Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?


Nandini 9 Sep 2021 13Dibaca Normal 5 Menit

Cryptocurrency kini menjadi ladang basah bagi oknum usil yang ingin mencari keuntungan pribadi, salah satunya dengan cara melakukan Double Spending. Apa itu Double Spending dan bagaimana cara menghindarinya?



Berbicara tentang mata uang digital, kita pasti langsung tertuju dengan Bitcoin dan kawan-kawannya. Selama ini, kita mengenal Cryptocurrency sebagai transaksi mata uang digital dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Namun demikian, keamanan yang ditawarkan tetap memiliki celah untuk dimasuki para hacker. Oleh karenanya, Cryptocurrency tetap tidak bisa lepas dari yang namanya pencurian, hacking, dan tindakan semacamnya.

Ketika bertransaksi dengan kripto, kita sebenarnya sudah didukung oleh teknologi yang mencegah terjadinya pencurian siber. Sayangnya, ada beberapa oknum yang sanggup melihat celah kelemahan kriptografi dan mengeksekusi Double Spending.

Pastinya Anda bertanya-tanya mengenai Double Spending kripto, bukan? Bagaimana dia bisa sangat merugikan?

double spending bitcoin

 

Mengenal Double Spending

Secara harfiah, Double Spending diartikan sebagai pengeluaran ganda. Namun dalam teknisnya, Double Spending adalah suatu sistem di mana transaksi kripto dalam blockchain digandakan atau dipalsukan.

Untuk melakukan transaksi kripto, kita memerlukan token yang hanya digunakan sekali. Nah, dalam Double Spending ini, token itu akan digandakan atau dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Transaksi kripto berkaitan erat dengan Node yang perlu proses penerimaan dan konfirmasi dalam setiap transaksi. Sehingga, setiap transaksi pasti membutuhkan waktu. Dalam proses yang membutuhkan waktu inilah Double Spending rentan terjadi. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati jika seseorang menyalin dan menyiarkan ulang transaksi sebelum dikonfirmasi jaringan.



Saat Anda melakukan transaksi kripto yang belum 100% berhasil atau terkonfirmasi, ada proses yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Jeda waktu ini biasanya dimanfaatkan oleh pencuri kripto untuk menggandakan token dan membelanjakannya dengan jumlah yang sama sebanyak dua kali.

Terjadinya Double Spending ini ada dua cara, yakni:

  1. Menyalin koin dan mengirimkannya ke orang lain dengan tetap menyimpan yang asli;
  2. Mengirim koin yang sama ke dua orang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

 

Tipe-tipe Double Spending dalam Kripto

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Double Spending kripto, berikut kami sajikan tipe-tipenya berdasarkan jenis serangannya. Terdapat tiga jenis Double Spending, yaitu:

 

Race Attack

Dalam Race Attack, seorang hacker mengirim dua transaksi secara berurutan dan hanya satu yang kemudian dikonfirmasi di blockchain. Tujuannya adalah untuk membeli sesuatu dengan transaksi yang belum dikonfirmasi, lalu membatalkannya sebelum dikonfirmasi.

Race Attack

Kejadian di atas hanya mungkin terjadi jika pedagang menerima transaksi yang belum dikonfirmasi. Untuk mengurangi risiko ini, pedagang bisa mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan koneksi masuk dan hanya terhubung ke node yang baik/terpercaya. Akan tetapi, cara ini tidak 100% efektif. Oleh karena itu, yang wajib dipastikan adalah berhati-hati saat menerima pembayaran yang belum terkonfirmasi.

Simak Juga: Platform Trading Kripto Legal di Indonesia

 

Finney Attack

Jenis serangan yang kedua ini melibatkan penambang kripto yang cukup lihai. Serangan ini dilakukan dengan cara melakukan pre-mining transaksi ke dalam blok dari satu dompet ke dompet lainnya. Pelaku akan menggunakan dompet pertama untuk melakukan transaksi kedua dan menyiarkan blok pre-mined yang mencakup transaksi pertama di dalamnya. Sama seperti Race Attack, serangan ini bisa terjadi jika korban menerima transaksi yang belum dikonfirmasi.

Simak Juga: Cara Memilih Bitcoin Wallet Yang Aman Dan Terpercaya

 

51% Attack

Serangan 51% disebut juga sebagai serangan mayoritas dan menjadi perhatian utama sistem Bitcoin karena bisa berakibat fatal. Dalam serangan ini, penyerang memiliki lebih dari setengah sumber daya komputasi jaringan P2P. Dilihat dari kapasitas yang dibutuhkan, penyerang bisa terdiri dari sekumpulan penambang dengan daya komputasi terakumulasi yang sangat besar.

51% Attack membuat penyerang unggul dalam persaingan PoW mengingat keunggulan sumber daya komputasi, sehingga dapat membalikkan blok transaksi apa pun. Jadi, para penambang nakal ini bisa menguasai dan mengendalikan lebih dari 50 persen tingkat mining hash jaringan.

Tidak main-main, para miner yang tak bertanggungjawab ini juga bisa menghentikan penundaan pembayaran, membalikkan transaksi yang sudah diselesaikan, dan membuat Double Spending.

Baca juga: Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan Di 2021?

 

Tips Menghindari Double Spending

Sebenarnya, tips untuk menghindari Double Spending kripto itu sangat sederhana, yaitu jangan menerima atau meneruskan transaksi yang belum dikonfirmasi oleh blockchain. Selama Anda tidak menerimanya, kemungkinan besar tidak akan terjadi Double Spending. Terlebih, sudah banyak bursa yang melabeli transaksi yang belum dikonfirmasi dengan 'unconfirmed'.

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa makin lama waktu yang dibutuhkan untuk konfirmasi, justru malah akan makin aman transaksinya. Waktu tunggu yang disarankan tergantung pada jumlah yang dikirim dan blockchain apa yang digunakan.

Untuk pembayaran transaksi Bitcoin di bawah $1,000 misalnya, sejauh ini masih cukup aman dengan konfirmasi standard. Sementara itu, pembayaran hingga $10,000 biasanya membutuhkan tiga konfirmasi. Untuk transaksi yang sangat besar, banyak yang merekomendasikan untuk melakukan enam konfirmasi. 

menghindari serangan kripto

Di jaringan Bitcoin sendiri, konfirmasi terjadi untuk setiap blok yang kira-kira terjadi sekali setiap 10 menit. Beberapa jaringan blockchain memiliki waktu konfirmasi blok yang berbeda; ada yang jauh lebih pendek dari Bitcoin, yakni mulai dari detik hingga beberapa menit saja.

 

Bahaya kerugian di industri kripto tidak hanya datang dari masalah Double Spending, tapi juga skema penipuan yang melibatkan bursa dan perusahaan-perusahaan bodong. Simak cerita nyatanya di 5 Kasus Penipuan Kripto Terbesar.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio
Kirim Komentar/Reply Baru
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Linlindua   15 Sep 2021   6  
5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia
5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia
Cahyaning   14 Sep 2021   7  
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua   8 Sep 2021   22  
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Cahyaning   5 Sep 2021   28  
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
Cahyaning   31 Aug 2021   12  
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Nandini   29 Aug 2021   21  
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Cahyaning   27 Aug 2021   50  
Bisakah Day Trading Kripto Dilakukan?
Bisakah Day Trading Kripto Dilakukan?
Nandini   7 Aug 2021   47