rata2 pergerakan pips pair mata uang untuk menentukan take profit dan stop loss

Itu kalau Anda ingin menentukan take profit dan stop loss berdasarkan level support atau resistance dinamis, yaitu berdasarkan kurva moving average (bisa SMA atau EMA). Tetapi Anda harus menentukan periode rata-ratanya, misal 50 hari untuk SMA 50 atau EMA 50 pada time frame daily, dsb. Dan itu tidak ada acuannya.
Setahu kami cara ini jarang digunakan, lebih banyak yang menggunakan acuan level support dan resistance garis horisontal.

M Singgih 11 May 2019

@ Kadesie:

Sejak adanya bisnis trading, mungkin sekitar abad ke 18.
Perlu Anda ketahui bahwa stop loss dan target profit adalah strategi baku dalam trading, yang mendasari teori position sizing dan risk/reward ratio. Sedangkan position sizing dan risk/reward ratio sudah dikenal sejak lama.

M Singgih 24 Jun 2019

@ Susila:

Besar kecilnya range stop loss (SL) ditentukan berdasarkan keadaan riil di pasar. Ketika pasar sedang trending dan volatilitas sedang tinggi maka stop loss relatif lebih besar (lebar) dibandingkan ketika pasar sedang sideways. Acuan untuk menentukan batas-batas level stop loss bisa dari level support atau resistance, level Fibonacci retracement atau expansion, kurva dari indikator Bollinger Bands atau level tertinggi atau terendah sebuah bar candlestick (price action).

Target profit (TP) juga ditentukan berdasarkan keadaan riil di pasar. Acuan batas-batas level TP juga bisa dari level support atau resistance, level Fibonacci retracement atau expansion, kurva dari indikator Bollinger Bands atau dari price action. Menentukan Target Profit Yang Sederhana Dan Efektif.
Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan risk/reward ratio, yaitu SL dibanding dengan TP. Biasanya minimal perbandingannya 1:1, atau minimal SL=TP. Kalau bisa usahakan TP lebih besar dari SL.

M Singgih 18 Sep 2019

@ Andriana:

Biasanya stop loss (SL) ditentukan berdasarkan level support atau resistance terdekat. Kalau level support atau resistance tidak tampak jelas, bisa mengacu pada price action, atau level-level Fibonacci retracement atau expansion.


Untuk target profit (TP), agar dalam jangka panjang bisa menghasilkan profit yang konsisten, sebaiknya ditentukan berdasarkan risk/reward ratio. Dalam hal ini risk/reward ratio minimal adalah 1:1.

M Singgih 3 Dec 2019

gk nyambung. Ditanya apa, dijawab apa hahaha

Dodol 29 Jun 2020

Kalau scalping set SL nya gimana pak? Kadang kan membuka posisi banyak banget tuh, kemudian posisinya juga gampang ke close. Cara efektif biar bisa masang SL cepet untuk scalper gimana ya pak?

Rony S 11 Nov 2020

@ Rony S:

Setahu saya untuk scalping tidak harus menentukan SL dan TP. Scalper biasanya langsung entry ketika ada sinyal dari price action atau dari indikator teknikal, dan cepat exit.
Dalam hal ini cepat di-cut loss jika ternyata salah posisi, atau kalau sudah profit sedikit langsung keluar (closed). Kemudian tunggu atau cari sinyal lagi, baik pada pair yang sekarang ditradingkan atau pair-pair lainnya.

M Singgih 12 Nov 2020

Coment apa?😊

Terimakasih mohon ijin untuk mempelajari nya

Yoas 13 Apr 2021

Bukannya kalo scalping itu buka posisi sampai 50 posisi ya pak? Soalnya saya pernah lihat temen saya begitu. Dan dia katanya juga tidak pakai robot. Saya juga bingung itu, gimana setting SL nya kalo posisi ordernya begitu banyak yang kebuka.

William 6 Jul 2021

@ William:

Mengenai membuka banyak posisi, itu tergantung dari strategi trader. Mungkin saja trader tsb membuka banyak posisi pada banyak pair. Jika trader tsb adalah scalper, ketika membuka banyak posisi sebaiknya memasang SL dan TP pada setiap posisi yang dibuka, karena akan sulit memantau kapan harus closing jika tanpa SL dan TP.

SL dan TP bisa langsung ditentukan pada setiap kali membuka posisi.

M Singgih 7 Jul 2021

@Reza Fadillah:

Untuk kasus seperti ini ada banyak sekali solusinya pak dan bergantung pada jenis strategi apa yang digunakan. Contohnya jika bapak menggunakan asas Pivot Point sebagai acuan maka bapak bisa meletakkan Stop Loss pada level Resistance ataupun Support yang ada pada Pivot Point.

Dalam kasus penggunaan level Support dan Resistance dalam trading, maka bapak juga bisa menempatkan Stop Loss pada level SnR selanjutnya.

Jika dalam kasus penggunaan indikator trend seperti Moving Average ataupun Bollinger Bands sendiri penempatan Stop Loss ini akan menjadi cukup sulit. Terlebih lagi jika Breakout yang dihasilkan membentuk Candlestick Momentum kuat tanpa diiringi Tail ataupun Shadow. Jika menggunakan strategi jenis ini, ada baiknya bapak menunggu terbentuknya Candlestick berlawanan sebelum Entry baru kemudian menempatkan Stop Loss pada nilai High/Low Candlestick Breakout (perhatikan contoh gambar)

Dengan menunggu konfirmasi berupa Candlestick berlawanan tersebut, presentasi winrate yang dihasilkan posisi akan meningkat drastis. Selain itu akan lebih mudah dalam menempatkan Stop Lossnya. Namun, jika memang ingin membuka posisi sesaat setelah Breakout terjadi tanpa perlu konfirmasi, bapak bisa menetapkan jarak Stop Loss manual sesuai keingingan atau dengan menggunakan metode penentuan nilai Stop Loss dengan ATR.

Demikian sedikit dari saya, semoga bisa sedikit membantu.

Nur Salim 12 May 2022

Saya punya masalah dgn Stop Loss dan Take Profit ini karena saya tidak mau rugi besar dgn trading saya di forex tsb...gimana caranya saya pakai stop loss dan take profit ini ya? Terima kasih.

Albert Welieta 26 Feb 2013

saya pemula. Untuk membuat stop loss dan take profit yang saya inginkan nggak pernah bisa, mohon bantuannya, terima kasih.

Susila 17 Sep 2019

Mau tanya pak, perhitungan stop loss & take profit yg benar itu bgmn? Untuk setiap order sell/buy itu saya masih bingung apakah sl atau tp yg lebih tinggi. Dan kira-kira berapa nilai yg sesuai yg bisa diajukan dr selisih harga order kalau ttp ingin mendapat profit yg diinginkan meskipun pake stop loss?

Bambang Priyono 2 Sep 2014

Apa bisa kita menentukan take profit dan stop loss berdasarkan harga tertinggi dan terendah saat itu. Apa kita harus mengetahui rata2 pergerakan pips pair mata uang untuk menentukan take profit dan stop loss

Puji Rahayu 10 May 2019

Saya ingin tahu sejarah asal usul stop loss dan take profit. Kira kira sejak tahun berapa dtop loss dan take profit mulai diperkenalkan. Terima kasih

Kadesie 23 Jun 2019
apakah stop loss dan take profit bisa di lakukan secara bersamaan pada new order?
Riki 27 Sep 2017

Master,bagaimana cara menggunakan Stop Loss dlm trader

Azri 10 Jul 2013

mana cara yang paling tepat untuk menentukan stop loss di antara position sizing, pola market, dan volatilitas pasar?

Eka Doank 17 Oct 2014

Kenapa Stop loss harus ditentukan lebih jauh ketika volatilitas tinggi dan lebih dekat saat volatilitas rendah?

Ella 27 Oct 2014

jam brp WIB pergantian candlestick dimulai pada TF H1, H4, dan D?

Lalu teknik pending order sprt buy stop sell stop, berapa pips kah yg ideal dipasang sbg TP dan SL untuk semua TF tersebut?

Terima kasih.

Salim 22 Aug 2019
Bagaimana ya caranya supaya berhasil set stop loss? Sy coba2 terus tapi gagal...
Ferdian 13 Jan 2017
Setelah profit sebaiknya stoploss dibiarkan saja atau digeser ke breakeven?
Tony 12 Jul 2016
Saya mau tanya jika saya pasang order buy di pair eurUSD di 1.4505.0 spread 2.0 pips maka order saya pasti yang kena harga di atasnya harga 1.4505.0 + 2.0, pertanyaan saya jika saya pasang SL 50.0 pips maka yang kesentuh SL 50.0 pips itu harga bid apa harga ask?? Dan sebaliknya untuk SL. mohon bantuannya
Vandesa Perdana Sisminto 28 Feb 2017

Selamat siang, kalau kita masuk melawan trend saat sedang breakout, dimana sebaiknya kita menempatkan Stop Loss mengingat harga saat itu sedang berada di titik tertinggi atau terendahnya?

Reza Fadillah 12 May 2022

Pak bgmn cara mmsang SLTP yg bnar? Bolehkah pasangnya cm asal selisih brpa pip dg entry?

Andriana 30 Nov 2019
Saya baru belajar di Akun Demo. Sudah beljar trading. Tapi bingung waktu mau mengeksekusi
nya waktu dapat profit. Apa bisa tolong diperlihatkan screenshotnya bagaimana bentuknya dan bagaimana cara bukanya.
Terima kasih banyak master..
Aswin 20 Jun 2016

Saya kurang paham dengan MIFX, kenapa harus di atur SL? kebayang kalo ada pembalikan. Kasian trader pemula dan modal kecil. Saya sempet coba dan ternyata bener.

Boy Pangarep 24 Feb 2023

Boy Pangarep: sebenarnya manfaat dari mengatur SL itu sendiri justru untuk melindungi dana agar tidak sampai habis (Margin Call). Jadi kalau memang terjadi pembalikan, itu adalah salah satu risiko trading. Karena itu, sebelum membuka posisi kita harus memperhitungkan risk and rewardnya.

Tidak hanya di MIFX, semua broker juga menyediakan fitur memasang SL. Untuk lebih memahami soal manfaat SL dan perhitungan risk reward, bisa membaca artikel berikut:

Ananta 27 Feb 2023

Boy Pangarep:

Lho, emangnya MIFX ngatur-ngatur SL kita? beneran nih? di akun apa?

Sofiyan 1 Mar 2023

Boy Pangarep:

Mohon dijelaskan lebih detail tentang masalahnya pak. Saya jujur kurang bisa menangkap maksudnya. Apakah MIFX secara sengaja mengatur dan mengeset SL atau bagaimana?

Nur Salim 7 Mar 2023

Reza Fadillah:

Saran bung Nur Salim itu bagus.

Selain itu, bisa juga pasang stop loss sesuai rasio risk reward. Misalnya risk reward 1:2, jadi target 100 pips, SL 50 pips. Jadinya emang kadang nggak match sama situasi market, tapi paling simpel sih

Sofiyan 13 Mar 2023
Yuri Chocoru | 24 Apr 2013

Selamat pagi Master.
Saya ingin menanyakan sistem carry trading.
Saya sedang menjalankan akun demo di broker XeMarkets. Lalu saya melihat simbol di mata uang EUR/ZAR untuk mengetahui besar swapnya. Pada keterangan simbol EUR/ZAR tersebut saya melihat swap short nya sebesar 137.3 dan swap long nya sebesar -185.1. Lalu saya mencoba OP Sell sebesar 1 lot pada mata uang tersebut dengan tujuan agar mendapatkan swap (bunga) sebesar 137.3 tadi. Namun keesokan harinya, pada OP Sell, saya hanya mendapatkan swap sebesar 14.92.
Kenapa hal itu bisa terjadi master? Sebenarnya sistem carry trading itu seperti apa? Kenapa pada keterangan simbol itu 137.3, tapi pas saya coba sell justru hanya mendapatkan swap 14.92?
Mohon penjelasannya master.
Terimakasih banyak sebelumnya.

Lihat Reply [11]

Carry Trade memang seperti itu, mencari keuntungan tambahan denga bunga postif baik sell / Buy. keuntungan bisa berubah. tergantung dari kebijakan broker sendiri termasuk dari hasil suku bunga yg di rilis oleh bank sentral negara yg bersangkutan.

Yang tadinya buy bisa jadi minus atau sebaliknya. yang tadinya BUY bunga 10% bisa jadi dapat 2% setelah ada kebijakan baru dari bank sentral.

Vari aman saja, jika Carry trade dipandang kurang menguntungkan.

ok, Thanks

Basir 24 Apr 2013

@Yuri Chocoru: Trading dengan carry trade mendapatkan keuntungan dari selisih nilai bunga mata uang yang ditransaksikan. Dalam hal ini, swap short dikurangi dengan swap long (185.31 - 137.3) menghasilkan nilai sebesar 48.01. Berikut ini rumus carry trade:

Sebagai contoh anda buy 100,000 (1 lot) EUR/USD pada harga 1.2000. Suku bunga EUR di 4% dan suku bunga USD di 2%. Maka nilai dollar harian yang anda dapatkan adalah:

Jadi, anda mendapatkan $4.57 setiap hari selama menahan posisi long EUR/USD tersebut. Jika anda sell (short), maka jumlah carry trade akan menjadi minus selama posisi short tersebut ada.

Terima Kasih

Kiki R 29 Oct 2019

Strategi carry trade adalah strategi trading forex yang tidak menargetkan keuntungan dari selisih kurs jual dan kurs beli, melainkan mengincar keuntungan dari selisih suku bunga antara dua negara berbeda.

Sederhananya, trader membeli mata uang berbunga besar dengan menjual mata uang berbunga lebih rendah. Contoh:

Suku bunga JPY: -0.10%

Suku bunga GBP: 0.75%

Dalam situasi ini, trader yang membeli GBP/JPY akan memperoleh keuntungan dari selisih bunga di atas.

Aisha 6 Apr 2022

Apa yang dimaksud dengan strategi carry trade beserta gambaran contohnya?

Imam Syafii 1 Apr 2022

Carry Trade ini sifatnya hanya sebagai tambahan saja dari strategi biasa atau memang bisa dijadikan strategi khusus untuk mendulang keuntungan di market ya? Kan meski dapat Swap positif tapi posisinya merugi jatuhnya juga bisa rugi juga pak. Mohon pencerahannya

Jualita Nirwana 23 Jun 2022

Carry trade biasanya digunakan oleh para trader besar dan manajer investasi kawakan. Mereka bukan hanya menggunakan satu strategi investasi saja, melainkan memiliki portofolio yang terdiri atas banyak sekali aset dan banyak strategi.

Bagaimana kalau dapat swap positif tapi harga turun? Nah, itulah pentingnya "strategi". Carry trade bukan hanya memilih mata uang mana yang punya bunga lebih tinggi, tetap juga punya prospek menguat lebih besar.

Aisha 26 Jun 2022

Apakah strategi carry trade mungkin bisa dlakukan untuk trader dengan modal terbatas?

Benedion 2 Sep 2022

Carry trade sukar sekali untuk trader bermodal cekak. Masalahnya, carry itu terutama mengincar pendapatan dari bunga (bukan dari selisih harga jual dan harga beli). Padahal, besar-kecil bunga itu sendiri sangat tergantung pada modal pokok.

Gambarannya begini: Anggaplah selisih bunga valas yang dibeli/jual oleh trader A adalah 2%. Jika trader A punya modal 100 dolar, dia hanya akan dapat bunga 2 dolar. Jika trader A punya modal 100 ribu dolar, dia bisa dapat bunga 2000 dolar.

Nah, pikirkan aja, siapa yang mau trading cuma demi cuan 2 dolar!?

Aisha 6 Sep 2022

Benedion: Strategi carry trade adalah suatu strategi di pasar keuangan di mana seorang trader meminjam dengan suku bunga rendah dalam satu mata uang untuk berinvestasi dalam instrumen dengan suku bunga yang lebih tinggi dalam mata uang lain. Tujuan dari carry trade adalah untuk mendapatkan selisih suku bunga (atau carry) sebagai keuntungan.

Meskipun strategi carry trade dapat menghasilkan keuntungan yang menarik bagi trader, terutama jika selisih suku bunga antara dua mata uang cukup besar, namun strategi ini juga melibatkan risiko tertentu yang perlu dipahami bahwa untuk trading dengan strategy tersesbut memang harus memiliki modal yang memadai

Galuh 23 Jul 2023

Jawaban untuk Imam Syafii:

Strategi carry trade adalah strategi trading yang memanfaatkan perbedaan suku bunga antara dua mata uang.

Contoh carry trade:

Suku bunga di Australia adalah 3,5%, sementara suku bunga di Jepang hanya 0,1%.

Trader membeli AUD/JPY dan menahan posisinya agar mendapatkan keuntungan dari selisis suku bunga AUD dan JPY.

Kiki R 28 Jul 2023

Jawaban untuk Jualita Nirwana:

Carry trade bisa menjadi bagian dari strategi trading yang lebih luas atau digunakan sebagai strategi khusus untuk mencari keuntungan di pasar. Carry trade bukanlah strategi yang bebas risiko, dan seperti halnya dengan strategi perdagangan lainnya, memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Meskipun carry trade dapat menghasilkan bunga positif yang signifikan, trader harus menyadari beberapa risiko seperti risiko perubahan suku bunga, risiko nilai tukar, risiko perubahan sentimen pasar, dan risiko likuiditas.

Carry trade juga tidak cocok untuk semua kondisi pasar. Di pasar yang sangat volatil atau ketika risiko perubahan suku bunga atau perubahan sentimen pasar tinggi, carry trade dapat menjadi lebih berisiko dan kurang menarik.

Kiki R 28 Jul 2023
Donny Septian | 21 Dec 2015
Bagaimana cara kerja Trailing Stop??

Karena saya seorang mobile trader dan menggunakan MT4 android krna lbh praktis dan efisien dlm menunjang keseharian saya dbanding dgn menggunakan laptop untuk trading. Dan fitur trailing stop ini sangat membantu saya untuk mengamankan profit yg saya dapat. Namun di MT4 platform android tidak trdapat fitur trailing stop!!

Bagaimana cara mengaktifkan fitur trailing stop untuk platform android? Apa ada instalasi khusus? Atau saya harus melakukan trailing stop manual (geser SL manual)?

Trims!

Lihat Reply [35]

Trailing Stop adalah fasilitas yang ada di MT4, yangt berfungsi mengunci keuntungan, saat terjadi floating profit.

Thanks.

Basir 13 Aug 2014

Apakah saat trailing stop kena profit kita langsung tereksekusi & posisi otomatis diclose? Cara kerja trailing stop tepatnya bagaimana & mohon pengertiannya juga untuk cara memasangnya?

Terima kasih

Tony Sudira 9 Aug 2016

Untuk Tony Sudira..

Saat Anda BUY lalu harga naik jauh, lalu anda melakukan set trailing stop. Maka harga set akan berada di S/L (stop loss) dan berada di bawah harga BUY. Saat harga pasar jatuh / turun kebawah, maka akn menyentuh S/L atau Trailing stop tersebut. Maka order tereksekusi dan anda profit.

Demikianpun saat anda SELL, lalu harga turun jauh, lalu anda melakukan set trailing stop. Maka harga set akan berada di S/L (stop loss) dan berada di atas harga SELL. Saat harga pasar melambung / naik, maka akan menyentuh S/L atau Trailing stop tersebut. Maka order tereksekusi dan anda profit.

Kesimpulannya Trailing Stop merupan Stop Loss Profit yang bisa di set otomatis atau manual.

Contoh dibawah ini SELL, trailing stop diset secara manual

Untuk manual arahkan mouse klik kanan, klik Modify. Lalu isi STOP LOSS di bawah harga sell diatas harga pasar yang sedang berjalan.

Basir 11 Aug 2016

TS lebih tepatnya bisa menggeser SL scr otomatis pada setiap pergerakan harga sesuai yang diatur. Jadi misalnya set TS 20 pip untuk order buy, berarti setiap harga naik 20 pip maka SL akan bergerak naik 20 pip. Demikian seterusnya jika harga terus naik. Order terclose secara otomatis kalau harga berubah turun dan menyentuh SL yang sudah bergeser naik tadi, atau ditutup manual sendiri karena sudah mencapai target profit.

Firman Erlangga 12 Aug 2016

@ rose:

Trailing stop adalah sebuah fasilitas yang disediakan broker untuk memaksimalkan profit, ketika kondisi pasar sedang trending dengan kuat. Dalam hal ini secara otomatis level stop loss (SL) akan digeser sebesar nilai awal yang telah ditentukan, jika target profit (TP) telah mencapai besaran nilai SL awal tsb.


@ Tony Sudira:

- Apakah saat trailing stop kena profit kita langsung tereksekusi & posisi otomatis diclose?

Apa maksud trailing stop kena? Dalam hal ini kalau harga tidak bergerak sebesar nilai stop loss (SL) yang telah ditentukan, dan berbalik arah, maka trailing stop berfungsi sebagai SL biasa. Jadi SL bisa kena, dan posisi Anda ter-close (tereksekusi).

Tetapi jika harga bergerak sesuai arah trend dan mencapai nilai sebesar nilai trailing stop yang telah Anda tentukan, maka posisi Anda tidak akan ter-close karena tidak ada target profit (TP) yang ditentukan. Jadi profit Anda akan terus bertambah sebesar nilai trailing stop yang telah Anda tentukan sebelumnya.


- … Cara kerja trailing stop tepatnya bagaimana & mohon pengertiannya juga untuk cara memasangnya?

Untuk penjelasan yang lebih lengkap silahkan baca: Cara Kerja Trailing Stop Forex Dan Manfaatnya

M Singgih 18 Nov 2019
@Rose
dari pengalaman saya pakai Trailing Stop jangan gunakan ketika awal entry. tapi gunakan setelah BEP tercapai. misalnya entry Buy di EURUSD 0.01 lot di harga 1,07800 harga naik ke 1,07950 ketika sudah BEP (stop loss digeser ke harga entry 1.07800)maka Trailing stop sudah bisa digunakan. pengalaman saya ketika pakai trailing stop di awal entry malah loss sering terkena, tapi setelah lewat BEP malah jadi profit. ini hanya saran.
Bambang Sujatmiko 24 Apr 2020

Untuk Aji....

Indikator adalah alat bantu untuk menganalisa harga. Sebuah indikator bisa di padukan dengan Trailing Stop. Dengan ketentuan, order yang anda gunakan sudah berada dalam posisi +. anda bisa menggunakan Trailing stop manual, yang mana traing ini adalah merubah SL - menjadi SL +.

Misal anda BUY EUR/USD 1.5000 TP 1.5200 SL 1.4950.

Harga sudah berada di 1.5000 atau diatasnya, maka SL sebelumnya bisa di naikan menjadi 1.4950 keatas.

Ada EA/Robot Trailing stop. Hanya saja trading yang menggunakan EA, komputer harus ON terus. Jika OFF maka EA tidak akan berfungsi.

Thanks.

Basir 3 Nov 2016

@ aji:
Untuk mengambil keputusan apakah Anda ingin menggunakan trailing stop atau tidak biasanya didasarkan pada trend dan volatilitas. Jika trend kuat dan atau volatilitas tinggi maka trailing stop bisa digunakan.
Nah, indikator trend yang lazim digunakan adalah moving averages (bisa atau ema) dan ADX, sedang indikator volatilitas yang sesuai dalam hal ini adalah ATR (Average True Range).

M Singgih 5 Nov 2016

Untuk Donny Septian,

Trailing Stop adalah fasilitas/layanan yang diberikan oleh broker kepada nasabahnya.Trailing stop merupakan cara untuk mengunci keuntungan. Benar, anda bisa menggunakan Trailing Stop di android anda dengan geser Stop Loss manual.

Sebetulnya Trailing Stopp adalah Stop Loss positif, dengan maksud merubah stop loss negatif/minus menjadi Stop Loss positif/profit.

Contoh :

Anda Melakukan Order EUR/USD

BUY 1.5000
Stop Loss 1.4950
Take Profit 1.5100

Harga naik ke 1.5075, maka anda bisa merubah Stop Loss. Anda ganti dengan 1.5050

(terserah yang penting diatas harga BUY, setelah terlihat profit, dan perhatikan batas minimal yang ditentukan broker)

Jadi BUY EUR/USD di 1.5000 Stop Loss di 1.5050 dan Take Profit 1.5100.

Dalam hal ini anda telah mengunci keuntungan sebesar 50 point. Harga jatuh kembali, anda tetap profit (+50)

Demikian pun saat anda SELL.

Intinya merubah/ memasang/ mengisi/ menggeser Stop Loss menjadi diatas Harga BUY atau dibawah harga SELL setelah terlihat profit.

Jadi anda tinggal membuka fasilitas modifikasi order di MT4 android. Cara kerja ini sama dengan Trailing stop.

Thanks.

Basir 22 Dec 2015
Jadi sebetulnya emang nggak ada trailing stop di MT4 android ya bang?
Emang sih, bisa diakalin dg modifikasi sl, tapi itu berarti musti manual trailing stopnya.
Ndak bisa otomatis spt di MT4 komputer.
Aliya 27 Jul 2016

Untuk Aliya,

Di metaratder 4 for android tidak ada trailing stopnya, traling stop hanya bisa di metrader for dekstop.

Thanks.

Basir 29 Jul 2016

Dalam pengaturan script mt4 Trailing stop saya mendapatkan setting yang bernama Trailing Step. Perbedaannya apa ya?

terima kasih

DiamondHead 2 Oct 2018

@ DiamondHead:

Trailing step adalah fasilitas tambahan untuk settingan pip yang lebih kecil dari yang diset di trailing stop.
Misal trailing stop diset 30 pip dan trailing step diset 5 pip, berarti setiap kenaikan 5 pip, stop loss-nya akan ikut bergeser sebesar 5 pip.

Misal:
Buy EUR/USD di 1.1550, trailing stop diset 30 pip, dan trailing step = 5 pip. Berarti stop loss (SL) di 1.1520.

  • Ketika harga bergerak naik dan mencapai 1.1580, trailing stop mulai aktif dan menggeser SL dari 1.1520 ke 1.1550 (breakeven).
  • Ketika harga lanjut bergerak naik ke 1.1585, maka trailing step aktif, dan SL bergeser ke 1.1555, karena trailing step diset 5 pip increment.
  • Ketika harga mencapai 1.1610 (1.1580 + 30 pip), maka SL akan bergeser ke 1.1580 (dari trailing stop).
  • Ketika harga di 1.1615, maka SL akan naik dan bergeser ke level 1.1585 (1.1580 + 5 pip), akibat trailing step yang 5 pip.

Begitu seterusnya.

M Singgih 3 Oct 2018

Maaf pak @m singgih, berarti trailing step itu harus lebih kecil dari trailing stopnya ya intinya pak? Terima Kasih

Adit 7 Aug 2019

@ Adit:

Ya, benar. Kalau lebih besar dari pip pada trailing stop berarti setting trailing stop-nya saja yang dirubah.

M Singgih 13 Aug 2019

@ Zamzami:
- Anda menentukan trailing stop-nya berapa point (pip), 20 atau 25?
- Setelah mencapai trailing point misalnya 20 point, berarti TS Anda sudah bekerja dan Anda sudah pernah profit minimal 20 pip, dimana pada keadaan Anda profit 20 pip maka stop loss Anda sama dengan harga entry (breakeven). Jika kemudian order Anda ter-closed berarti stop loss-nya kena (tereksekusi) karena harga bergerak balik arah. Kalau harga bergerak sesuai dengan posisi Anda maka level stop loss (TS) akan bergerak mendekati harga pasar dan profit yang sudah Anda peroleh sebelumnya akan terkunci (save profit).

- Ada tip untuk penggunaan trailing stop: saat pergerakan pasar tenang atau cenderung sideways jarak trailing stop sebaiknya kecil (10 - 20 pip), tetapi saat pasar trending dengan kuat jarak trailing stop bisa 50 pip atau bahkan lebih.

M Singgih 25 Apr 2016

Untuk Eka wulandari..

Hal ini tergantung dari kententuan broker yang anda gunakan. Pada umumnya untuk 5 pips tidak ada. Namun ada anda bisa menggunakan fasilitas Stop Loss.
Pada umumnya Stop Loss adalah untuk membatasi kerugian. Namun anda bisa merubahnya dari SL- menjadi SL+.

Sekedar contoh :

BUY EUR/USD di 1.5050
SL 1.5020 (dibawah Buy)
TP 1.5150 (diatas Buy)

Harga naik ke 1.5130, maka rubah SL menjadi diatas harga BUY.
Misalnya :

BUY EUR/USD di 1.5050
SL 1.5100 ( diatas Buy)
TP 1.5150 ( diatas Buy)

Saat harga jatuh lagi kebawah dan kena SL yang sudah dirubah tadi, maka anda tetap untung +50 pips.

Demikian juga saat anda sell, saat harga jatuh kebawah maka SL diatas Sell dirubah menjadi SL dibawah Sell. Saat harga naiklagi keatas, kena SL tersebut anda tetap profit.

Trailing stop dan SL+ cara kerja hampir sama. Yang membedakan Trailing stop bisa berjalan jika komputer On. kalau SL+, Komputer On / Off tetap berjalan setelah di set terlebih dahulu.

Basir 24 Feb 2017

Untuk Doki Fujiyama,

Fitur trailing stop akan bekerja sangat baik jika market dalam keadaan trending. Oleh karena itu, demi meminimalisir resiko dan memaksimalkan profit ketika mempunyai posisi terbuka pada saat market trending, maka fitur trailing stop adalah solusi yang tepat.

Namun, jika digunakan dalam keadaan sideways atau trend yang melemah, maka fitur ini tidak akan bekerja secara maksimal atau bahkan dapat menutup posisi lebih awal. Karena jika dalam keadaan sideways atau trend yang lemah, penggunaan trailing stop dengan jarak yang kecil akan rentan untuk kena. Sedangkan jika pengaturan jarak trailing stop terlalu besar, maka fitur ini dikhawatirkan tidak akan bekerja dengan baik, mengingat pergerakan yang dihasilkan pada saat sideways tidaklah terlalu besar.

Oleh karena itu, saran dari kami yaitu gunakan fitur ini hanya pada saat market sedang trending. Pada saat market sedang trending, maka Anda dapat mengatur trailing stop dengan jarak yang ketat tanpa rasa khawatir akan cepat kena.

Semoga bisa membantu

Argo Gold Spotter 27 Mar 2019

@ Scott:

- Aku nggak pernah pakai trailing stop loss. Konsep ini menurutku agak aneh.

Anehnya dimana?
Trailing stop adalah fasilitas untuk menggeser level Stop Loss (SL) secara otomatis, ketika telah profit sebesar jarak SL tsb (atau ketika risk/reward ratio 1:1 telah tercapai). Ini berguna untuk memaksimalkan profit ketika pergerakan harga sedang trending dengan kuat, searah dengan perkiraan pada saat entry. Anda juga bisa menggeser SL secara manual (tanpa trailing stop), tetapi harus terus memonitor pergerakan harga.

Kalau Anda tidak ingin merubah SL ketika pergerakan harga sedang trending dengan kuat searah dengan perkiraan pada saat entry, maka profit Anda akan terbatas pada level Target Profit (TP) yang Anda tentukan sebelumnya.


- Saat membuat order SL, aku memutuskan levelnya berdasarkan kerugian yang siap aku terima.

Ya, memang seharusnya begitu. Anda tentukan besarnya lot dengan position sizing berdasarkan persentase risiko dari equity. Hanya saja kalau pergerakan harga sedang trending dengan kuat, Anda bisa menggunakan fasilitas trailing stop untuk menggeser level stop loss secara otomatis, guna memaksimalkan profit.

M Singgih 1 Nov 2019

@ Sarwani Senenen:

Bukan pada pair-nya, tetapi klik kanan pada order di kolom Trade di Terminal pada platform Metatrader:





- … saya bingung master di MT5 tidak ada keterangan trailing stop telah terpasang?

Besarnya trailing stop yang telah di-set akan ditampilkan pada kolom S/L di Trade Terminal Metatrader.


- … apakah laptop mati trailing stop tetap berjalan master?

Jika komputer Anda matikan, maka order trailing stop tidak berjalan. Jadi komputer dan platform Metatrader harus tetap aktif dan online.


- … apakah penggunaan trailing stop ini juga masuk ke laporan harian broker?

Maksudnya masuk ke laporan harian broker?

M Singgih 28 Feb 2020

Berarti seandainya laptop tbtba mati krna korsleting listrik, trailing stop auto hilang gtu master? Nanti kalau mau entry lg, brrti set TS lg? Lalu bagaimana nasib entry sy sebelumnya? huhuuu... :(((

Amelia A 13 Oct 2020

@ Amelia A:

Benar, jika komputer mati atau sambungan internet terputus, maka trailing stop tidak bekerja. Ini disebabkan karena fasilitas trailing stop bekerja di client terminal, bukan di server seperti stop loss (SL) dan take profit (TP).

Dalam hal ini sebaiknya Anda juga memasang SL di samping trailing stop untuk berjaga-jaga seandainya ada gangguan di komputer, smartphone atau jaringan. Kalau tidak memasang SL biasa (hanya dengan trailing stop saja), maka ketika komputer mati atau jaringan putus maka posisi Anda tanpa SL.

Jika berniat menggunakan fasilitas trailing stop, memang harus menjaga agar komputer tetap menyala dan internet tetap online. Jika ingin mematikan komputer, maka jangan lupa memasang stop loss biasa.

M Singgih 13 Oct 2020

Dear Pak Singgih,

berarti jika sudah pasang TS maka (dengan asumsi laptop terus nyala dan terkoneksi) maka tidak perlu pasang TP ya?

Terima Kasih.

Budi 15 Feb 2021

@ Budi:

Benar, selama pergerakan trend masih kuat. Jika menentukan TP maka Anda membatasi besarnya profit.

M Singgih 17 Feb 2021

Waduh bahaya dong, misalnya kalau swing dan posisi sampai terbuka beberapa hari, PC ga boleh mati dong pak, kalau pake SL Trailing ini?

Sambodo 6 Jul 2021

@ Sambodo:

Benar, komputer harus tetap on dan jaringan internet tidak terputus.

M Singgih 7 Jul 2021

@Fika Kirana:

Mengenai nilai Exact tentang berapa nilai Traling Stop yang baik sendiri sebenarnya tidak ada aturannya bu. Namun proses untuk mendapatkan nilai yang baik sendiri ada metodenya. Metode ini adalah trading dengan menyesuaikan kondisi volatilitas market saat itu dengan nilai Trailing Stop yang akan digunakan. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Dalam kondisi market yang volatilitasnya tinggi maka nilai Trailing Stop juga harus ikut tinggi.

b. Dalam kondisi market yang volatilitasnya rendah maka nilai Trailing Stop juga harus ikut rendah.

Penerapannya sendiri bermacam-macam. Cara yang terbukti berhasil dan telah dipublikasikan adalah dengan menggunakan indikator Average True Range. Cara ini digunakan oleh para Turtles, trader didikan dari Richard Dennis. Caranya simple, saat posisi dibuka, catat nilai ATR pada saat itu. Nilai tersebut akan digunakan sebagai nilai Stop Loss pada posisi juga sebagai Trailing Stop dengan ketentuan sebagai berikut:

Stop Loss = 2 x Nilai ATR saat posisi dibuka.

Trailing Stop = 1 x Nilai ATR.

Contoh gambar:

Selain itu ada pula beberapa cara lain yang bisa dilakukan seperti menggunakan indikator-indikator seperti Moving Average, Parabolic Sar sebagai level-level Trailing Stop.

Demikian dari saya, semoga bisa sedikit membantu.

Nur Salim 12 May 2022

apakah trailing stop dan fungsinya?...terima kasih

Rose 13 Aug 2014

pak, gimana ya cara menentukan nilai trailing stop yang baik untuk trading saya?

Fika Kirana 12 May 2022

Pasang trailing stops itu idealnya brp poins ya gan? Trailing saya set 50 poins - 100 poins kena terus, hehehe.

Doki Fujiyama 27 Mar 2019

Aku nggak pernah pakai trailing stop loss. Konsep ini menurutku agak aneh. Saat membuat order SL, aku memutuskan levelnya berdasarkan kerugian yang siap aku terima. Cuma logika ini yang kupakai yang menurutku masuk akal. Bagaimana menurut master?

Scott 31 Oct 2019

master, cara gunakan trailing stop? awalnya OP Buy/Sell kemudian arahkan ke pair yg sedang berjalan klik kanan, pilih trailing stop, pilih jumlah point. Apakah seperti itu caranya master nanti saya santai-santai aman pakai trailing stop rupanya MC hehehe atau saya pasang stop loss manual kemudian pasang trailing stop.


saya binggung master di MT5 tidak ada keterangan trailing stop telah terpasang? tanda cek list aja di pilihan pointnya, apakah laptop mati trailing stop tetap berjalan master? penggunaan pending order Buy/sell stop buy/Sell limit tercatat di laporan harian broker, apakah penggunaan trailing stop ini juga masuk ke laporan harian broker?


Terima kasih banyak atas jawabannya master.

Sarwani Senenen 26 Feb 2020
Gimana cara pasang trailing stop yang bisa dicustom? apakah trailing stop 5 pips bisa?
Eka Wulandari 24 Feb 2017

permsisi gan, minta saran indkator yang cocok untuk strategi trailing stop ada gak ya?

makasih.

Aji 2 Nov 2016
aslm alkm master
saya mau tanya:saya trading menggunakan Trailing Stop untuk mengopptimalkan profit.
pertanyaan:kenapa setiap capai TS mis:20,25 dan stnya.selalu close position ?,bukankah TS akan meng seve profit setiap level profit tsb? think you Master.
Zamzami 21 Apr 2016
Ardian Syah | 20 Jul 2016

Min bisa di jelaskan nggak awan ichimoku kan terbentuk lbh dulu, nah bagaimana mmbaca arah harga kdepan dari indikator ichimoku yg sudah terbentuk lebih dulu dari harga terakhir.

Lihat Reply [22]

yang paling utama anda mengerti dan paham penggunakan indikator tersebut. TF yang digunakan terkait dengan perubahan candle, jadi coba anda pelajari pola candle. Thanks

Basir 16 May 2017

Min bisa di jelaskan nggak awan ichimoku kan terbentuk lbh dulu, nah bagaimana mmbaca arah harga kdepan dari indikator ichimoku yg sudah terbentuk lebih dulu dari harga terakhir.

Ardian Syah 20 Oct 2016

Bagaimana mengaplikasikan indicator kijun sen H1, H4 Dan kijun sen Daily dalam 1 layar..

Best 3 Oct 2018

@Best:

Mungkin maksud Anda bisa dilihat dalam 1 layar.
Kalau itu yang dimaksud, di Metatrader 4 bisa dengan fasilitas Tile Windows.
Caranya buka untuk H1, H4 dan Daily, kemudian masuk ke Windows - Tile Horizontally atau Tile Vertically.

Berikut contoh GBP/USD H1, H4 dan Daily dengan indikator Ichimoku yang tampil dalam 1 layar dengan Tile Verically:

M Singgih 5 Oct 2018

@ Ardian syah:

Awan (senkou span) terbentuk lebih dahulu karena perhitungannya diajukan 26 periode kedepan. Awan adalah komponen terpenting indikator ini. Cara membaca arah harga dari harga terakhir adalah seperti pada contoh AUD/USD H4 berikut ini:


- Pergerakan harga akan cenderung bullish jika harga telah menembus awan dari arah bawah dan harga terakhir ditutup diatas awan (closing price diatas awan) yaitu pada candle A. Anda bisa entry buy pada candle berikutnya setelah candle A. Chinkou span (kurva warna hijau) sebagai resistance dan Tekan sen (kurva warna merah) sebagai support.

- Pergerakan harga akan cenderung bearish jika harga telah menembus awan dari arah atas dan harga terakhir ditutup dibawah awan (closing price dibawah awan) yaitu pada candle B. Anda bisa entry sell pada candle berikutnya setelah candle B. Tekan sen (kurva warna merah) sebagai resistance dan Chinkou span (kurva warna hijau) sebagai support.

M Singgih 24 Jul 2016

Maaf klo saya lihat gambar di atas yg berfungsi sebagai support ketika trend naik dan resistance ketika trend turun apakah kurva warna biru? karena kurva warna merah seringkali tertembus?

Fauzi 20 Feb 2020

@ Fauzi:

Tenkan sen (warna merah) digunakan sebagai support atau resistance minor, sementara kijun sen (warna biru) yang mempunyai periode lebih panjang digunakan sebagai support atau resistance mayor.
Level support atau resistance minor memang lebih sering tertembus dibandingkan dengan support atau resistance mayor.

M Singgih 24 Feb 2020

Bagaimana dengan multi time frame nya ?

Rizki 28 May 2021

@ Rizki:

Maaf, kami kurang mengerti maksud pertanyaannya. Bisa Anda jelaskan lebih detail?

M Singgih 1 Jun 2021

Pagi master... saya ingin menanyakan tentang indikator ichimoku, time frame berapakah yang paling pas/cocok bila kita memakai indikator ichimoku...terima kasih

Zulvan 16 May 2017

Ichimoku Cloud dan Ichimoku Cloud kinko hyo apakah sama? Apa bedanya ya kak?

Subagyo 19 Oct 2022

Sama, ichimoku kinko hyo sama dengan ichimoku cloud.

Ichimoku kinko hyo adalah nama original dari negara asalnya yaitu Jepang. Sedangkan ichimoku cloud adalah sebutan dalam bahasa Inggris.

Kiki R 19 Oct 2022

Apakah indikator ichimoku ini memang cuma cocok untuk pair-pair yang ada unsur Yen-nya ya pak? saya coba di pair lain akurasinya jadi jelek sekali

Nur Eiwa 2 Nov 2022

Benar, karakter pair-pair Yen (AUD/JPY, EUR/JPY, GBP/JPY, dst) yang sering trending cocok dengan indikator ichimoku.

Indikator ichimoku berjenis tren dan lebih optimal digunakan pada pair yang sedang dalam kondisi trending.

Kiki R 3 Nov 2022

@ Nur Eiwa:

Saya pribadi tidak menggunakan indikator tsebut. Tetapi setahu saya tidak begitu. Indikator ini dibuat tidak hanya untuk pair tertentu, tetapi berlaku umum karena ada perhitungan moving average-nya.

M Singgih 3 Jan 2023

@Subagyo:

Ichimoku Kinko Hyo adalah nama indikator versi Jepang sedangkan Ichimoku Cloud merupakan nama indikator versi internasional dari ichimoku Kinko Hyo. Untuk Ichimoku Cloud Kinko Hyo sendiri seperti yang tertera dipertanyaan kemungkinan besar merujuk hanya pada Cloud yang merupakan salah satu bagian dari indikator Ichimoku Kinko Hyo

Nur Salim 20 Jan 2023

Apakah indikator Ichimoku bisa digunakan oleh scalper? Kalao tidak, kira2 strategi sperti apa yang cocok pake Ichimoku? Lalu paling efektif pada pair apa? Mungkin master yang sudah pernah coba bisa kasih contohnya yy

Khamim 25 Jan 2023

Salam, apakah ichimoku ini termasuk leading indikator karena letaknya yang muncul jauh mendahului harga?

Syauqi Ahmad 25 Jan 2023

@ Khamim:

- Apakah indikator Ichimoku bisa digunakan oleh scalper?

Menurut saya indikator Ichimoku Kinko Hyo kurang cocok digunakan untuk trading dengan cara scalping karena responnya cenderung lambat. Scalping perlu indikator yang bersifat leading seperti price action.

- Kalao ttidak, kira2 strategi sperti apa yang cocok pake Ichimoku? Lalu paling efektif pada pair apa? Mungkin master yang sudah pernah coba bisa kasih contohnya yy

Indikator Ichimoku Kinko Hyo cocok digunakan untuk trading jangka menengah panjang, dengan menggunakan time frame daily (D1). Bisa diterapkan pada semua pair. Untuk selengkapnya, silahkan baca:
Mengenal Indikator Ichimoku Kinko Hyo

M Singgih 26 Jan 2023

Jawaban untuk Syauqi Ahmad:

Ichimoku Cloud bukanlah leading indicator, karena Ichimoku Cloud menggunakan harga yang sudah terjadi dalam periode waktu tertentu untuk menghitung garis-garis yang ditampilkan pada grafik.

Leading indicator adalah indicator yang memberikan sinyal sebelum harga bergerak.

Ichimoku cloud menggunakan harga yang sudah terjadi dalam periode waktu tertentu sehingga tidak dapat digolongkan sebagai leading indicator.

Kiki R 27 Jan 2023

@ Syauqi Ahmad:

Tidak. Indikator Ichimoku Kinko Hyo termasuk indikator yang lagging atau terlambat dalam merespon pergerakan harga karena dibuat berdasarkan perhitungan moving average.

M Singgih 30 Jan 2023

Khamim:

Saya setuju dengan pak M Singgih bahwa Ichimoku tidak cocok jika digunakan dengan Scalper pada time frame kecil. Untuk efektifitas sendiri, sepengalaman saya Ichimoku baik digunakan pada time frame 4-jam ke atas dengan melakukan open posisi dengan basis Trend Following. Untuk pair sendiri hampir semua pair bisa digunakan.

Nur Salim 11 Feb 2023
Muhammad Yusuf | 12 Nov 2017

Izin bertanya master,

Jika saya melakukan teknik MTFA di TF H4, H1, M15 lalu saya menggunakan tiga buah moving average eksponensial berperiode berbeda dan menunggu harga berpindah dari bawah beberapa EMA tersebut keatas dan sebaliknya, berapa periode EMAnya? dan profitablekah cara ini? karena mungkin sama prinsipnya dengan golden cross dan death cross.

Terima Kasih.

Lihat Reply [33]

@ Ricky fm:

- Apakah bisa moving average sebagai pengganti trendline?

Jawaban: Tidak bisa. Moving average dibuat berdasarkan perhitungan matematis, yaitu harga rata-rata selama periode waktu tertentu, sedangkan trend line atau garis trend dibuat hanya berdasarkan pengamatan semata, yaitu dengan menghubungkan 2 titik lower high (untuk downtrend) atau 2 titik higher low (untuk uptrend). Dalam hal ini moving average termasuk dalam kategori indikator teknikal (yang dihitung berdasarkan matematis) semaentara trend line adalah alat bantu (tool) dalam trading.

Memang fungsi keduanya sama, yaitu untuk mengetahui arah trend dan menentukan level-level resistance dan support, tetapi jika dikombinasikan dengan indikator lainnya (misal indikator oscillator) maka moving average lebih akurat. Juga jika dikombinasi dengan analisa price action, moving average lebih akurat dalam mengkonfirmasikan validitas price action, seperti pada EUR/USD H4 baru-baru ini:



Pada chart diatas tampak pin bar benar-benar terkonfirmasi setelah mengalami rejection dari kurva ema (exponential moving average). Perhatikan juga perilaku harga terhadap kurva ema 55 sebagai resistance.

- ..apakah juga harus menunggu titik 2 puncak & 2 lembah di teknik moving average?
Jawaban: tidak ada yang perlu ditunggu. Indikator moving average diapplikasikan dari rumus yang sudah jadi, sedang garis trend (trend line) dibuat berdasarkan pengamatan.

M Singgih 28 Jan 2022

@ Dani:

- Analisa perpotongan kedua MA untuk menentukan arah trend yang valid itu harus seperti apa ?

Gunakan 2 moving average yang periodenya berlainan. Bisa SMA (simple moving average) atau EMA (exponential moving average), atau kombinasi keduanya.
Periode yang umum digunakan adalah 8, 21, 34, 50, 55, 89, 100, 144 dan 200.

Sebagai contoh, berikut kombinasi SMA 8 dan SMA 21 pada EUR/USD H4:


Ketika SMA periode yang lebih kecil (SMA8) memotong SMA periode yang lebih besar (SMA21) dari arah atas ke bawah, maka pergerakan harga diasumsikan bergerak downtrend (turun), seperti pada titik-titik perpotongan A dan D.

Sebaliknya, ketika SMA periode yang lebih kecil (SMA8) memotong SMA periode yang lebih besar (SMA21) dari arah bawah ke atas, maka pergerakan harga diasumsikan bergerak uptrend (naik), seperti pada titik-titik perpotongan B dan C.

- Dan kenapa kedua MA itu bisa saling berpotongan ?

Moving average (MA) adalah rata-rata harga dalam periode waktu tertentu. Kalau periode waktumnya berbeda, tentu nilai rata-rata harganya juga berbeda. Ketika harga bergerak naik, maka rata-rata harga pada periode yang lebih pendek nilainya akan lebih besar dibandingkan dengan rata-rata harga pada periode yang lebih panjang.

Misal pada 15 menit terakhir harga bergerak naik. Nilai rata-rata pada 15 menit terakhir tentu lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata 1 jam sebelumnya, yang mana harga masih belum naik.

Jika nilai rata-rata tersebut dibuat grafik (seperti indikator MA), maka MA yang 15 menit tentu akan memotong MA 1 jam dari bawah ke atas, karena nilai MA 15 menit terjadi duluan atau lebih cepat terjadi dibandingkan MA 1 jam, yang mana pada saat kenaikan harga, nilai MA 15 menit yang terakhir terjadi akan lebih tinggi dari yang 1 jam.

M Singgih 27 Dec 2019

@David susanto: Pertanyaan ini hampir mirip dengan pertanyaan sebelumnya tenrang ukuran periode MA yang akurat di time frame 30 menit.

Pada dasarnya indikator moving average (MA) adalah indikator tipe trending sehingga indikator ini lebih bagus digunakan saat harga dalam keadaan trending. Time frame M30 termasuk time frame rendah dan trading di time frame rendah membutuhkan respon yang cepat dari indikator MA.

MA yang memberikan respon cepat adalah yang periode waktunya pendek (kecil), karena menampilkan nilai rata-rata dari periode waktu yang pendek. Semakin pendek periode waktu yang dihitung maka akan menghasilkan perhitungan yang aktual. Kalau Anda menggunakan time frame 30 menit (M30), tentu tidak harus menghitung nilai rata-rata untuk sebulan sebelumnya, melainkan cukup beberapa jam sebelumnya.

Untuk time frame rendah (H1, M30, M15) disarankan menggunakan EMA (Exponential Moving Average), karena EMA responnya lebih cepat dari SMA (Simple Moving Average). Periode yang digunakan biasanya EMA 8, EMA 21, EMA 34 dan EMA 50 atau 55.

Kiki R 26 Feb 2020

@ Muhammad Yusuf:

Mungkin maksud Anda MTF atau Multi Time Frame. Dalam hal ini time frame trading utama Anda yang mana? Karena analisa 3 buah ema tsb tidak bisa dilakukan pada semua time frame, kemungkinan besar akan terjadi konflik.
Menurut saya kalau ingin menggunakan 3 ema sebaiknya pada satu time frame tertentu. Ke 3 time frame tersebut bisa dengan periode ema 55, 34, 21 dan 8, pilih 3 diantaranya yang profitable, misal ema 55, 21 dan 8.

Yang Anda maksudkan memang golden cross, karena kalau harga telah melewati atau menembus ke 3 ema tersebut maka secara otomatis ke 3 ema akan berpotongan atau crossing.
Berikut contohnya pada XAU/USD H1 kemarin (15 November 2017):



Untuk mengetahui profitable atau tidaknya lalukan test terlebih dahulu di akun demo dan lihat persentase profitnya. Jika rata-rata profit setelah sekian kali trade lebih besar dari rata-rata loss-nya (dalam hal ini persentase profitnya lebih tinggi dari 50%), maka kemungkinan besar kombinasi ema tesebut profitable.

M Singgih 16 Nov 2017

@Muhammad Yusuf

Jika ingin menggunakan analisa Multi Time Frame, bisa coba menggunakan indikator BBMA OA kang. Analisanya juga cuma menggunakan bb sama ma doang. di kami juga sudah ada panduannya.

Mas Sinar 1 Aug 2018

@Mas Sinar

Betul sekali, terima kasih atas masukan dan sarannya. Saat ini di kami telah ada artikel sistem trading yang menggunakan MA dan di aplikasikan dengan analisa Muti Time Frame. Sistem trading ini di kenal dengan nama BBMA OA. Anda bisa membaca panduan dasar penggunaan BBMA OA sebagai referensi bacaan.

Pada dasarnya BBMA melihat pergerakan harga yang dibandingkan dengan indikator Bollinger Bands dan berbagai macam Moving Average di sana. Nah, penemu indikator ini sendiri telah menemukan rumus-rumus tertentu yang diaplikasikan dengan analisa Multi Time Frame BBMA OA sehingga validasi sinyal dan setup jadi lebih baik.

Anda juga bisa membaca contoh analisa dengan indikator ini dari salah satu analis kami. Terima kasih

Admin 2 Aug 2018

Admin, gw udah baca artikel-artikelnya. tapi ada yang blm gw pahamin. Itu dapat nilai-nilai period yang digunakan oleh BB dan MA-nya itu darimana ya?

Gw liat dan backtest sih emang keren banget. Tapi repot juga sih harus analisa 3 time frame sekaligus dalam satu waktu hahaha

Achmad Yunus 3 Aug 2018

@Achmad Yunus

Mengenai masalah period itu sendiri, tidak pernah dijelaskan di berbagai macam sumber darimana mendapatkannya. Bisa jadi dari kira-kira, bisa jadi dari perhitungan tertentu, atau sekedar Trial And Error dari penciptanya.

Sistem trading dengan analisa Multi Time Frame ini memang agak sulit digunakan jika belum terbiasa. Tapi melihat tingkat kesuksesannya dalam meraih profit serta membaca harga pasar maka bersusah-susah sedikit di awal dalam mempelajari dan membiasakan penggunaan analisa Multi Time Frame ini tentu tidak jadi masalah bukan?

Tips sedikit nih dari analis kami yang menggunakan sistem trading ini. Menurut beliau sih, jika ingin mudah, coba gunakan platform TradingView. Pada platform tersebut kita dapat dengan mudah mengatur template serta pair dan time frame yang ingin diamati. Anda bisa melihat contoh tampilan pengamatan dari multitf di bawah ini:

Admin 4 Aug 2018

Gan kalau pakai Metatrader 4 bagaimana cara kita mengeset pengamatan multi time frame-nya. Saya kurang paham dan nyaman kalau tidak menggunakan mt4 rasanya.

Hasanul Nidhom 6 Aug 2018

Simplenya, buka dahulu 3 buah chart pada Metatrader Anda. Setelah itu, buka menu Windows, Pilih Tile Vertically.

Admin 8 Aug 2018

Berapa jumlah moving average yang ideal dimasukan di chart trading?

Risnanda Ayu 29 Apr 2019

@ Risnanda Ayu:

Tidak ada patokan jumlah moving average (MA) yang ideal dalam satu chart. Ada yang memasang lebih dari 5 MA sehingga dinamakan indikator pelangi (rainbow).
Tetapi pada umumnya trader menggunakan 2 atau 3 MA dengan periode yang berbeda, tujuannya untuk mengamati saat crossing (pemotongan antar kurva) MA, untuk menentukan saat entry.
Baca juga: Menggunakan Moving Average Sebagai Filter Tren Forex

M Singgih 1 May 2019

Saya pakai ema 5 dan 34 tambah filter fisher. Trus saya robotin.

Fuad 5 Aug 2019

@ Fuad:

Oke Pak. Kalau persentase profitnya tinggi boleh juga.
Ini untuk scalpingan ya?

M Singgih 8 Aug 2019

Aku nggak yakin apa ini strategi trading yang baik. Kalo kamu trader jangka pendek, sebaiknya fokus ke indikator yang sesuai sama time frame trading kamu. Penggunaan time frame yang lebih lama untuk trading jangka panjang bisa memberi gambaran pasar yang lebih baik.

Ohueiro 31 Oct 2019
@Risnanda Ayu
Moving avarage yg ideal 2-6 garis, kalau udah di atas itu udah kayak benang kusut bikin pusing. tapi saran saya cukup 2 moving avarage aja dengan periode sesuai time frame yg dipakai. indikator moving avarage ini indikator simpel tapi manjur. trading forex itu sederhana buy atau sell, kuncinya kuasai cara baca trend, kalau udah tau trend, nanti indikator moving avarage hanya jadi acuan entry. belajar aja pasti profit.
Kamal Fauzan 19 Apr 2020

@ Dimas:

Biasanya SL dan TP ditentukan berdasarkan level support dan resistance
SL dan TP dalam pip tidak bisa dipatok tetap, tergantung dari jarak support atau resistance terdekat yang logis. Semakin rendah time frame yang digunakan, SL dan TP akan semakin kecil karena support dan resistance terdekat pada time frame rendah akan lebih kecil dibandingkan time frame yang lebih tinggi.

Sebagai contoh:



Jika Anda entry sell pada A, maka SL bisa pada level R2 atau R1. TP pada support, sebaiknya TP minimal = SL agar risk/reward ratio minimal = 1:1 (kalau bisa lebih besar). Bisa pada S2, S3 atau S4.

M Singgih 13 Jul 2018

Slmat sore min. Mw tanya. Apa ada hbungannya antara timeframe yg qt pakai dg periode MA? Thnks.

Supriyadi 7 Oct 2020

@ Supriyadi:

Pada time frame rendah, biasanya menggunakan moving average (MA) periode waktu yang kecil. Periode-periode waktu MA yang sering digunakan adalah 5, 8, 21, 34, 55, 89, 100, 144, dan 200.

Untuk time frame M5 hingga H1, biasanya menggunakan MA periode 5, 8, 21, 34 atau 55. Untuk H4 dan daily bisa menggunakan semua periode, tetapi yang sering adalah 21, 34, 55, 89, 100, 144 dan 200 (bisa SMA 200 daily atau EMA 200).

Hal ini karena trader pada time frame rendah tentu mengharapkan respon yang lebih cepat untuk menentukan posisi yang akan dibuka sehingga diperlukan periode yang lebih kecil, karena MA periode kecil akan menampilkan harga rata-rata dari candle sebelumnya yang lebih sedikit, dan dianggap bisa memprediksi arah pergerakan harga selanjutnya.

M Singgih 8 Oct 2020

@Samsull Arief: Caranya sederhana, silakan klik indikator moving average untuk memunculkan tab properties dari moving average.

Muncul tampilan seperti di bawah ini.

  • Period = periode MA
  • MA Method = jenis MA

Anda tinggal ganti period dan MA method sesuai yang Anda inginkan.

Kiki R 27 Apr 2022

@Muh Ahsan:

Betul sekali pak, Moving Average memang sangat memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Mengenai apakah MA bisa digunakan sebagai Oscillator, jawabannya tentu saja bisa. Bahkan ada banyak sekali jenis Oscillator yang memanfaatkan Moving Average sebagai dasar perhitungannya. Beberapa yang terkenal dan sering digunakan adalah Moving Average Convergence Divergence dan Awesome Oscillator.

Jika bapak melihat garis balok-balok atau yang sering disebut Histogram pada MACD dan AO, nilai perhitungan beserta posisinya dihitung dengan menggunakan MA. Sebagai contoh jika kita menggunakan AO. AO dibuat berdasarkan basis perhitungan dengan menggunanakan SMA 5 dan 34 dengan Median Price.

Crossover antara SMA 5 dan 34 tersebut menandakan perpindahan nilai AO dari nilai di atas 0 atau sebaliknya. Sehingga jika AO berada di atas nilai 0 maka hal ini menandakan bahwa SMA 5 sedang berada di SMA 34 (tren naik) dan begitu pula sebaliknya.

Nilai besaran balok-balok histogramnya sendiri dihitung dari jarak antara nilai SMA 5 dan 34 nya saat itu. Sehingga semakin kuat tren terjadi maka akan semakin besar pula jarak antara kedua SMA, dan semakin besar pula nilai Histogram pada AO.

Jika bapak ingin mencoba mengaplikasikan nilai-nilai periode tertentu untuk membuat histogram bapak sendiri, bapak bisa menggunakan indikator OsMA (Oscillator Moving Average) yang sudah tersedia di berbagai macam Platform trading.

Terima kasih, semoga bisa mencerahkan.

Nur Salim 30 Apr 2022

@ Yogi Purnama:

Jika disebutkan spesifik EMA dengan periode 200, biasanya digunakan pada time frame tinggi seperti H4 dan daily. Semakin rendah time frame biasanya trader akan menggunakan EMA periode yang lebih rendah untuk mendapatkan respon yang lebih cepat.

Secara umum, penggunaan indikator moving average termasuk EMA pada pergerakan harga adalah:
- Jika harga berada di atas kurva EMA, maka diasumsikan kondisi sedang bullish, dan kurva EMA bisa sebagai level support.
- Jika harga berada di bawah kurva EMA, maka diasumsikan kondisi sedang bearish, dan kurva EMA bisa sebagai level resistance.
- Kondisi bullish atau bearish sebaiknya dikonfirmasikan dengan indikator trend yang lain seperti parabolic SAR, ADX, atau MACD.

Untuk penjelasan secara umum mengenai bagaimana trading dengan indikator moving averages, silahkan baca:
3 Cara Trading Dengan Moving Averages

M Singgih 11 May 2022

@Agung Laksmana:

Betul, Moving Average merupakan salah satu indikator tertua yang sangat sering diajarkan diberbagai macam buku ataupun artikel di internet. Mengenai apakah MA masih banyak digunakan atau tidak, setahu saya pribadi masih banyak sekali trader baik itu pemula maupun professional yang menggunakannya di dalam ataupun luar negeri. Terutama pada pemula. Faktor utamanya tentu saja, MA sangat mudah dipahami baik secara teori serta prakteknya. Trader professional sendiri biasanya menggunakannya untuk kepentingan lain dan diaplikasikan dengan Technical Tools atau indikator lainnya.

Mengenai jenis MA sendiri, selain dari yang ada pada indikator bawaan MT4/MT5, telah banyak pengembangan yang muncul. Meski sudah cukup lama, tapi literasi tentang beberapa jenis MA ini masih sangat kurang. Beberapa di antaranya adalah DEMA (Double Exponential Moving Average) dan TEMA (Triple Exponential Moving Average). Melihat nama ini kebanyakan orang pasti akan berpikir bahwa DEMA atau TEMA hanya merupakan penggunaan 2 atau 3 buah EMA dalam satu chart. Kenyataannya tidak seperti itu, DEMA hanya merupakan satu buah Moving Average yang dihitung atau dirata-rata sebanyak 2x. Rata-rata pertama dihitung dari nilai harga yang dijadikan patokan, dan rata-rata kedua dihitung dari rata-rata nilai hasil rata-rata sebelumnya. Nilai DEMA sendiri didapatkan dari hasil pengurangan nilai rata-rata harga dengan nilai rata-rata Moving Average dikalikan dengan 2. TEMA sendiri menganut prinsip seperti DEMA tapi menggunakan 3x perhitungan.

Seperti yang dilihat pada gambar di atas, dengan periode yang sama garis yang dihasilkan DEMA cenderung berada lebih dekat terhadap harga daripada EMA biasa. Hal ini bisa terjadi karena Smoothing yang terjadi dari perhitungan kedua yang telah dijelaskan sebelumnya.

Selain DEMA dan TEMA, masih banyak pengembangan Moving Average lain seperti Displaced Moving Average (DMA), Volume Weighted Moving Average (VWMA), Volume Weighted Average Price, dan banyak jenis lainnya.

3. DMA (Displaced Moving Average)

4. Volume Based Moving Average (VWMA dan VWAP)

Nur Salim 17 May 2022
klo scalping dengan m15 saya sebaiknya pake TP dan SL brp? strateginya dengan menggunakan mov average
Dimas 12 Jul 2018

pak, MA merupakan salah satu indikator tertua dan selalu diajarkan di berbagai macam buku maupun artikel trading. apakah ini berarti MA masih banyak digunakan saat ini? Selain itu adakah varian-varian MA baru saat ini yang banyak tidak diketahui trader?

Agung Laksmana 17 May 2022

bagaimana cara penggunaan indikator EMA 200 untuk day trader?

Yogi Purnama 10 May 2022

Berapa ukuran setelan periode MA yang paling akurat untuk trending di time frame 30m?

David Susanto 25 Feb 2020

bagaimana cara setting indikator moving average pada mt4?

Samsull Arief 27 Apr 2022

Apakah bisa moving avarege sebagai pengganti trendline ?
Jika iya, apakah Juga harus menunggu titik 2 puncak & 2 lembah di teknik moving avarege ?

Ricky Fm 26 Jan 2022

Selamat malam pak, moving average merupakan indikator serba bisa dan sangat mudah digunakan. ma bisa jadi alat trend, snr dinamis, serta level entry. Namun bisakah kita menggunakan ma itu sebagai oscillator pak? jika bisa berarti sebenarnya apakah trading dengan ma saja sudah cukup?

Muh Ahsan 30 Apr 2022

Kalau dengan menggunakan 2 moving average seperti ini cara melihat kondisi Sideways suatu market bagaimana ya pak?

Cindy Sujajar 27 Jun 2022

@Cindy Sujajar: Jika menggunakan 2 moving average, kondisi sideways akan terlihat pada saat garis 2 moving average selalu saling menyilang.

Kondisi ini menandakan harga sedang dalam konsolidasi sehingga harga menjadi ranging pada area harga tertentu.

Kiki R 27 Jun 2022

Analisa perpotongan kedua MA untuk menentukan arah trend yang valid itu harus seperti apa ? Dan kenapa kedua MA itu bisa saling berpotongan? Mohon penjelasan nya. Terimakasih

Dani 25 Dec 2019

Komentar @inbizia

Apakah tidak ada indikator yang bisa gambar harmonic pattern itu secara gratis dan otomatis di MT4 atau MT5 gitu? kan ya bakalan repot kalo harus gambar sendiri.

Govaldo | 13 Jun 2022
Halaman: Cara Menggunakan Harmonic Pattern Untuk Trader Pemula

Jawaban untuk Ar Royan:

  • Gimana ya caranya biar lebih mudah memahami pola harmonic? Saya susah hapalin rasionya satu-satu

Anda bisa menggunakan indikator custom yang mengidentifikasi harmonic pattern secara otomatis.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menghapal rasionya satu per satu.

Jadi, Anda tinggal instal di MT4 Anda lalu secara otomatis indikator melakukan scan untuk melihat pola harmonic yang terbentuk di market.

Indikator custom seperti ini banyak di forum MQL5. Forum ini menyediakan indikator dengan beragam jenis, baik yang gratis dan berbayar.

Salah satu contoh indikator harmonic untuk MT4 adalah ini:

Basic Harmonic Pattern

Kiki R | 30 Dec 2022
Halaman: Jebakan Harmonic Pattern Yang Perlu Diwaspadai

Houston: Setau ane mahh klo soal buka akun traidng live, seharusnya terserah elo sihh mau trading dgn akun apa aja. Hrsnya itu sbuah formalitas aja krna akun yg dipilih udah disediakan tuh aset apa aja yg bsa elo tradingkan. Jd, ini tergantung dari elo sndiri ajaa dan ga usah pusingin apakah harus trading dngn emas ato ga krna ketika GKInvest misalkan wajib centang trading Gold agar bsa trading emas, dan elo ga trading itu jga ga masalah.

Yg jdi masalaah tentu aja ketika elo dah buka trading gold dan mulai trading, maka spread dan komisi (Bila memang syarat komisi terpenuhi, maka akan di charge).

Baca Juga: Cara Trading Gold Yang Menguntungkan Dan Mudah Dipraktikkan

Bima | 29 Aug 2023
Halaman: Selukbeluk Trading Logam Mulia Di Gkinvest

Dino: Izin jwb ya gan. Jadi gini, utk pertanyaan pertama mengenai nasabah agar selalu konsisten trading itu adalah kita sbagai affiliator hrs ngejelasin dlu dngn baik apa itu trading, tujuan trading serta cara trading. Jd dngn bgitu nasabah itu ga terkejut klu misalkan tradingnya ga sesuai harapan dan ga kasih harapan bahwa nasabah akan selalu dapat keuntungan dari trading. Mnrt ane, kita sbagai affiliator hrus cukup jujur dngn nasabah kita dan memperingatkan mereka akan bahaya traidng, bukan hnya nilai plus dari trading itu jga.

Kedua, pertanyaan mengenai apakah kemitraan dngn dngn Finex itu perlu buka akun live utk jadi kemitraan, itu sih perlu ditelusuri ya di website Finex. Tpi setau ane, kemitraan seperti affiliasi itu ga perlu akun live, cukup daftarkan diri secara online aja.

Ketiga, pertanyaan mengenai apakah sebaiknya kita trading juga agar mengetaui seluk beluk trading? Mnrt ane itu tergntung pribadi masing2 sih, klu misalkan ga yakin dngn pengetahuan teori trading, maka boleh kok buka akun trading tetapi klu emang bsa bermitra dngn bermodal pengetahuan teori, ya silahkan aja. Yg terpenting sih kita hrus taulah trading itu apa terlepas dri apakah pake akun trading or nota

Leo Hansi | 17 Oct 2023
Halaman: Promo Broker Finex Untuk Tingkatkan Cuan

Gue kan tipe trader nya itu bebas alias ga pengen terikat dngn aturan trading yg orang lain tetapkan krna pada prinsipnya cara trading trader yg satu dngn trader yg lain berbeda2. Nah, dari beberapa buku yg disarankan ama Finex ini, penulisnya aja memiliki pengalaman2 yg berbeda2 antara 1 ama yg lain, dan merekan menuangkan segala pengetauan dan pengalaman yg didpatkan dlm bentuk buku. Utk itu mngkn gue rasa gue pengn belajar sndiri krna klu ngikutin yg di buku itu blm tentu cocok dngn preferensi trading plan gue.

Tetapi krna Forex itu unik dan susah, bnyk trader yg ngecoba belajar dan meng-copy basic2 dari para ahil forex td. Cma apakah memungkinkan bagi kita utk trading tnpa perlu ikutin arahan dri penulis?

Rendy | 23 Oct 2023
Halaman: Rekomendasi Buku Trading Terbaik Versi Finex

Gilang: Halo gan! Trading Central adlh alat analisis teknis yang banyak digunakan oleh para trader untuk membantu mereka dalam proses trading. Salah satu manfaatnya adalah kemampuannya dalam mengidentifikasi pola-pola pergerakan harga dengan cepat. Trading Central biasanya dapat diintegrasikan ke dalam platform trading seperti MetaTrader 5.

Cara Trading Central membantu dalam mengenali pola lebih cepat adalah dengan menyediakan analisis teknis secara otomatis. Ini bisa berupa sinyal-sinyal trading yang mengidentifikasi peluang trading berdasarkan pola-pola tertentu, level support dan resistance, atau indikator teknis lainnya. Sebagai contoh, jika terdapat pola candlestick atau pola chart tertentu yang mengindikasikan potensi perubahan harga, Trading Central dapat memberikan sinyal atau peringatan kepada trader.

Namun, penting untuk diingat bahwa alat seperti Trading Central sebaiknya digunakan sebagai bantuan dalam pengambilan keputusan trading, bukan sebagai satu-satunya faktor penentu. Keputusan akhir tetap berada di tangan trader, dan analisis tambahan serta pemahaman yang kuat tentang pasar tetap diperlukan.

Semoga Membantu!

Haryo | 24 Oct 2023
Halaman: Tingkatkan Level Trading Dengan Platform Dan Tools Gkinvest

Kamus Forex

Platform Trading

Fasilitas trading yang memungkinkan trader mengatur dan mengeksekusi order secara real-time di pasar forex. Platform trading biasanya dipasang sebagai aplikasi di PC atau Smartphone, bisa pula dibuka sebagai halaman web di browser. Fasilitas ini wajib disediakan broker forex untuk para tradernya. Selain memiliki fitur untuk mengatur dan memasang order, platform juga umum dilengkapi dengan chart harga real-time dan berbagai tool analisa.

Contoh platform yang umum ditawarkan adalah MetaTrader (dari MetaQuotes), cTrader (dari SpotWare), dan jenis platform yang dikembangkan sendiri oleh broker (proprietary).

Day Trading

Strategi yang dilakukan trader dengan membuka dan menutup posisi trading dalam hari yang sama, sehingga kepastian Loss/Profit dapat diketahui segera.

Carry Trade, Carry Trading

Strategi trading yang lebih memanfaatkan selisih suku bunga antara dua mata uang yang diperdagangkan, daripada perubahan nilai tukar.

Quantitative Trading

Strategi trading yang bergantung pada perhitungan matematis untuk mendeteksi peluang trading. Fokus Quantitative Trading biasnaya tertuju pada Harga dan Volume. Termasuk dalam jenis strategi ini adalah High-Frequency Trading dan Algorithmic Trading yang sering diaplikasikan oleh institusi finansial dan lembaga Hedge Fund.

Swing Trading

Strategi trading yang menargetkan keuntungan semaksimal mungkin, dan dilakukan dengan menempatkan posisi Buy atau Sell pada titik pembalikan harga.

Sinyal Trading

Update analisa trading yang memberikan saran untuk membuka posisi trading (buy/sell) pada harga dan jangka waktu tertentu. Sinyal trading biasanya ditawarkan oleh broker atau analis forex, baik secara berbayar maupun gratis.

Overtrading, Over Trading, Overtrade

Melakukan trading secara berlebihan, baik dengan membuka satu posisi trading dalam jumlah lot besar, atau membuka terlalu banyak posisi dalam satu waktu. Disebabkan oleh emosi trading yang kurang stabil, overtrading disebabkan oleh salah satu atau kedua skenario berikut:

  1. Serakah mengejar profit.
  2. Bernafsu mengganti kerugian dari posisi loss.
Accomodation Trading

Termasuk aktivitas trading ilegal karena satu pedagang mengakomodasi yang lain dengan memasukkan order pada harga yang tidak kompetitif.