10 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Kripto

Nandini 21 Apr 2021 369
Dibaca Normal 9 Menit

Sedang mencari chart gratis terbaik untuk kripto? Atau sedang membutuhkan chart tambahan sebagai bahan pembanding ketika menganalisa harga kripto? Berikut rekomendasi 10 chart gratis terbaik untuk analisa kripto.



Seiring majunya perkembangan teknologi, peminat mata uang kripto semakin meningkat. Pertumbuhan nilai mata uang kripto yang cukup fantastis membuat banyak orang berbondong-bondong ingin berinvestasi ke mata uang digital.

Selama satu dekade terakhir, Bitcoin sangat digemari para investor mengingat harganya yang diprediksi akan terus naik. Sejak awal tahun 2021, harga Bitcoin terus meroket dan menyentuh rekor tertinggi seharga Rp934 juta. Maka tak heran bila kaum milenial sekarang mulai tertarik berinvestasi mata uang kripto.

Baca Juga: Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial

Sebelum mulai berinvestasi kripto, Anda membutuhkan chart harga kripto untuk memantau pergerakannya secara berkala. Perangkat ini dianggap sangat penting karena bisa membantu Anda menganalisa pergerakan harga dan menyusun strategi trading.

Lebih baik lagi jika Anda bisa mengakses chart ini dengan mudah dan gratis. Salah satu chart gratis terbaik untuk kripto yang banyak digunakan trader adalah CoinMarketCap. Bisa dibilang, kekuatan chart ini lumayan besar dalam memengaruhi pasar.

Namun beberapa tahun yang lalu, CoinMarketCap sempat menghancurkan kepercayaan pasar karena ada beberapa koin yang hilang dari radarnya dan dianggap "mati". Hal ini rupanya dikarenakan oleh perubahan model perhitungan CoinMarketCap yang menghilangkan bursa Korea dari database mereka. Padahal, bursa Korea saat itu masih aktif memperdagangkan mata uang kripto yang dimaksud. Akibat dari kesalahpahaman itu, transaksi kripto, terutama jual beli XRP dan Monero, menjadi kacau.

Dari contoh kasus di atas, Anda bisa memetik pelajaran bahwa sebaiknya jangan menggantungkan referensi analisa pada satu jenis chart saja ketika memantau harga kripto.

Apabila Anda seorang pemula atau trader kripto yang sedang mencari rekomendasi chart lain untuk memantau pergerakan harganya, berikut 10 chart gratis terbaik untuk kripto yang bisa dicoba:

 

1. CoinCap

CoinCap merupakan salah satu chart pemantau harga dan pelacak mata uang kriptoreal-time yang bebas diakses tanpa ada batasan apa pun.



Nilai plusnya, CoinCap tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, sehingga Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Baik untuk pengguna Apple atau Android, aplikasi ini sudah tersedia gratis di App Store dan PlayStore.

coincap

CoinCap menawarkan berbagai informasi yang dibutuhkan trader untuk menganalisis pasar, seperti: ticker harga bitcoin, data Supply, beberapa indikator mulai dari indikator volume, kapitalisasi pasar kripto, dan lain sebagainya.

Selain itu, CoinCop telah mencakup lebih dari 20 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Chart pemantau kripto ini juga menampilkan perbandingan harga kripto dengan 18 mata uang fiat.

Kelemahannya terletak pada sistem charting yang hanya dapat menujukkan grafik investor pada time frame yang berbeda.

 

2. CoinLib

CoinLib adalah pendatang baru dalam hal pemantau harga mata uang kripto. Meski begitu, situs ini dinilai sudah mampu bersaing dengan chart gratis lainnya.

Melalui tampilan user-friendly, CoinLib sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Sama seperti penyedia chart lain, CoinLib juga menyuguhkan berbagai informasi data harga, volume mata uang kripto secara real-time, dan berita-berita terkait kripto.

coinlib

Tertarik? Cukup membuat akun CoinLib, Anda tidak hanya memperoleh akses penuh terhadap perangkat analisis dari CoinLib, tapi juga bisa menyusun portofolio investasi, memperoleh proyeksi keuntungan investasi yang Anda pilih, serta beragam metrik lainnya. Ditambah, chart ini juga memiliki setidaknya 6096 mata uang kripto dan 154 mata uang fiat.



 

3. Onchainfx

Ochainfx adalah salah satu situs rekomendasi bagi para investor kripto. Platform finansial buatan Amerika Serikat itu memberikan informasi aset mata uang kripto dan rentang metriknya yang konon jauh lebih besar dari platform lainnya.

onchainfx

Lewat platform dengan koleksi lebih dari 100 aset mata uang kripto, Anda bisa membaca data kapitalisasi pasar Y2050, ROI, harga historis, persentase Supply, dan sebagainya. Menariknya lagi, Onchainfx dibekali fasilitas khusus, yakni fitur perbandingkan pergerakan dua aset sekaligus.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency

 

4. CryptoCompare

Situs yang berdiri tahun 2014 ini sudah mengalami berbagai perkembangan dan dianggap menjadi salah satu situs acuan wajib bagi investor kripto.

Dalam CryptoCompare, Anda bisa menemukan fluktuasi harga pasar dan variabel pasar lain, di antaranya: volume, kapitalisasi pasar, Supply, token yang diperdagangkan, informasi terkait bursa, dan lain-lain. Melalui CryptoCompare, fluktuasi harga pasar bisa dibandingkan secara real-time.

cryptocompare

Ingin melihat berbagai harga kripto dengan lebih efisien? Tenang saja, CryptoCompare bisa melacak harga kripto dalam bentuk diagram elaboratif. Tak hanya kripto, harga dalam mata uang fiat USD, JPY, EUR, GBP, dan lainnya juga tersedia, lho.



 

5. CoinGecko

Situs CoinGecko menampilkan informasi mengenai peringkat mata uang kripto berdasarkan penilaian dari kualitas developer. Variabel yang menjadi penilaian mencakup aktivitas, jangkauan komunitas, dan likuiditas.

Data-data tersebut akan memudahkan Anda dalam memahami dan menganalisis potensi keberlanjutan suatu mata uang kripto. Semakin tinggi kualitas developer, semakin lebih baik juga kelangsungan produk yang dihasilkannya.

Baca juga: 10 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer Selain Bitcoin

Di samping itu, CoinGecko memiliki keunggulan dalam melakukan pelacakan harga dan pengecekan mata uang menggunakan sistem real-time. Hal ini dikarenakan CoinGecko memiliki tim operasional terbesar yang berpengalaman dalam dunia kripto selama bertahun-tahun.

coingecko

Melalui situs ini, Anda bisa memantau pergerakan harga mulai dari 100-1000 kripto berbeda. Apabila dalam memahaminya Anda mengalami kesulitan bahasa, maka dari 15 jenis bahasa yang disediakan, Anda bisa memilih Bahasa Indonesia.

Selain menyediakan widget dan API, belum lama ini CoinGecko meluncurkan versi Beta dari kalkulator penambangan berbagai macam mata uang kripto.



Anda juga bisa menemukan kalender ICO (Initial Coin Offering), forum kripto, wawasan jaringan sosial untuk setiap koin, dan analisis volume sesuai daftar koin yang diperjualbelikan di suatu bursa.

 

6. LiveCoinWatch

LiveCoinWatch memiliki grafik dan data historis lebih dari 1000 koin, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan berbagai macam Altcoin dari bursa-bursa kripto utama. Situs ini merupakan indeks harga kripto dengan sistem real-time terbaik, sehingga Anda mampu mengecek tracking harga serta mendeteksi pergerakan volume di pasar kripto secara akurat dan tepat di lebih dari 120 bursa.

livecoinwatch

Lebih seru lagi, LiveCoinWatch dapat mengaktifkan dan menonaktifkan peringatan mengenai aktivitas pasar kripto di Korea. Anda juga bisa mendapatkan informasi perbandingan kripto terhadap lebih dari 30 mata uang fiat. Jika tertarik, Anda juga bisa memanfaatkan versi Beta dari fitur manajemen portofolio setelah melakukan registrasi.

 

7. Coincodex

Coincodex sekilas terlihat persis seperti CoinMarketCap. Bedanya, tampilan antarmuka di situs ini lebih bersih dengan visualisasi yang lebih bagus dan menarik.

coincodex

Di Coincodex, Anda bisa mendapatkan update harga serta pencarian filter informasi berdasarkan kinerja kripto antara periode 24 jam sampai dengan 1 tahun.

Tampilannya juga sangat bersahabat bagi pemula dengan tambahan beberapa panduan kripto yang bisa Anda pelajari. Layanan-layanan tersebut ditunjang oleh update rutin mengenai kondisi pasar serta selingan tips-tips bermanfaat seperti cara memilih alternatif koin.

 

8. TradingView

TradingView sudah amat terkenal di kalangan trader sebagai situs perdagangan dan jejaring sosial dalam industri trading forex, indeks, maupun saham CFD. Melalui TradingView, trader-trader bisa melakukan analisa, berbagi gagasan trading, bahkan juga merekam performa trading secara komprehensif.

tradingview

Penyedia chart populer ini sebelumnya juga terpilih sebagai salah satu chart gratis terbaik untuk analisis saham. Di sektor kripto, kelebihan dari TradingView adalah menunjukkan grafik harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya terhadap Dolar AS di bursa-bursa besar. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan ratusan tools maupun indikator teknikal yang tersedia. Tak sempat membuka laptop? TradingView juga bisa dijalankan melalui aplikasi mobile, kok.

 

9. Coinigy

Kemampuan mengakses lewat desktop, iOS, maupun Android merupakan salah satu keunggulan Coinigy. Melalui chart gratis ini, Anda mampu menjangkau 12 bursa kripto hanya dengan satu akun. Hal ini memungkinkan berkat teknologi API, sehingga Anda dapat bertransaksi dengan lebih dari 4000 pasangan mata uang kripto dan fiat.

Baca Juga: 7 Aplikasi Bitcoin Terbaik Di Android

coinigy
Melakukan transaksi langsung, visualisasi data, dan analisis Blockchain adalah sebagian fitur Coinigy yang bisa Anda manfaatkan. Dengan lebih dari 70 alat bantu analisa, pengguna Coinigy akan memperoleh feed data langsung, sistem chatting, serta informasi mengenai instrumen trading berfrekuensi tinggi.

 

10. CryptoWat.ch

CryptoWat.ch menyediakan chart real-time dengan berbagai opsi pemilahan dan pemfilteran. Sehingga, angka dan grafik dari ratusan mata uang kripto dapat difilter berdasarkan volume, perubahan harga, atau pun urutan abjad.

cryptowatch

Anda juga mampu memilih mata uang kripto menurut periode waktu tertentu, baik secara harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Informasi yang diberikan juga cukup menyeluruh karena diperoleh dari beberapa exchange.

Baca Juga: Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya

CryptoWat.ch menyediakan halaman korelasi antar aset digital di mana Anda bisa melihat perubahan korelasi tiap pasangan kripto dalam tabel. Sehingga, Anda dapat meninjau apakah hubungan antara satu mata uang kripto dengan koin lainnya menunjukkan variabel positif, negatif, atau netral.

Secara default, harga aset digital di CryptoWat.ch ditampilkan dalam Dolar AS. Tetapi jika ingin mengubahnya, Anda bisa menyesuaikannya menjadi Euro, Pound Inggris, Yen Jepang, Yuan China, Won Korea, BTC, atau Tether (USDT). Jika merasa kurang berkenan dengan tampilan default grafiknya, ada 12 macam tema yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Kelebihan lain dari CryptoWat.ch adalah adanya fitur Portofolio View, di mana pengguna bisa mengelola kepemilikan kripto mereka di berbagai platform trading. Untuk menikmati fitur ini, Anda dipersilahkan mengubah akun agar memungkinkan Anda menarik saldo dari bursa secara otomatis. Di sini, nilai portofolio keseluruhan akan terlihat secara real-time baik melalui desktop maupun perangkat seluler.

kesimpulan chart gratis kripto(Baca Juga: Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Kripto)

10 situs chart gratis terbaik untuk kripto di atas dapat dijadikan rujukan bagi siapapun yang tertarik berinvestasi kripto. Adanya bermacam-macam chart tersebut menjadikan Anda tidak hanya terpaku pada satu chart, sehingga Anda bisa membandingkan pergerakan kripto di berbagai chart sekaligus. Dengan cara ini, gambaran pergerakan harga kripto secara real-time dan lebih menyeluruh bisa Anda peroleh.

Forum

Silvatia (16 Sep 2018)

Mas sy mo tanya..?pasang hrg di akun demo dan akun real katanya sm penggerak hrg pasar.tetapi saat stoploss alasan gap.nah kok beda di akun demo g ada gapnya? bknkh broker itu bs main curang y....

Selengkapnya...

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Kirim Komentar/Reply Baru


Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula
Linlindua   5 May 2021   166  
sma 5 cross 18 tf 4h, D
strategi sma 5 cross 18 weigthed close tf 4h dan stochastic default tf daily ini dengan aturan SL, TP, dan trailing stop nya bagaimana? apa ada aturan exit spesifik atau aturan entry tambahan?
TQ

M.muslim A 7 Mar 2018

Reply:

M Singgih (08 Mar 2018 06:19)

@ m.muslim a:

Yang Anda maksudkan yang mana Pak? Tidak dilampirkan gambarnya jadi kami tidak tahu keadaan pergerakan harga di chart yang Anda maksud.

Dari keterangan Anda:
- Time frame trading yang Anda gunakan H4 atau daily?
- sma cross untuk melihat arah trend sedang stochastic untuk menentukan momentum entry, yaitu ketika terjadi cross (perpotongan) antara kurva %K dan kurva %D.

- Secara umum SL ditentukan berdasarkan level resistance atau support yang terdekat, dan TP dihitung berdasarkan risk/reward ratio, usahakan minimal 1:1, dan sesuaikan juga dengan level resistance atau support yang mendekati perhitungan tersebut.
- Trailing stop hanya diterapkan jika kondisi pasar sedang trending dengan kuat. Bisa diamati dari indikator ADX. Baca juga: Mengukur Kekuatan Trend Dengan Indikator ADX

Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?
Wahyudi   30 Apr 2021   182  
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
3 Cara Trading Bitcoin Untuk Meraup Profit
Linlindua   29 Apr 2021   159  
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Linlindua   27 Apr 2021   162  
5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
Wahyudi   31 Dec 2019   816  
5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
Jujun Kurniawan   26 Dec 2019   632  
Apa Itu Mata Uang Kripto?
Apa Itu Mata Uang Kripto?
Anna   19 Feb 2019   953  
Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?
Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?
SAM   13 Aug 2018   7051  
7 Aplikasi Bitcoin Terbaik Di Android
7 Aplikasi Bitcoin Terbaik Di Android
SAM   20 Jul 2018   7500