Pasar Kripto Crash, Terra Luna Ambles Nyaris 100 Persen

Crypholic 13 May 2022Dibaca Normal 2 Menit
kripto>berita>   #pasar-kripto   #kripto   #terra-luna
Terra Luna dan mayoritas koin kripto tengah didera sentimen bearish yang memicu aksi jual masif. Trend penurunan ini merupakan buntut rilis data CPI AS yang gemilang.

Pasar kripto berdarah-darah dalam beberapa waktu terakhir setelah dihantam berbagai sentimen negatif yang memantik aksi jual besar-besaran.Bitcoin anjlok hingga menyentuh level $26,590 per koin, begitu juga dengan Ethereum yang merosot hingga $1,747 kemarin (12/Mei). Tidak hanya itu, Terra Luna bahkan jeblok hampir 100 persen.

Terra LUNA ambles

Sentimen pasar yang begitu negatif datang dari laporan CPI AS bulan April. Data kenaikan harga di tingkat konsumen tersebut tumbuh 8.3 persen dan bertahan di kisaran tertinggi 4 dekade. Akibatnya, prospek pengetatan kebijakan The Fed secara agresif semakin meningkat dan mendorong Dolar AS ke level monumental.

 

Lika-Liku Kemerosotan Terra

Terra (LUNA) menjadi kripto dengan penurunan terparah karena adanya tambahin katalis dari permasalahan internalnya. Pada saat berita ini diturunkan, Terra diperdagangkan pada kisaran $0.0066 per koin atau melemah 98.95 persen. Padahal, kripto Terra sempat menyentuh all time high di harga $118 per koin pada bulan lalu.

Baca juga: Terra (LUNA) Diam - Diam Borong 21 Ribu Bitcoin, Untuk Apa?

Mendampingi Luna yang terjerembab, stablecoin UST juga dikabarkan terperosok hingga kisaran $0.19 per koin. Do Kwon, pencipta UST dan Terra telah berusaha melakukan upaya terakhir untuk menyelamatkan nilai UST agar bisa kembali ke kisaran 1 USD. Namun, ia justu melakukan blunder karena memilih untuk mencetak lebih banyak Terra. Alhasil, harga kripto ini longsor hingga nyaris 100 persen selama sepekan.

"Saya mengerti 72 jam terakhir merupakan situasi sangat berat bagi kita semua. Ketahuilah, saya bertekad untuk berkerja sama dengan Anda agar bisa mengatasi situasi krisis seperti saat ini dan kami akan membangun jalan keluar dari permasalahan ini," ungkap Do Kwon sebagaimana dikutip CNBC Internasional.

Pernyataan Do Kwon ini mendapat banyak kritikan tajam dari pelaku pasar. Vijay Ayyar, kepala exchange Luno, mengatakan bahwa pengumuman Do Kwon tidak menginspirasi dan tidak akan mengembalikan kepercayaan investor terhadap proyek yang dikembangkan oleh Terra Labs.

"Mereka (Terra Labs) membiarkan sistemnya kehabisan tenaga dengan memberikan harapan agar investor dapat kembali masuk saat pasokan Terra USD yang berlebihan telah habis," pungkas Ayyar.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Supriadi |  20 Jan 2022

saya mencoba buy di akun demo btc setelah terbentuk pin bar buy, tapi kenapa harga justru semakin turun? apakah memang benar pasar kripto itu banyak manipulasi? mohon pencerahan

Lihat Reply [1]

 Surya Jatmiko |  23 Jan 2022

Selamat sore kak, saya dengar bahwa analisa dengan Candlestick bisa digunakan untuk menebak kemana harga bergerak selanjutnya? apa ini juga bisa digunakan untuk mencari koin-koin yang akan terbang juga? thx

Lihat Reply [1]

 Dyah Purnama |  25 Jan 2022

Minta pencerahan kak, baru belajar. Kan banyak yg bilang kalau candlestick jauh lebih baik dari line chart, tapi kenapa di platform-platform kripto lebih banyak yg pakai line chart? biasanya harus diganti dlu bahkan beberapa tidak bisa diganti. Mengapa demikian ya?

Lihat Reply [1]

 M. Sidiq |  27 Jan 2022

biar bisa profit di kripto, pakai indikator atau cukup price action saja bos? Mohon bantuannya

Lihat Reply [1]

 Eki Safitri |  7 Feb 2022

malam, cara menentukan target profit dari hasil analisa pergerakan harga kalau di kripto bagaimana ya? analisa saya menggunakan pola candlestick seperti doji, pinbar dll.

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

Ada Banyak mata uang krypto
Merujuk pada laporan CoinMarketCap, berikut rangkuman cryptocurrency yang kapitalisasi pasar kripto globalnya meningkat dalam beberapa waktu terakhir 1. Bitcoin (BTC) 2. Ethereum (ETH) 3. Cardano (ADA) 4. Litecoin (LTC) 5. DogeCoin (DOGE) 6. Binance Coin (BNB) 7. Ripple (XRP)
 Alex M |  30 Aug 2021
Halaman: Kripto Di Bagaimana Perkembangannya
- Untuk saat ini, kedua kripto tersebut kelihatannya belum masuk di Upbit Indonesia. - Upbit Indonesia bisa digunakan untuk trading juga.
 Adiananta |  25 Apr 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Upbit Indonesia
Hai, saya baru aja terjun ke dunia game kripto nih. Apakah game2 di atas masih prospek? Ato mungkin ada game2 lain yang lebih menjanjikan? Para bro2 kripto yang udah expert bagi ilmu donk sama newbienya. Thx.
 David |  26 Apr 2022
Halaman: Game Penghasil Cuan Terbaik Yang Berbasis Blockchain
@Adhi, Berbeda dengan Crowdfunding yang artinya pengalangan dana. Maksud dari berita diatas adalah untuk membangun startup kripto diperlukan modal yang relatif lebih kecil. Apabila startup kripto-nya berkembang, maka dapat menghasilkan benefit secara ekonomi.
 Crypholic |  27 Apr 2022
Halaman: Bos Indogen Startup Kripto Perlu Modal Kecil Bisa Langsung Cuan
Tidak, karena Bank Indonesia telah sejak awal menegaskan bahwa kripto tidak bisa mengantikan posisi Rupiah sebagai mata uang resmi nasional.  Kripto tetaplah akan menjadi sebuah aset layaknya saham. Teknologi dibelakang kripto yaitu Blockchain inilah yang nantinya akan banyak diadopsi oleh bank sentral dalam menciptakan CBDC atau lebih dikenal Rupiah digital. Semoga membantu.
 Crypholic |  27 Apr 2022
Halaman: Indonesia Melejit Di Jajaran Negara Pengguna Kripto
penambangan koin kripto membutuhkan banyak energi listrik.
penggunaan listrik berlebih berdampak negatif pada lingkungan, karena jumlah bahan bakar fosil yang digunakan untuk menghasilkan listrik juga melahirkan gas rumah kaca dan polusi udara, seperti CO2 dll
 Petrus Galih ... |  29 Apr 2022
Halaman: Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa
Komentar[1]    
  Budi Setiawan   |   13 May 2022

Saya sempat dengar juga kalau awal mula blundernya $LUNA itu gara-gara si Do Kwon membeli Bitcoin sebanyak $10 juta sebagai cadangan dana TERRA, padahal sudah punya stablecoin sendiri, $UST. Semenjak itu, Do Kwon dapet kritik habis-habisan. Dan mungkin itu juga kenapa $LUNA bisa paling hancur dibanding kripto lainnya ya, karena cadangan dana mereka $BTC juga lagi ambruk. Mohon koreksi kalau ada salah.

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip