Tinggal sendiri dan jauh dari orang tua, kehidupan anak-anak kos memang selalu menarik untuk dibahas. Kebiasaan makan mie instan, "ngutang" ketika menjelang akhir bulan, sedih karena kangen rumah — ada-ada saja cerita unik seputar 'spesies' yang satu ini.

Memasuki dunia perkuliahan atau kerja artinya kamu dituntut selangkah lebih dewasa lagi. Apalagi jika sekolah tinggi atau universitas pilihan kamu itu bertempat di luar kota. Jauh dari orangtua membuat kamu harus mandiri dalam segala hal termasuk mengatur uang bulanan. Biaya kuliah sendiri sudah besar. Bersyukur jika kamu bisa mendapatkan beasiswa. Selain membiayai kuliah, orangtua juga mencukupi kebutuhan hidupmu setiap bulannya. Maka itu, kamu harus pintar-pintar mengatur uang itu.

Jangan sampai kamu malah menyusahkan orangtua dengan gaya hidup hedon bersama teman-teman, sementara orangtua banting tulang untuk bisa mengirim uang buat kamu. Jadi anak yang berbakti dengan mencukupi hidupmu dari seberapapun uang yang orangtua percayakan ke kamu ya. Buat para anak kost, mantan anak kost, atau yang punya rencana nge-kost, simak disini yuk 8 kebiasaan irit anak kost yang bikin kangen. 

 

Apakah Kamu Pernah Melakukan Kebiasaan-Kebiasaan Anak Kost Ini?

  1. Sabun Dan Shampo Yang Habis Diisi Air

Hal ini dilakukan oleh anak kost ketika persediaan sabun dan shampo mereka habis, mereka melakukan segala cara termasuk sabun dan shampo diisi air agar tetap bisa mandi dan melindungi dirinya dari kuman. Kreatif juga ya, jangan lupa semprotkan parfum sepuluh ribuan agar aroma badan tetap segar. 

  1. Makan Mie Instan Sama Nasi

Menu makanan favorite anak kost pada akhir bulan yaitu makan mie instan bersama nasi. Karena persediaan uang sudah menipis dan tidak bisa membeli lauk pauk lagi, maka mie instan menjadi pilihan terakhir bagi anak kost. Karbohidratnya dobel, jadi bisa kenyang lebih lama juga. Tapi jangan terlalu sering, ya!

  1. Makan Nasi Putih Dengan Abon Atau Snack Keripik Kentang 

Selain mie instan, lauk pauk yang sering membantu anak kost di akhir bulan adalah abon dan snack keripik kentang. Selain isinya cukup banyak, abon dan snack keripik kentang memiliki harga yang terjangkau oleh anak kostan. Plus, bisa digunakan untuk beberapa kali makan. 

  1. Nebeng Temen Yang Searah

Untuk mengurangi biaya transportasi atau bensin anak kost dapat memanfaatkan teman yang membawa kendaraan. Agar teman tidak merasa keberatan, bisa juga mencari beberapa teman yang ditebengi dan menawarkan diri untuk jadi pengemudi. 

  1. Ngisi Air Minum Di Kantor Buat Di Kost

Anak kost selalu membawa tempat minum, selain untuk menghemat agar tidak usah membeli air minum di luar, anak kost selalu memanfaatkan dan mengisi air di kantor untuk dibawa ke kostan untuk persediaan air minum di kostan. Atau mungkin sebaliknya, jika kostnya menyediakan air minum gratis, isi botol minum sampai penuh untuk bekal di kampus. 

  1. Nitip Hairdryer Di Kantor Soalnya Listrik Kost Gak Kuat

Bagi para wanita yang ingin tampil cantik dengan rambut yang indah namun terhambat oleh biaya listrik yang mahal di kostan, para wanita ini menyimpan hairdryer di kantor dan menggunakannya di kantor saat di sela sela waktu luangnya.

 

anak kost dan bekerja

(Baca Juga: Sewa Rumah Lebih Untung Dari Beli Sendiri? Ini Alasannya)

  1. Bayar Makan Pake Recehan Yang Ditabung Awal Bulan

Anak kostan selalu menyimpan dan mengumpulkan uang recehan yang dimilikinya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketika diakhir bulan keuangan menipis maka uang recehan tersebut dapat digunakan untuk membeli kebutuhannya.

  1. Paling Bahagia Pas Nemu Duit Di Kantong

Ketika akhir bulan datang, krisis keuangan melanda dan dompet meronta minta pertolongan, menemukan uang di kantong serasa ketiban rejeki nomplok. Kebiasaan "menabung" tak sengaja di kantong ini ternyata bermanfaat sekali, karena bisa membantu anak kost untuk sekadar beli mie instan, sabun, atau sebutir telur pengganjal lapar. Tak ada salahnya juga untuk memantapkan hati menabung dari rumah.

menabung ala anak kost

(Baca Juga: Cara Menabung Dari Rumah Yang Aman Dan Menguntungkan

Dari beberapa cerita pengalaman anak-anak kostan yang harus menghemat keuangannya agar dapat bertahan sampai dengan akhir bulan, hal-hal diatas merupakan beberapa hal yang membuat kita kangen dengan kebiasaan-kebiasaan irit anak kost. Walau sudah nggak kost, bisa juga lho dipraktekkan untuk menekan gaya hidup supaya tidak konsumtif dan terjebak belanja impulsif