4 Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa


SAM 15 Aug 2018 6463Dibaca Normal 6 Menit

Meskipun Bitcoin semakin susah dijangkau, masih ada koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa. Apa sajakah itu?



Jika mengikuti perkembangan teknologi Blockchain sejak awal kemunculannya, para penambang koin kripto tentu mengingat saat-saat ketika Bitcoin bisa didapatkan melalui komputer biasa. Sayangnya, masa kejayaan bagi para penambang Bitcoin individual tersebut telah berlalu, karena munculnya operasi penambangan berskala besar yang menggunakan hardware khusus seperti ASIC.

Hal ini tentu saja membuat para penambang individual merasa ketinggalan. Untungnya, masih ada 4 koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa. Bagaimana bisa? Dan apa sajakah koin kripto itu?

Menambang Kripto lewat Komputer

 

Koin Kripto Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa

Ketika pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto pertama kali memperkenalkan koin digital, ia merinci bagaimana jaringan pembayaran digital peer-to-peer akan berfungsi untuk memungkinkan transaksi yang cepat, aman, dan terpercaya. Dalam Whitepaper asli, protokol mengenai peredaran koin-koin baru dalam jaringan Bitcoin; transaksi pertama dalam blok adalah transaksi khusus yang memulai koin baru.

Awalnya, orang-orang masih mungkin untuk menambang Bitcoin (BTC) menggunakan Laptop dan komputer (PC) biasa. Saat melakukan penambangan koin kripto menggunakan komputer (CPU), software yang paling berfungsi adalah CPUMiner. Sayangnya, cara ini relatif lambat. Jika ingin meningkatkan kecepatan penambangan, maka kartu grafis seperti AMD dan NVidia merupakan merk yang direkomendasikan. Di sisi lain, jika memutuskan untuk menambang dengan GPU, maka software yang harus digunakan adalah CGminer atau CUDAminer.

Menambang Bitcoin(Baca juga: Panduan Menambang Bitcoin Dalam 5 Langkah Mudah)

Seiring dengan semakin berkembangnya popularitas Bitcoin, para penambang menyadari ada peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak melalui partisipasi dalam jaringan Bitcoin, yakni melalui proses verifikasi transaksi. Berbagai operasi penambangan Bitcoin berskala besar kemudian lahir untuk menguasai persaingan penambangan dengan cara tersebut, sehingga penambang individu tersingkir dengan sendirinya.

Fenomena itu tak perlu terlalu dirisaukan, karena toh Anda masih bisa membidik koin kripto lain yang belum sepopuler Bitcoin. Jika Anda masih tertarik menggunakan PC biasa untuk menambang kripto, ada beberapa koin alternatif selain Bitcoin yang masih bisa ditambang dengan komputer setingkat CPU ataupun GPU, yaitu:


1. Monero

Monero secara luas diakui sebagai koin digital anonim paling maju. Jaringan Altcoin ini dirancang khusus untuk dapat menolak ASIC tertentu. Oleh karena itu, Monero termasuk kedalam salah satu koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer di rumah Anda.



Untuk memulai, Anda harus mengunduh terlebih dahulu Dompet untuk menyimpan koin Anda; Dompet yang direkomendasikan dalam hal ini adalah Monero GUI resmi. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengunduh software penambangan yang mendukung Monero. Contohnya adalah MultiMiner serta GUIminer. Keduanya dianggap paling mudah digunakan, tetapi ada juga pilihan yang tersedia secara online.

Koin kripto Monero

Setelah dipasang, software ini akan menggunakan kekuatan pemrosesan CPU Anda untuk menghasilkan keuntungan dalam bentuk koin baru. Jika Anda ingin meningkatkan jumlah kekuatan pemrosesan yang berefek pada penambahan jumlah koin, Anda dapat menggunakan GPU (kartu grafis).

Meskipun kartu grafis AMD dianggap paling sesuai untuk penambangan Monero, Anda masih bisa menggunakan Nvidia. Namun yang perlu diingat, terdapat perbedaan efisiensi yang signifikan, karena secara umum, kartu grafis AMD lebih unggul daripada Nvidia.

 

2. Dogecoin

Meskipun koin kripto ini dimulai dari meme "Anjing Doge", Dogecoin telah berkembang menjadi Altcoin dengan basis pengguna yang substansial. Berbeda dengan Bitcoin yang pasokannya makin terbatas, Dogecoin dirancang untuk menambah koin baru setiap tahun.

Koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa ini bahkan menawarkan insentif tambahan bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi. Selain itu, banyak pengguna kripto memilih untuk menambang Dogecoin (DOGE), karena penambangan koin ini tidak memperlambat CPU saat proses berjalan di latar belakang.

Dogecoin bisa ditambang lewat komputer rumah

Sebelum mulai menambang Dogecoin, pastikan Anda memiliki Dompet virtual terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengunduh Dompet Inti Dogecoin atau mencari alternatif Dompet kripto lain yang lebih sesuai dengan preferensi Anda.

Meskipun penambangan sebagai individu dapat dilakukan, disarankan untuk mendaftar ke kolam penambangan (Mining Pool) karena Anda dapat memanfaatkan kekuatan dan kecepatan pemrosesan yang lebih besar. Dengan begitu, keuntungan penambangan yang dihasilkan jadi lebih tinggi. Contoh penambangan yang mendukung Dogecoin adalah CoinEx dan MultiPool.

 

3. Vertcoin

Vertcoin telah dirancang khusus untuk operasi penambangan kecil. Koin digital ini menggunakan algoritma Proof-of-Work sebagai mekanisme konsensus. Kelebihan dari Vertcoin adalah: koin kripto ini dibuat untuk bisa bertahan terhadap pengembangan hardware seperti ASIC. Dengan begitu, operasi penambangan besar tidak dapat mendominasi jaringan Vertcoin seperti yang terjadi di ruang penambangan Bitcoin.

Berlandaskan filosofinya sebagai "koin rakyat" dan kembali ke inti manfaat uang kripto, tim Vertcoin (VTC) menciptakan software penambangan yang dirancang khusus. Software ini dapat diunduh secara gratis dari situs webnya dan memiliki fitur untuk menambang melalui CPU serta GPU.

Koin kripto Vertcoin

Tim Vertcoin baru-baru ini merilis penambang sekali klik yang mudah digunakan. Software tersebut berbentuk GUI (Graphical User Interface), dan memfasilitasi penambangan untuk pengguna CPU dan GPU. Setelah software berhasil diunduh, Anda hanya perlu memilih kolam penambangan yang sesuai dengan kemampuan komputer. Jika komputer Anda hanya memiliki kurang dari 2 kartu grafis, maka diwajibkan untuk memilih jaringan 2. Untuk penambang yang memiliki tarif hash lebih besar, maka harus memilih jaringan 1.

Penambangan Vertcoin memiliki desain sederhana yang mudah digunakan. Antarmuka pengguna grafis (GUI) menyebar setelah satu kali klik. Setelah diunduh dan dipasang, Anda harus memilih kolam penambangan tergantung pada daya komputasi yang tersedia. Untuk menambang Vertcoin, Anda saat ini hanya dapat menggunakan kartu grafis AMD dan NVidia.

 

4. Bytecoin

Selain ketiga kripto di atas, Bytecoin adalah koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa di rumah Anda. Sejak awal diperkenalkan, proses penambangan bagi pengguna Bytecoin (BCN) telah dirancang agar mudah dilakukan.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh Dompet Bytecoin dan menjalankan program di komputer Anda. Setelah program selesai disinkronkan dengan Blockchain Bytecoin, masukkan perintah penambangan awal dan atur Alamat Dompet Anda sebagai penerima.

Koin kripto Bytecoin

Meskipun para penambang individu diperbolehkan dalam jaringan Bytecoin, tapi prosesnya lambat dan pemasukannya relatif sedikit. Untuk meningkatkan penghasilan, Anda dapat bergabung dengan forum penyedia penambangan CPU. Contoh yang bagus adalah bytecoin.party yang tidak memungut biaya apapun. Selain itu, Anda juga harus mengunduh software penambangan yang kompatibel seperti xmrig.

Menambang Bytecoin melalui GPU juga bisa dilakukan dengan cara mengunduh software yang kompatibel. Meskipun penambangan melalui GPU relatif lebih rumit dibandingkan menggunakan CPU, tetapi proses penambangan dengan perangkat ini bisa membuahkan hasil lebih cepat.


Kesimpulan

Menambang koin kripto melalui komputer dapat dilakukan, asalkan Anda memiliki perangkat yang tepat. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari 4 koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa ini, lebih disarankan untuk menggunakan komputer (PC). Laptop tidak cocok untuk penambangan karena cenderung mudah panas. Selain itu, disarankan untuk membeli pendingin tambahan jika Anda ingin menjalankan beberapa kartu grafis selama proses penambangan berlangsung.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz
Kirim Komentar/Reply Baru
ETH vs ETC, Mana Yang Lebih Baik?
ETH vs ETC, Mana Yang Lebih Baik?
Nandini   28 Nov 2021   7  
4 Cara Trading Tim Draper untuk Pemula
4 Cara Trading Tim Draper untuk Pemula
Cahyaning   24 Nov 2021   14  
Apa Itu Ethereum Killer?
Apa Itu Ethereum Killer?
Yuvita   22 Nov 2021   17  
Mengenal Smart Contract dan Manfaatnya
Mengenal Smart Contract dan Manfaatnya
Cahyaning   22 Nov 2021   16  
4 Siklus Pasar Kripto Yang Perlu Anda Tahu
4 Siklus Pasar Kripto Yang Perlu Anda Tahu
Yuvita   19 Nov 2021   33  
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Cahyaning   17 Nov 2021   21  
Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick
Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick
Jujun Kurniawan   28 Oct 2021   63