Untung Rugi Saham Gorengan


Satrya Heli Oriza 30 Oct 2019 1233Dibaca Normal 4 Menit

Saham gorengan memiliki potensi keuntungan yang fantastis. Namun dibalik potensi keuntungan yang ditawarkan, saham gorengan memiliki potensi kerugian yang tidak kalah besar. Bagaimana cara mengenali saham gorengan?



Halo sobat trader dan investor di seluruh Indonesia! Kami kembali menulis artikel seputar saham untuk sobat. Artikel kali ini tentang saham gorengan. Loh saham kok digoreng? Kenapa dinamakan saham gorengan? Seberapa besar potensi profitnya? Kenapa pemula tidak disarankan untuk trading saham gorengan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab pada artikel berikut ini.

 

A. Pengertian Saham Gorengan

Sesuai dengan namanya, "gorengan" enak dimakan saat panas tapi kolesterolnya banyak bahkan dapat menimbulkan potensi penyakit yang lebih serius jika dikonsumsi secara berlebihan. Tidak jauh berbeda dengan sebutan tersebut, trading saham gorengan memang benar-benar lezat. Harga saham gorengan umumnya dikendalikan oleh kelompok tertentu atau seorang investor yang memiliki modal dalam jumlah besar.

Trader-trader yang berpengalaman umumnya trading saham gorengan ketika kondisi IHSG sedang kurang baik, karena pada momen tersebut saham-saham bluechip dan second liner kurang dapat memberikan profit yang memuaskan bahkan cenderung turun. Oleh sebab itu, kebanyakan trader mulai melirik saham-saham gorengan.

Saham yang digoreng biasanya naik turun dalam waktu yang singkat. Itulah sebabnya momen seperti ini merupakan kesempatan bagi para trader berpengalaman untuk mendulang profit saat kondisi IHSG sedang lesu.

pengertian saham gorengan

 

Setelah sobat memahami potensi keuntungan atau kerugian yang dapat ditimbulkan oleh saham gorengan, sobat dapat mengenali ciri-ciri saham gorengan di bawah ini.

 

B. Ciri-Ciri Saham Gorengan

Untuk mengenali saham-saham gorengan, terbilang cukup mudah. Ciri-ciri umum saham gorengan sebagai berikut:



1. Memiliki Market Capitalization Yang Kecil

Ciri-ciri utama saham gorengan adalah memiliki kapitalisasi pasar (market capitalization) yang kecil. Hal inilah yang menyebabkan harga saham gorengan dapat dinaikkan dan diturunkan dalam waktu singkat;

2. Susah Dianalisa Secara Teknikal

Saham gorengan sulit dianalisa secara teknikal maupun fundamental. Secara teknikal, saham gorengan hampir tidak dapat dianalisa karena informasi yang diberikan chart pada saham gorengan hampir tidak berguna. Hal ini disebabkan karena fluktuasi harga yang tidak jelas, beberapa menit naik setelah itu terjun bebas. Dalam waktu-waktu tertentu saham gorengan malah tidak likuid sehingga tidak dapat ditransaksikan. Jadi jangankan secara fundamental, secara teknikal saja tidak ada informasi yang bisa didapatkan.

3. Harganya Relatif Murah

Harga saham gorengan umumnya relatif murah, antara Rp. 50 sampai Rp. 500. Jadi jangan heran jika harga saham gorengan dapat dinaikkan dan diturunkan dalam waktu singkat ya sobat. Karena modal yang digunakan untuk menaikkan harga saham gorengan terbilang tidak terlalu besar seperti pada saham-saham bluechip atau second liner.

Itulah beberapa potensi keuntungan, kerugian, serta tips singkat untuk mengenali saham-saham gorengan. Jika sobat ingin mencoba melakukan trading saham gorengan karena potensi profitnya, lebih baik sobat berpikir untuk kedua kalinya. Apalagi jika sobat belum memiliki pengalaman apapun tentang trading saham. Jangan sampai dana yang akan sobat investasikan berkurang drastis dalam sekejap.

hindari saham gorengan

(Baca Dulu: Investasi Terpenting Sebelum Investasi Saham)

 

C. Keuntungan dan Kerugian Saham Gorengan

Saham gorengan memiliki keuntungan tersendiri dan benar-benar diminati saat kondisi IHSG sedang tidak bergairah. Betapa tidak? Saham gorengan umumnya naik secara drastis dan sangat fluktuatif. Karena pada dasarnya profit dari trading saham dikarenakan adanya fluktuasi harga.

Jika tidak ada fluktuasi harga bagaimana seorang trader bisa memperoleh keuntungan? Sama halnya dengan bisnis konvensional, bagaimana sobat akan memperoleh keuntungan jika tidak ada aktivitas jual beli? Saham gorengan memiliki fluktuasi harga yang sangat tinggi sehingga memungkinkan bagi seorang trader untuk memperoleh profit yang lumayan dalam waktu singkat. Siapa yang tidak mau profit dalam waktu singkat?

Yang perlu diingat, trading saham gorengan hanya dikhususkan bagi trader yang sudah cukup berpengalaman. Saham gorengan tidak cocok bagi investor. Disinilah terletak kerugian dari saham gorengan. Dengan adanya fluktuasi harga yang cukup tinggi dapat memberikan peluang profit cepat atau bahkan kerugian yang juga dapat diderita dalam waktu singkat jika sobat tidak terbiasa melakukan trading, khususnya trading saham gorengan.

Beberapa saham gorengan ada yang memberikan dividen, namun sebagian besar tidak membagikan dividen saham sama sekali. Namun sekali lagi, saham gorengan tidak cocok bagi investor, dan hanya cocok bagi trader yang sudah memiliki jam terbang yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena potensi keuntungan pada saham gorengan dapat dikalahkan oleh potensi kerugian yang akan diterima oleh trader yang bersangkutan. Atau secara garis besar, lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Jadi bagi sobat yang baru mulai belajar trading atau investasi saham jangan coba-coba dekati saham gorengan dulu ya. Ingat, saham adalah instrumen investasi high risk dan high reward serta dibutuhkan kebijaksanaan dalam menggunakan dana yang sobat alokasikan. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua, salam profit!

Forum

Bilqis (11 May 2021)

Apakah saham dengan reksadana saham memiliki cara kerja yang sama? Dan juga ada istilah trading saham, kalau di reksadana saham apakah juga ada trading reksadana saham?

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru
3 Saham Asing Terbaik Untuk Swing Trading
3 Saham Asing Terbaik Untuk Swing Trading
Tomy Zulfikar   16 Feb 2021   437  
Alasan Saham Blue Chip Direbutkan Para Investor
Alasan Saham Blue Chip Direbutkan Para Investor
Ryandy H   8 Nov 2019   1110  
Dogs Of The Dow, Strategi Unik Investasi Saham AS
Dogs Of The Dow, Strategi Unik Investasi Saham AS
Ryandy H   31 Oct 2019   772  
Membeli Saham Yang Baru IPO, Apakah Aman?
Membeli Saham Yang Baru IPO, Apakah Aman?
Satrya Heli Oriza   23 Oct 2019   1118  
Cara Investasi Saham Dengan Volatilitas Rendah
Cara Investasi Saham Dengan Volatilitas Rendah
Ryandy H   21 Oct 2019   1260  
Investasi Saham Online Yang Menguntungkan
Investasi Saham Online Yang Menguntungkan
Tiffany   19 Oct 2019   151  
Cara Menghitung Zakat Dari Investasi Saham
Cara Menghitung Zakat Dari Investasi Saham
Ryandy H   18 Oct 2019   854